Lifehack Minum Obat Bagi Si Ogah Pahit

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Minggu, 19 Desember 2021
Lifehack Minum Obat Bagi Si Ogah Pahit
Beragam jenis obat-obatan. (Pixabay-Stevepb)

TAK semua orang suka obat. Meski berfungsi menyembuhkan penyakit, tak semua bisa menelan rasa pahit obat. Padahal, dokter meresepkan untuk dikonsumsi secara rutin agar pasien lekas sembuh. Bahkan tak bisa dipungkiri obat di era modern menjadi arus utama penyembuhan penyakit ringan maupun berat.

Bahkan, tak melulu anak-anak. Tak sedikit orang dewasa suka rasa pahit obat. Mereka sampai harus punya segala ritual agar obat berasa pahit tersebut bisa ditelan sempurna.

Baca Juga:

Pergi ke Gym, 10 Persen Olahraga, 90 Persen Tebar Pesona

Rasa obat jadi pahit, menurut today.mims.com, karena berasal dari tumbuhan sehingga ketika larut di mulut menimbulkan rasa pahit. Secara spesifik, tanaman pada umumnya berasa pahit. Apalagi indera perasa manusia terbiasa untuk beradaptasi hingga rasa pahit bisa ditoleransi lidah dan lebih lanjut tubuh.

Maka, butuh lifehack agar obat mudah ditelan. Caranya macam-macam. Apa saja caranya?

1. Nasi

obat
Bisa menggunakan nasi agar lebih memudahkan saat menelan obat. (Pexels-allybally4b)

Cara agar obat mudah ditelan paling umum dengan menaruhnya di dalam 'bola nasi'. Mula-mula ambil sesendok nasi lalu dipenat lalu pilin-pilin sampai berbentuk bola.

Taruh obat di dalamnya, lalu bulatkan sampai bagian dalam tertutup erat. Selanjutnya, telan 'bola nasi' tersebut. Agar lebih mudah, sesaat menelannya bisa didorong dengan air minum.

Dengan begitu, obat ditelan bersamaan nasi sehingga tak ada rasa pahit di mulut.

2. Pisang

obat
Pisang pun bisa menjadi alternatif saat meminum obat. (Pixabay -Alexas Fotos)

Jika tak suka rasa pahit obat, kamu bisa gunakan pisang sebagai cara ampuh saat menelannya. Caranya hampir mirip seperti 'bola nasi'.

Bisa masukan obat di dalam pisang lalu telan. Namun, juga bisa telan obat bersamaan pisang agar rasa oahit tersamar.

Baca Juga:

Bunda, Begini Trik Suami Beli Barang Mahal


3. Dijadikan puyer

obat
Kalian bisa meminta resep khusus untuk obat puyer. (Pixabay-Angelorosa)

Cara lainnya, bisa di saat diberikan resep dokter minta agar dibuat menjadi puyer. Jika tak suka rasa obat pahit sebaiknya memang dijadikan sebagai puyer.

Namun, sesungguhnya saat dijadikan puyer rasa pahit tetap ada tapi tidak terlalu pekat. Ingat, tidak semua obat bisa diresepkan menjadi puyer.


4. Digerus

obat
Obat harus dihancurkan terlebih dahulu agar mudah ditelan. (Pixabay-Geralt)

Sebenarnya terkadang ada beberapa dokter tidak memperbolehkan untuk meminta obat puyer. Apalagi ada obat keras tak bisa diresepkan jadi puyer.

Ada cara ketika obat tak bisa dijadikan puyer tapi tak mampu menelan bulat-bulat. Salah satunya, dengan menggerus obat tersebut.

Cara ini memang tidak untuk menghilangkan rasa pahit, namun khusus bagi orang tak mampu menelan langsung obat secara utuh. Padahal obat digerus justru membuat rasanya jadi pahit.

Air mineral bisa menjadi penyelamat bagi seseorang saat mencoba memaksakan minum pil. Mereka bisa menghabiskan air cukup banyak agar obat dikonsumsi bisa tertelan. (Pid)

Baca Juga:

Akal-akalan Tampil 'Hypebeast' dengan Budget Minim

#Desember Akal-Akalan Negeri Aing #Kesehatan
Bagikan
Bagikan