Liburan Meriah ala Grand Canyon di Tonjong Canyon Tasikmalaya Pemandangan cantik di destinasi wisata Tonjong Canyon. (Foto: instagram@ags.m.h)

LIBUR akhir tahun sebentar lagi tiba. Rasa ingin melancong semakin menjadi-jadi di kepala. Agaknya, suasana alam nan asri bisa melepas semua kejenuhan yang terperangkap di kepala selama setahun bekerja. Sayang, masalah biaya menjadi pertimbangan untuk menahan diri.

Jika sahabat MP belum memiliki tujuan berlibur akhir tahun, jangan khawatir. Cobalah untuk fokus berlibur ke destinasi wisata alam yang penuh pesona, Tonjong Canyon namanya. Lokasinya berada di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Liburan ke Tonjong Canyon adalah liburan bujet yang dapat dihitung dengan mudah. Dengan harga bujet kamu sudah bisa menikmati pemandangan alam nan elok, sungai yang berair sejuk, hingga air terjun cantik.

1. Menimmati suguhan pemandangan alam yang mahal di Tonjong Canyon

Pemandangan cantik di destinasi wisata Tonjong Canyon. (Instagram/@noviyanarahmat)
Pemandangan cantik di destinasi wisata Tonjong Canyon. (Foto: instagram@noviyanarahmat)

Berwisata ke Tonjong Canyon tidak murahan. Di sana kamu bisa menikmati pemandangan ciamik berupa sungai jernih dengan hiasan rebing-tebing cantik layaknya Grand Canyon di Amerika Serikat. Tentu saja disertai suasana tentram dan damai. Sungai cantik yang membentang sepanjang 60 meter ini bisa kamu coba untuk direnangi. Melompat dari tebing cantik juga bisa dilakukan untuk memacu adrenalin. Tenang saja, tempat ini sangat aman untuk loncat indah. Tak ada batu besar yang terdapat di dalam sungai.

Bagi kamu yang tak bisa berenang jangan bersedih. Duduk di atas bebatuan cantik sembari berswafoto dengan latar belakang tebing dan bebatuan indah cukup untuk melepaskan suntuk. Selain itu, pemandangan yang sangat alami dijamin akan memanjakan mata selama berada di sana.

2. Fasilitas yang baik cukup menjadikan Tonjong Canyon tetap menjadi favorit pelancong

Pemandangan cantik di destinasi wisata Tonjong Canyon. (Instagram/@enjoytasik)
Pemandangan cantik di destinasi wisata Tonjong Canyon. (Foto: instagram@enjoytasik)

Destinasi favorit memang sejalan dengan fasilitas yang ada. Begitu juga dengan Tonjong Canyon. Beragam fasilitas bisa kita nikmati di wisata alam ini. Seperti lahan parkir luas, tempat ibadah, kamar mandi, hingga penginapan sekali pun ada di sini. Mengingat Tonjong Canyon memiliki potensi wisata yang bagus, alangkah baiknya berbagai fasilitas di tambah guna menarik hati para pelancong.

3. Rute menuju lokasi yang cocok bagi pencinta alam

Pemandangan cantik di destinasi wisata Tonjong Canyon. (Instagram/@elissolihati)
Pemandangan cantik di destinasi wisata Tonjong Canyon. (Foto: instagram@elissolihati)

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Tonjong Canyon, kalau datang dari Kota Tasikmalaya melajulah menuju Karangnugal. Setelah sampai, belok kiri ke arah Cipatujah. Lanjutkan perjalanan ke Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah. Apabila kamu menggunakan kendaraan pribadi, bisa melalui jalan Cikangkung sekitar 7 km. Kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 3 km.

Karena lokasinya yang masih asri, untuk menuju Tonjong Canyon hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Jalan setapak merupakan jalur menuju sana. Sebenarnya, jika ada jalur sungai jarak yang ditempuh hanya 2 km saja. Sayangnya belum digarap dengan baik.

4. Bawa makanan dan peralatan mandi

Pemandangan cantik di destinasi wisata Tonjong Canyon. (Instagram/@boorobby_2)
Pemandangan cantik di destinasi wisata Tonjong Canyon. (Foto: instagram@boorobby_2)

Jika memang tertarik berwisata ke sini, berikut tips dan saran yang sekiranya kamu penuhi sebelu terlanjur sampai ke tujuan.

Pertama, makanan, minuman dan peralatan perlengkapan kesehatan hendaknya dipersiapkan. Mengingat di lokasi ini tidak ada satu pun warung yang berdiri. Peralatan sabun dan sampo juga harus dipersiapkan.

Kedua, yang perlu diperhatikan peralatan elektronik seperti telepon genggam untuk berkomunikasi. Usahakan baterainya terisi penuh, jangan lupa pulsanya juga harus cukup. Kamera juga sangat penting untuk mengabadikan momen cantik di Tonjong Canyon. (zaim)

Baca Juga: Hal yang Kamu Harus Persiapkan Sebelum ke Geopark Ciletuh

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH