Hal yang Kamu Harus Persiapkan Sebelum ke Geopark Ciletuh Puncak Aher di Geopark Ciletuh (Foto: Instagram/ridwanabdulraup)

GEOPARK Ciletuh menjadi salah satu destinasi paling diincar di Jawa Barat. Di tempat tersebut kamu akan menemukan berbagai destinasi wisata indah mulai dari pantai, danau hingga air terjun.

Namun jangan asal pergi ke sana, Geopark Ciletuh sangatlah luas. Bahkan berdasarkan catatan wikipedia, tempat yang sudah diakui UNESCO sebagai Geopark Internasional itu memiliki luas 1.280 kilometer persegi atau setara dengan dua kalinya Jakarta.

Kali ini, merahputih.com akan sedikit memberikan tips agar kamu bisa berwisata ke Geopark Ciletuh dengan nyaman tanpa terkendala masalah.

1. Gunakan kendaraan yang sesuai

Gunakan mobil 4WD atau Motor trail (Foto: Pixabay/rihaij)
Gunakan mobil 4WD atau Motor trail (Foto: Pixabay/rihaij)

Akses jalan di Geopark Ciletuh terbilang cukup sulit dijangkau jika kamu menggunakan kendaraan biasa. Jadi sebaiknya jika ingin memakai mobil pilih yang berjenis mesin 4WD sementara untuk sepeda motor lebih baik menggunakan motor trail.

Hal itu karena dua kendaraan ini terbilang tahan banting untuk menghadapi track yang sulit. Jika kamu tetap memaksakan menggunakan kendaraan biasa, maka bersiaplah untuk mendapatkan masalah di tengah perjalanan.

2. Persiapkan kondisi fisik

Siapkan kondisi fisikmu (Foto: Pixabay/pexels)
Siapkan kondisi fisikmu (Foto: Pixabay/pexels)

Menjelajahi tempat ini pastinya membutuhkan tenaga yang prima. Selain sangat luat, track menuju tempat-tempat wisata sangat menantang. Jangan sampai karena kurang persiapan kamu malah jatuh sakit atau gampang lelah.

Mungkin kamu bisa olahraga terlebih dulu miniman sebulan sebelum keberangkatan. Kamu bisa jogging atau lari-lari kecil agar fisik kamu terbiasa.

3. Bawa barang-barang seperlunya

Bawa barang seperlunya (Foto: Pixabay/pexels)
Caption

Demi memudahkan kamu menjelajah Geopark Ciletuh, alangkah baiknya untuk membawa barang-barang seperlunya. Berwisata di Geopark Ciletuh membutuhkan tenaga lebih. Oleh karena itu, jangan membawa barang terlalu berat karena akan membuat kamu cepat lelah.

Cobalah membawa barang tidak lebih dari satu ransel. Barang yang wajib kamu bawa adalah air putih, camilan, obat-obatan, serta pakaian ganti jika sewaktu-waktu pakaian kamu basah. Jika ingin berkemah maka jangan lupa membawa peralatan lainnya.

4. Bawa uang secukupnya

Bawa uang secukupnya (Foto: Pixabay/jarmoluk)
Bawa uang secukupnya (Foto: Pixabay/jarmoluk)

Hal yang harus kamu ingat adalah di Geopark Ciletuh hampir tidak ada mesin ATM, sehingga kamu harus menyiapkan uang jika ingin bertransaksi di sana seperti membayar ojek, mencicipi kuliner ataupun sekadar membeli air kelapa.

Namun, jangan juga membawa uang terlalu berlebihan. Selain tidak berguna sama sekali, membawa uang berlebihan akan memancing tindak kejahatan.



Muchammad Yani