Libur Panjang, Keterisian Penumpang KA Jarak Jauh Cuma Sampai 34 Persen

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 01 Maret 2022
Libur Panjang, Keterisian Penumpang KA Jarak Jauh Cuma Sampai 34 Persen
Penumpang KA Jarak Jauh. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Libur panjang kali ini, ternyata tidak digunakan sebagai ajang pulau kampung atau liburan ke berbagai wilayah dengan menggunakan kereta api (KA) jarak jauh.

Pada Senin (28/2), PT KAI menklaim perjalan terpantau normal untuk keberangkatan penumpang KA dari Daop 1 Jakarta ke berbagai tujuan. Keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir tercatat sekitar 3.200 penumpang atau 34 persen untuk keterisian tempat duduk dengan keberangkatan 26 KA.

Baca Juga:

Libur Panjang, 15 Hingga 31 Calon Penumpang KAI Ditemukan Positif COVID-19

Sedangkan dari Stasiun Pasarsenen terdapat sekitar 3.800 penumpang atau 33 persen untuk keterisian tempat duduk dengan keberangkatan 20 KA.

Sementara untuk hari kemarin Sabtu dan Minggu juga terpantau normal dengan rata-rata keterisian tempat duduk sekitar 25 hingga 35 persen sehingga masih terdapat ketersediaan tempat duduk bagi calon penumpang yang akan menggunakan layanan KA Jarak Jauh ke berbagai tujuan.

Lalu lintas kendaraan di Jalan Tol Cikampek. ANTARA/HO-Jasa Marga
Lalu lintas kendaraan di Jalan Tol Cikampek. ANTARA/HO-Jasa Marga

Sementara, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 484.038 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-3 sampai dengan H-1 libur Isra Miraj yang jatuh pada periode Jumat 25 Februari hingga Minggu 27 Februari.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 26,87 persen jika dibandingkan lalin normal periode Februari 2022 dengan total 381.516 kendaraan," ujar Heru dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (28/2).

Baca Juga:

Pemkot Jogja Bakal Razia Prokes saat Libur Panjang Akhir Pekan

#Libur Panjang #PT KAI #PT Jasa Marga
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan