Libur Panjang, 15 Hingga 31 Calon Penumpang KAI Ditemukan Positif COVID-19

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 28 Februari 2022
 Libur Panjang, 15 Hingga 31 Calon Penumpang KAI Ditemukan Positif COVID-19
Penumpang KA Jarak Jauh. (Foto: MP/ Patriacia)

MerahPutih.com - Liburan panjang akhir pekan ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata ke wilayah Yogyakarta-Solo. Penumpang kereta api jarak jauh di daerah operasional (Daop) 6 Yogyakarta Solo meningkat cukup signifikan.

Manager Humas Kai Daop VI Yogya- Solo Supriyanto mengatakan, jumlah penumpang yang turun di stasiun wilayah Yogyakarta-Solo meningkat mulai Jumat (25/2). Puncaknya pada Sabtu (26/02).

Baca Juga:

Pemkot Jogja Bakal Razia Prokes saat Libur Panjang Akhir Pekan

"Catatan kami jumlah penumpang turun di stasiun Yogyakarta pada Jumat (25/02) sebanyak 4.545 orang. Sementara di seluruh stasiun Daop VI pada Jumat ada 10.720 penumpang,"ujar Supriyanto melalui pesan elektronik di Yogyakarta, Senin (28/02).

Jumlah penumpang turun di wilayah daop 6 pada Kamis(24/02) sebanyak 6.061 orang. Pada hari Sabtu jumlah penumpang turun naik menjadi 11.268 orang. Sementara penumpang yang naik dari stasiun di wilayah DAOP 6 juga meningkat namun tidak terlalu signifikan dibandingkan numpang yang turun.

Supriyanto menjelaskan, kenaikan penumpang terbesar terjadi pada Minggu (27/02) yakni sebesar 7.340 orang.

"Untuk penumpang yang naik jumlahnya meningkat pada hari Jumat kemudian Sabtu turun kembali dan naik lagi hari Minggu," kata dia.

Jakarta masih menjadi kota tujuan penumpang yang berangkat maupun yang datang ke Yogyakarta.

Pihaknya memprediksi puncak arus balik penumpang akan terjadi, Senin (28/02). Berdasarkan catatan KAI total penumpang yang sudah membeli tiket balik berjumlah 12.107 orang.

Penumpang KAI. (Foto:MP/ Patricia Vicka)
Penumpang KAI. (Foto:MP/ Patricia Vicka)

Walau jumlah penumpang meningkat, PT KAI daop 6 tetap ketat menerapkan protokol kesehatan.

Seluruh penumpang kereta api jarak jauh wajib mengantongi surat bebas COVID-19. Pihaknya juga menyiapkan tempat untuk pemeriksaan rapid test dan PCR di stasiun Tugu Yogyakarta dan Solo Balapan.

Penumpang yang yang dinyatakan positif dilarang naik. Biaya tiket kereta akan dikembalikan bagi penumpang yang dinyatakan positif Covid 19.

Selama libur panjang akhir pekan tercatat ada 15 hingga 31 calon penumpang yang positif COVID 19 usai melakukan pemeriksaan di stasiun wilayah Daop VI.

Supriyanto mengimbau, kepada seluruh penumpang untuk memakai masker ganda dan tiba di stasiun minimal 1 jam sebelum keberangkatan untuk menghindari kemacetan serta antrian pemeriksaan COVID 19. (Patricia Vicka / Yogyakarta)

Baca Juga:

Pemerintah Tidak Siapkan Aturan Khusus Libur Panjang Akhir Februari 2022

#COVID-19 #Kasus COVID-19 #PPKM
Bagikan
Bagikan