Liberty di Negeri (Desa) Oma, Destinasi Anyar di Maluku

P Suryo RP Suryo R - Senin, 27 November 2023
Liberty di Negeri (Desa) Oma, Destinasi Anyar di Maluku
Patung Liberty sebagai simbol kemerdekaan, kebebasan, dan libertas Amerika Serikat.. (Unsplash/Partha Narasimhan)

INOVASI destinasi wisata terus berkembang demi menarik para pelancong untuk datang. Salah satunya adalah di Kepulauan Haruku di Maluku. Di wilayah ini berdiri replika dari Patung Liberty yang ada di Amerika.

Gubernur Maluku Murad Ismail mengatakan miniatur Patung Liberty di Negeri (Desa) Oma Kepulauan Haruku dapat menjadi media promosi pariwisata menarik minat wisatawan untuk datang ke daerah itu.

Baca Juga:

Minimalis dan Estetik, Hotel Paling Ramping di Dunia Ada di Indonesia

patung
Miniatur Patung Liberty di Negeri Oma Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. (ANTARA/HO-Pemprov Maluku))

"Ini menjadi media positif, efektif untuk menjadi salah satu landmark Negeri Oma," kata Murad saat meresmikan miniatur patung Liberty di Negeri Oma Maluku, Minggu (26/11) seperti dimuat pada Antaranews.

Miniatur Patung Liberty ini memiliki tinggi kurang lebih tujuh meter dan lokasinya berada di ujung dermaga di pantai Negeri Oma. Miniatur patung Liberty tersebut dibangun oleh warga setempat sebagai simbol kemajuan Negeri Oma yang menambah nilai estetika di wilayah itu.

Gubernur Murad berpesan kepada warga setempat agar senantiasa merawat dan menjaga miniatur patung tersebut.

"Karena keindahannya mari kita jaga bersama miniatur Patung Liberty ini," katanya.

Potensi pariwisata di Negeri Oma sangat melimpah yang sudah ditunjang oleh berbagai infrastruktur. Akses jalan dan sarana pendukung di lokasi wisata menjadi perhatian serius pemerintah setempat. Beberapa tempat pariwisata di Negeri Oma, antara lain air panas Sila, dan mata air Asol.

Baca Juga:

Pengmas UI: Permainan Tradisional Tingkatkan Kecerdasan Emosional

patung
Patung Liberty yang ada di New York. (Unsplash/Michael Descharles)

Saat ini, Pemprov Maluku menggencarkan promosi potensi wisata daerah setempat untuk menggaet wisatawan domestik dan mancanegara.

Pasalnya, menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Negeri Oma menjadi salah satu desa wisata berkembang di Kabupaten Maluku tengah.

Saat ini, Pemerintah Negeri Oma sedang melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia guna mengembangkan potensi pariwisata di daerah itu sebagai destinasi pariwisata unggulan di Maluku.

Sebagai informasi yang dinukil dari Wikipedia, Patung Liberty (Liberty Enlightening the World, atau La Liberté éclairant le monde) merupakan patung raksasa di Pulau Liberty. Yang berada muara Sungai Hudson, Pelabuhan New York, Amerika Serikat. Patung ini hadiah dari Prancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 sebagai hadiah hari kemerdekaan ke-100. Patung ini dikenal sebagai simbol selamat datang untuk pelancong, imigran, dan orang Amerika yang kembali dari luar negeri.

Patung yang terbuat dari perunggu ini diresmikan pada 28 Oktober 1886. Patung ini dibuat oleh pemahat patung Frederic Auguste Bartholdi dan Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel). Kemudian seiring dengan waktu patung Liberty menjadi salah satu lambang Amerika yang paling dikenal di seluruh dunia, sebagai simbol kemerdekaan, kebebasan, dan libertas Amerika Serikat. (*)

Baca Juga:

Senarai Lonely Planet’s The Best in Travel 2024, Jakarta Peringkat Ketujuh

#Wisata
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan