Wisata

Senarai Lonely Planet’s The Best in Travel 2024, Jakarta Peringkat Ketujuh

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Kamis, 02 November 2023
Senarai Lonely Planet’s The Best in Travel 2024, Jakarta Peringkat Ketujuh
Jakarta adalah kota yang dinamis dan penuh semangat. (Foto: Pexels/Iman Boer)

TERNYATA bukan hanya Bali yang dikenal dunia wisata internasional tentang Indonesia, tapi juga Jakarta. Lonely Planet baru saja mengumumkan senarai 50 tujuan wisata terbaiknya untuk tahun depan. Jakarta berada di posisi ketujuh dalam kategori kota di Lonely Planet’s Best in Travel 2024.

"Salah satu kota metropolitan terbesar di dunia, Jakarta adalah kota yang dinamis dan penuh semangat. Pesona dalam dualitas: kekacauan dan jukstaposisi dapat ditemukan di setiap jalan," tulis Lonely Planet dalam situsnya tentang Jakarta.

Tahun ini, media ternama dalam bisnis travel itu telah berusia 50 tahun. Dan daftar Best in Travel 2024 diperluas ke lima kategori: negara teratas, wilayah, kota, tujuan perjalanan berkelanjutan, dan lokasi dengan nilai harga terbaik.

Negara nomor satu adalah Mongolia, yang dipilih oleh Lonely Planet karena ruang terbuka yang luas, aktivitas petualangan, serta budaya kuliner dan musiknya yang khas.

Mongolia merupakan negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia dan pemerintahnya siap untuk mulai mengisinya lebih banyak.

Tahun ini negara tersebut mendeklarasikan tahun 2023, 2024 dan 2025 sebagai “Tahun Mengunjungi Mongolia”. Tersedia kemudahan persyaratan masuk bagi wisatawan internasional dan peningkatan infrastruktur, salah satunya dengan pembangunan bandara baru.

Negara-negara lain yang masuk dalam 10 pilihan teratas termasuk destinasi favorit populer seperti Meksiko, Kroasia, dan St. Lucia. Ada pula tempat-tempat yang jarang dikunjungi seperti Benin dan Uzbekistan.

Baca juga:

Tips Ala Lonely Planet Agar Travelingmu Menyenangkan

jakarta lonely planet
Negara nomor satu adalah Mongolia, yang dipilih oleh Lonely Planet karena ruang terbuka yang luas. (Foto: Unsplash/Tuguldur Baatar)

Destinasi Kota

Kota teratas dalam senarai Lonely Planet adalah Nairobi, ibu kota Kenya. Alasannya, kota ini punya nuansa yang unik, deretan restoran yang terinspirasi secara lokal, dan tempat seni serta budaya yang terus berubah.

Mereka juga memasukkan Taman Nasional Nairobi, yang dapat dijangkau dengan berkendara singkat dari kawasan pusat bisnis kota. Di tempat ini, kamu dapat melihat lebih dari 400 spesies berkeliaran di dataran rumput terbuka. Sementara di kejauhan, gedung pencakar langit berkelap-kelip.

Paris, tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade Musim Panas 2024, juga masuk dalam daftar tersebut. Begitu pula Praha, ibu kota Eropa lainnya yang tidak asing dengan banyaknya turis.

Lonely Planet mengatakan, kuncitara akibat COVID-19 telah memungkinkan Ibu Kota Ceko untuk “menekan tombol reset” dan mempromosikan pariwisata dan atraksi yang jauh dari pusat kota.

Destinasi Keberlanjutan

Destinasi wisata berkelanjutan teratas untuk tahun 2024 adalah Spanyol. Negara tersebut berupaya memperluas energi terbarukan, meningkatkan perjalanan di luar musim, dan menghadirkan pariwisata ke destinasi-destinasi baru seperti kota pelabuhan Valencia.

"Sehingga mengurangi tekanan pada 'hot spot' seperti Barcelona," tulis edition.cnn.com.

Keindahan alam liar di Afrika Selatan juga mendapat perhatian. Lonely Planet merekomendasikan pengunjung untuk mengunjungi panen ecolodge yang mengesankan di negara tersebut yang berkomitmen untuk melindungi keanekaragaman hayati bumi.

Mereka juga merekomendasikan Babanango, taman permainan besar baru di Afrika Selatan yang mengubah wilayah KwaZulu Natal menjadi negeri ajaib satwa liar.

Baca juga:

Lonely Planet Menobatkan 8 Objek Wisata Terbaik di Indonesia

Kota teratas dalam daftar Lonely Planet adalah Nairobi, ibu kota Kenya. (Foto: Pexels/Antony Trivet)

Kota teratas dalam daftar Lonely Planet adalah Nairobi, ibu kota Kenya. (Foto: Pexels/Antony Trivet)

Berikut daftar Lonely Planet’s Best in Travel 2024

>> Negara

1) Mongolia

2) India

3) Maroko

4) Chili

5) Benin

6) Meksiko

7) Uzbekistan

8) Pakistan

9) Kroasia

10) St.Lucia

>> Kota

1) Nairobia, Kenya

2) Paris, Perancis

3) Montreal, Kanada

4) Mostar, Bosnia dan Herzegovina

5) Filadelfia, Pennsylvania

6) Manaus, Brasil

7)Jakarta, Indonesia

8) Praha, Republik Ceko

9) Izmir, Turki

10) Kota Kansas, Missouri

(aru)

Baca juga:

Menteri Pariwisata Terima Penghargaan dari Lonely Planet

#Jakarta #Wisata #Travel #Wisata Jakarta
Bagikan
Bagikan