Mengapa Pijat Dilarang Saat Cedera Ankle?

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 28 April 2017
Mengapa Pijat Dilarang Saat Cedera Ankle?
Cedera pada ankle saat tidak berhati-hati dalam berolahraga. (Foto: dok/health.usnews)

Pijat atau urut tradisional ketika cedera pergelangan kaki (ankle) tidak dibenarkan secara medis. Cedera terkilir pada pergelangan kaki melibatkan proses peradangan disertai robekan pembuluh darah. Dalam kondisi parahnya, cedera ini juga melibatkan fraktur atau robekan ligamen yang lebih besar.

Pemijatan atau urut tradisional pada bagian yang sakit justru akan memperparah keadaan. Mengapa? Karena hal itu dapat merusak pembuluh darah robek, yang seharusnya secara normal akan menutup dengan sendirinya. Belum lagi jika cederanya sangat parah, di mana sudah terjadi robekan ligamen pada ankle.

Hal yang harus diperhatikan adalah ketika seseorang telah terkena cedera ankle, maka besar kemungkinan akan mengalaminya kembali. Cedera ini akan merusak struktur pergelangan kaki, sehingga mengakibatkan ketidakstabilan fungsional pada ankle tersebut.

Pada umumnya, cedera ankle akan sembuh‎ dalam hitungan minggu atau bahkan bulan. Setelah cedera, mungkin tidak ada kelainan pada ankle, namun ada beberapa hal yang dirasakan berbeda. Misalnya, kurangnya keseimbangan saat melompat, berjalan, atau berlari.

Adapun cara penanganan yang bisa diterapkan saat cedera ankle, yaitu:

1. Istirahat

Berhentilah dari segala aktivitas, khususnya yang melibatkan fungsi pada bagian yang terkena cedera. Istirahat diperlukan agar tidak terjadi komplikasi yang membuat cedera semakin parah.

2. Kompres dingin

Saat ankle terserang, dampak yang terlihat adalah pembengkakan. Pembengkakan terjadi karena robeknya pembuluh darah. Maka, lakukan kompres dingin sesegera mungkin agar pembuluh darah yang robek bisa menyempit kembali.

3. Penekanan pada bagian yang cedera

Proses ini bisa dilakukan dengan perban untuk mengurangi pembengkakan, namun jangan terlalu kencang.

4. Evaluasi

Pergelangan kaki sesering mungkin diistirahatkan dengan diangkat lalu diganjal. Hal ini dilakukan untuk proses penyembuhan. (Bing)

Baca juga berita lain terkait kesehatan: 5 Manfaat Mengonsumsi Telur untuk Kesehatan.

#Tips Kesehatan #Cedera #Tips & Trik
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan