Larut di Sabana dan Panorama Karang Numpang Panorama dan Sabana Karang Numpang. (Foto: nstagram@hits.sukabumi)

DALAM urusan wisata, Sukabumi merupakan yang terlengkap. Bermacam destinasi tersedia di sini, mulai wisata gunung, rimba, laut, pantai, sungai hingga puluhan curug atau air terjun berserakan. Bagi kalian pencinta alam, di sini juga ada tempat wisata yang hits. Tempat itu dinamai Bukit Karang Numpang.

Objek wisata Karang Numpang ini terletak di Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Destinasi nan eksis ini menyuguhkan panorama alam berupa bebatuan gunung karang, ilalang, dan view sebagian wilayah Kota Sukabumi dari atas bukit.

1. Nama Karang Numpang diambil dari banyaknya batu karang disini

Seorang gadis berfoto di indahnya pemandangan Karang Numpang. (Instagram/@pesonajawabaratku)
Seorang gadis berfoto di indahnya pemandangan Karang Numpang. (Foto: instagram@pesonajawabaratku)

Objek wisata panorama indah ini sebenarnya baru berdiri kira-kira 3 tahun yang lalu. Namanya mencuat setelah berhasil memikat pelancong lewat fotonya di media sosial. View cantik dan sabana yang menggoda membuat mereka yang melihatnya langsung datang berbondong-bondong ke lokasi ini.

Soal penamaannya pun tergolong baru. Lahir beriringan dengan fotonya muncul di media sosial. Untuk pemberian nama Karang Numpang sendiri tidak terlepas dari keadaan tempatnya, karena di sini terdapat banyak batu karang yang kalau kata orang sunda 'karang numpang' di bukit, jadi disebutlah tempat tersebut sebagai Karang Numpang.

2. Jalur penguji adrenalin menuju puncak Karang Numpang

karang numpang
Perjalanan menuju Karang Numpang memang melelahkan, namun terbayarkan dengan pesona seperti ini. (Foto: instagram@teguhdr_)

Jika kamu berniat datang ke sini, siapkan diri terlebih dahulu. Perjalanan menuju puncak akan sedikit menguji adrenalin pengunjung. Jalan berbatu, berbelok, dan menanjak akan kamu tempuh. Tapi jangan khawatir, di kiri dan kanan ada pemandangan pepohonan berupa ilalang nan cantik untuk sedikit melepaskan penat.

Sebelum sampai di lokasi, kamu akan melewati bekas pabrik penggilingan batu tua. Setelah itu kamu sampai di areal parkir kendaraan yang juga masih dikelola warga setempat. Bisa sedikit melepas dahaga dengan berbelanja di warung kecil yang di sediakan warga setempat.

3. Panorama dan sabana keren yang ditawarkan Karang Numpang

karang numpang
Karang Numpang melarutkan semua penat. (Foto: instagram@hits.sukabumi)

Berada di lokasi ini sentak akan menghilangkan suntuk yang bersarang di kepala kamu. Sajian panorama cantik dan sabana yang luas akan menarik kamu jauh ke suasana damai. Banyak aktivitas kece yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari berfoto ria hingga telentang di sabana nan asri.

Oh ya. Bagi kamu yang doyan selfie, di sini banyak spot yang kece. Ada spot cantik dengan latar belakang alam nan natural, ada juga spot cantik dengan latar belakang alam dan sedikit tambahan manusia. Di sini juga ada lho mereka yang melakukan foto prawedding.

4. Lokasi Karang Numpang yang sangat digemari pencinta alam

Saorang yang sedang berjalan ke Karang Numpang. (Instagram/@teguhdr_)
Perjalanan ke Karang Numpang harus menyusuri jalan berbatu sejauh 1 km. (Foto: instagram@teguhdr_)

Untuk menuju bukit indah di Sukabumi ini, kamu bisa mengambil rute dari jalur utama tepatnya ruas Jalan Mangkalaya-Cisaat, dari situ kamu harus melewati jalan berbatu sekitar 1 km untuk mencapai puncak Bukit Karang Numpang. Maklum karena objek wisata ini memang terletak di pucuk bukit.

Bagi kamu yang mengendarai motor dan mobil tidak usah khawatir. Jalan tersebut bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat. Tapi untuk kendaraan roda empat sebaiknya menggunakan jenis offroad karena jalanannya berbatu dan menanjak. Kalau suka trekking, alangkah baiknya memarkir motor di bawah dan berjalan kaki memnanjak.

5. Jalur cepat untuk kalian yang datang dari Jakarta

Foto udara proyek pembangunan proyek jalan tol Bogor, Ciawi dan Sukabumi (Bocimi) seksi I ruas Ciawi-Cigombong di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.(ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Foto udara proyek pembangunan proyek jalan tol Bogor, Ciawi dan Sukabumi (Bocimi) seksi I ruas Ciawi-Cigombong di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.(Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Jika kamu datang dari Jakarta, teruslah melaju menggunakan Tol Bocimi yang baru diresmikan Presiden Jokowi pada Sabtu lalu. Tol itu bisa mempersingkat waktu tempuh menuju Sukabumi. Pengendara dari Jakarta dapat melewati tol Jagorawi menuju tol Bocimi yang berakhir di pintu gerbang Cigombong 1.

Biasanya dari pintu keluar Ciawi menuju Cigombong ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Sementara dengan menggunakan tol ini hanya butuh waktu 10-15 menit. Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, tarif tol yang dikenakan adalah Rp 1.000/kilometer. (zaim)

Baca Juga: Mengunci Rasa di Wisata Gembok Cinta Sukabumi

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH