Mengunci  Rasa di Wisata Gembok Cinta Sukabumi Monumen gembok cinta Sukabumi. (Instagram/@imaylicious)

SUKABUMI sangat serius dengan pengembangan objek wisata. Puluhan destinasi wisata lahir di daerah ini dalam waktu yang singkat. Baik itu wisata alam yang menampilkan keelokan Sukabumi maupun wisata kekinian buat kaum millennial, seperti wisata Gembok Cinta.

Mengusung tema romantis, Gembok Cinta dibuat untuk menggaet wisatawan millennial. Jika melihat sekilas, destinasi ini mengingatkan pada wisata gembok cinta yang ada di Namsan Tower, Korea Selatan. Jadi untuk ikut ritual gembok cinta, kamu tak perlu lagi jauh-jauh terbang ke Korea Selatan. Di Sukabumi sudah ada.

1. Lokasi strategi bagi kaum millennial

Tulisan Gembok Cinta di monumen Sukabumi. (Instagram/@natayawrescina)
Tulisan Gembok Cinta di monumen Sukabumi. (Instagram/@natayawrescina)

Tempat wisata ini sangat mudah di kunjungi, lokasinya berada Kawasan Gedung Widarya Kencana (GWK), Kampung Cijambe, Jalan Jalur Lingkar Selatan No 808 Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Gembok Cinta berada di atas tanah seluas lebih kurang 1 hektare.

Untuk monumen Gembok, tingginya lebih kurang 1,30 meter dan panjang sekitar 12 meter. Tulisan 'Gembok Cinta' warna ungu berada di atas pagar monumen untuk peletakan gembok.

2. Mengusung tema romantis bagi kaum millennial

Sekelompok anak sedang berfoto meloncat di Wisata Gembok Cinta Sukabumi. (Instagram/@ajengsitiw)
Sekelompok anak sedang berfoto meloncat di Wisata Gembok Cinta Sukabumi. (Instagram/@ajengsitiw)

Destinasi wisata yang satu ini bertema romantis. Kamu yang menggilai drama K-pop pasti tahu ide dari wisata Gembok Cinta ini. Ya, di sini kamu bisa memasang gembokmu dengan sang kekasih dan membuang kuncinya ke Sungai Cigunung yang kebetulan tak jauh dari lokasi.

Rencananya, lokasi dengan luas lebih kurang satu hektare ini akan dijadikan tempat resepsi pernikahan. Dimana setiap pengantin yang melaksanakan pernikahan bisa mengunci cintanya di area gembok cinta. Tapi jangan khawatir, kalian yang belum menikah pun masih tetap boleh kok menaruh gembok.

3. Jalan menuju monumen Gembok Cinta Sukabumi

Foto udara proyek pembangunan proyek jalan tol Bogor, Ciawi dan Sukabumi (Bocimi) seksi I ruas Ciawi-Cigombong di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Foto udara proyek pembangunan proyek jalan tol Bogor, Ciawi dan Sukabumi (Bocimi) seksi I ruas Ciawi-Cigombong di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.(ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Jika kamu datang dari Jakarta, teruslah melaju menggunakan Tol Bocimi yang baru diresmikan Presiden Jokowi pada Sabtu lalu. Tol itu bisa mempersingkat waktu tempuh menuju Sukabumi. Pengendara dari Jakarta dapat melewati tol Jagorawi menuju tol Bocimi yang berakhir di pintu gerbang Cigombong 1.

Biasanya dari pintu keluar Ciawi menuju Cigombong ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Sementara dengan menggunakan tol ini hanya butuh waktu 10-15 menit. Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, tarif tol yang dikenakan adalah Rp 1.000/kilometer. Setelah sampai di Sukabumi kamu bisa langsung meluncur ke Gembok Cinta. (zaim)

Baca Juga: Mochi, Kue Jepang yang Jadi Kuliner Sukabumi

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH