Langkah Mudah Jaga Daya Tahan Tubuh si Kecil saat Liburan Anak butuh perlindungan ekstra agar tetap sehat saat berlibur. (foto: pixabay/dagon)

MUSIM libur sekolah sebentar lagi tiba. Para orangtua bersiap merancang acara liburan ke berbagai destinasi wisata. Mengajak anak berlibur bisa memberi manfaat positif bagi si kecil. Selain menambah wawasan, liburan memberikan kesempatan bagi si kecil untuk melatih keberanian dan kemandirian.

Namun, perubahan rutinitas dan lingkungan saat berlibur malah rawan membuat anak jatuh sakit. Berlibur di luar ruang misalnya, berpotensi membuat anak bergerak lebih aktif sehingga mudah kelelahan. Kondisi lelah bisa menurunkan daya tahan tubuh anak. Oleh karena itu, anak butuh perlindungan ekstra agar tubuhnya tidak mudah kelelahan.

BACA JUGA: Yuk Ajak Si Kecil Ke Acquaree Kids Spa Journey Sebelum Liburan Tahun Baru

Nah, agar si kecil bebas terlindungi dari penyakit selama liburan, orangtua bisa mengikuti langkah yang disarankan Kids Health berikut.

1. Cuci tangan wajib dilakukan

liburan sehat
Wajib mencuci tangan dengan benar. (foto: pixabay/gentle07)

Kuman dan bakteri bisa ada di mana saja. Terlebih saat berlibur di luar ruang, paparan akan virus dan bakteri makin besar. Selain itu, bibit penyakit sangat mudah berpindah dan menempel, terutama pada tangan.

Untuk mencegahnya masuk ke tubuh dan menyebabkan anak sakit selama liburan panjang, ajarkan dan biasakan si kecil mencuci tangannya.

Cuci tangan tidak hanya dilakukan sebelum makan, tapi setelah menggunakan toilet atau ketika tangan kotor. Ajari si kecil untuk cuci tangan dengan benar, yakni menggunakan sabun dan air yang mengalir. Biasakan hal ini sedini dan sesering mungkin di rumah agar ia juga menerapkan kebiasaan sehat ini ketika berada di luar rumah.

2. Minum cukup air

liburan sehat
Pastikan anak selalu terhidrasi. (foto: pixabay/pezibear)


Selain cuci tangan, hidrasi juga amat penting. Saat berada di luar ruang, anak kerap merasa terlampau asyik sehingga lupa minum air.

Kondisi itu bisa membuat anak haus, mudah lelah, hingga dehidrasi. Solusi terbaiknya, selalu siapkan botol air untuk dibawa anak. Orangtua baiknya selalu mengingatkan anak untuk minum saat beraktivitas di luar ruang.

3. Makan dengan baik

liburan sehat
Perhatikan makanan anak. (foto: pixabay/avitalchn)


Meski sedang berlibur, menjaga pola makan yang baik tetap penting. Justru jadi makin krusial. Makanan merupakan sumber energi yang mendukung anak untuk melakukan berbagai aktivitas.Kandungan vitamin dan mineral pada makanan juga mendukung sistem kekebalan tubuh tetap kuat melawan penyakit.

Perhatikan dan pastikan si kecil makan dengan menu seimbang. Selain itu, orangtua juga perlu memastikan si kecil tidak menunda jam makan, porsinya tercukupi, dan tidak terburu-buru saat makan.

4. Istirahat yang cukup

liburan sehat
Biarkan anak tidur ketika ia sudah lelah. (foto: pixabay/dagon)

Daya tahan tubuh amat berkaitan dengan kualitas tidur. Cukup tidur penting untuk sistem imun yang kuat sehingga tak mudah sakit.

Kuncinya, jangan biarkan anak tidur larut malam karena itu bisa membuat jam tidurnya berantakan. Biasakan si kecil tidur dan bangun di jam yang sama seperti biasanya, serta beristirahat jika memang sudah lelah.


5. Hindari stres

liburan sehat
Selalu dampingi anak selama liburan. (foto: pixabay/public domain pictures)

Selain kurang tidur, stres selama liburan juga melemahakn sistem kekebalan tubuh. Dampingi anak saat liburan.

Jika kamu ternyata sibuk di saat anak-anak libur, pastikan luangkan waktu untuk dihabiskan bersama dengan si kecil. Selain mempererat hubungan dengan anak, hal itu juga bisa membantu anak menghadapi stresnya.(*)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH