Kuliner Khas Medan yang Wajib Kamu Coba, Rasanya Bikin Ketagihan! Makanan khas Medan yang bikin kamu ketagihan. (Foto: Instagram)

SETIAP kota di Indonesia menawarkan kuliner khas mereka masing-masing. Salah satunya adalah Medan yang sangat disayangkan jika kamu tidak mencicipi kuliner khas ibu kota Sumatera Utara ini. Setiap makanan khas Medan memiliki bumbu, bentuk, dan cita rasanya masing-masing. Jadi, jangan sampai ketinggalan deh untuk mencicipi kuliner andalan kota yang satu ini.

Buat kamu yang berencana pergi ke Medan, enggak perlu lagi untuk bingung ingin menyantap apa. Karena merah putih sudah merangkum enam makanan khas Medan yang wajib kamu coba. Yuk, simak!

Baca juga:

4 Sajian Khas Nusantara yang Cocok Dinikmati saat Musim Hujan

1. Babi Panggang Karo

Kuliner Khas Medan yang Wajib Kamu Coba, Rasanya Bikin Ketagihan!
Cocok untuk penikmat babi panggang. (Foto: Instagram/@iwanlo)

Makanan pertama yang wajib kamu coba adalah babi panggang karo atau yang biasa disingkat BPK oleh masyarakat lokal. Seperti namanya, BPK merupakan makanan khas Tanah Karo yang memiliki cita rasa gurih dan tentunya lezat.

BPK berasal dari olahan daging babi yang dipanggang kering dan dipadukan dengan darah yang dijadikan sebagai sausnya. Karena bunyinya yang “kriuk-kriuk” ketika disantap, membuat ketagihan dan banyak yang mencari makanan ini.

Jika kamu berada di Medan, BPK sangat mudah dicari di warung di pinggir jalan. Selain itu, BPK biasanya dihidangkan dengan daun singkong yang sudah dicincang sebagai sayurnya dan kuah sop babi. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 20 sampai 35 ribu untuk menikmati satu porsi BPK. Mantap deh!

2. Durian Medan

Kuliner Khas Medan yang Wajib Kamu Coba, Rasanya Bikin Ketagihan!
Durian Medan juga enggak kalah enak. (Foto: Instagram/@ucokdurianmedan.id)

Selain BPK, kuliner yang wajib kamu cicipi selanjutnya adalah durian Medan. Buah dengan aroma yang menyengat ini akan memberikan kenikmatan saat kamu memakannya. Buat kamu penikmat durian, merah putih menyarankan untuk pergi ke Ucok Durian.

Ucok Durian terkenal dengan duriannya yang lezat dan nikmat. Bahkan, kamu perlu mengantri untuk bisa mendapatkan durian si Ucok. Enggak perlu nunggu musim durian, Ucok Durian buka setiap hari, lho!

3. Bolu Meranti

Kuliner Khas Medan yang Wajib Kamu Coba, Rasanya Bikin Ketagihan!
Bolu Meranti cocok untuk dijadikan oleh-oleh. (Foto: Instagram/@bolumerantimedannn)

Bolu ini menjadi bolu legendaris yang sering dijadikan oleh-oleh khas Medan. Bolu ini mempunyai tekstur yang lembut, dilapisi keju dengan isian mocha, blueberry, coklat, kacang, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang gurih, Bolu Meranti juga menyediakan rasa abon ayam. Soal rasa, enggak perlu ditanya lagi deh! Wajib bawa pulang ketika pulang dari Medan.

Baca juga:

Foodies! Wajib Icip 4 Kuliner Nikmat ini saat Liburan di Jakarta

4. Mie Gomak

Kuliner Khas Medan yang Wajib Kamu Coba, Rasanya Bikin Ketagihan!
Spaghetti ala Medan. (Foto: Instagram/@lilik_indrayani_81)

Mie gomak atau biasa disebut dengan mie lidi adalah makanan khas daerah dari Batak Toba, tepatnya di tepian Danau Toba. Ini merupakan spaghetti ala masyrakat lokal setempat.

Mie gomak memiliki tekstur mie yang besar, tebal, dan biasanya disajikan dengan kuah lontong atau bumbu kacang. Salah satu tempat yang menyediakan mie gomak adalah pasar Balige yang terletak di Jl. Sisingamangaraja, Napitupulu Bagasan, Balige, Kabupaten Toba Samosir.

5. Kue Lupis Medan

Kuliner Khas Medan yang Wajib Kamu Coba, Rasanya Bikin Ketagihan!
Bahan yang digunakan berbeda dengan kue lupis Jawa. (Foto: YouTube/CR COOK)

Mungkin yang terlintas di benakmu adalah kue lupis dari Jawa. Kue lupis terdiri dari beberapa macam, salah satunya adalah kue lupis Medan.

Kue lupis Jawan terbuat dari tepung beras yang sudah dihaluskan dan ditambahkan pisang ambon serta nangka yang sudah matang.

Sedangkan kue lupis Medan terbuat dari beras ketan yang dibungkus daun pisang. Biasanya dibentuk seperti segitiga atua kerucut dan dimasak dengan cara dikukus.

6. Lemang

Kuliner Khas Medan yang Wajib Kamu Coba, Rasanya Bikin Ketagihan!
Lemang adalah mekanan khas dari Tebing Tinggi. (Foto: Instagram/@goindonesia.asia)

Lemang merupakan makanan khas Tebing Tinggi yang jaraknya sekitar dua jam dari Kota Medan. Tapi enggak usah khawatir, karena di Medan makanan ini juga dijual.

Lemang adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang.

Gulungan daun pisang tersebut berisi santan kelapa dan tepung beras yang kemudian dibakar matang di atas tungku panjang. Kamu harus menyantapnya selagi hangat agar lebih nikmat. (And)

Baca juga:

4 Kuliner Samboja yang Kelezatannya Bikin Lupa Daratan



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH