Kue Tete, Street Food Paling Populer dari Ibu Kota Kue ape. (Foto: instagram.com/rscrmdhn)

JAKARTA merupakan surga kuliner, baik kuliner tradisional maupun kuliner modern. Berbagai kuliner nusantara juga bisa ditemukan di Ibu Kota. Kamu tak akan kehabisan.

Nah, di antara kuliner dari berbagai daerah dan modern, makanan-minuman khas Betawi tak tersingkirkan. Kuliner Betawi mampu bertahan dan tetap menjadi primadona terutama oleh masyarakat Betawi sendiri.

Salah satu menu street food populer yaitu kue tete. Kue tete ini sebetulnya bernama kue ape. Kue bertekstur empuk dan renyah bagian pinggirnya ini disebut juga sebagai serabi Jakarta.

Kue tete seperti kue pancake dengan rasa manis-guring dengan aroma kental santan. Warnanya hijau cerah.

Kue ape. (Foto: instagram.com/irrachel_)
Kue ape. (Foto: instagram.com/irrachel_)

Bentuknya pipih melebar dan bulat. Pada bagian tengah menojol atau bagian kue yang lebih tebal. Kue ini sangat enak dan biasa dijumpai di jalan-jalan dan lebih enak dinikmati hangat-hangat.

Kue tete merupakan keu popoler sebagai menu street food di Ibu Kota atau di kota-kota sekitar Jakarta. Biasanya dijual oleh para pedagang keliling dengan gerobak berkaca. Kue ape yang berwarna hijau cerah dan disusun menumpuk selalu menarik perhatian pejalan kaki.

Kue ape dibuat dengan sederhana yaitu berbahan dasar tepung terigu. Selain itu ada bahan tambahan telur, santan, dan gula. Adonan encer kemudian dituang ke loyang berbentuk katel. Semua dimasak di atas gerobak.

Kue ape. (Foto: instagram.com/laras.saty)
Kue ape. (Foto: instagram.com/laras.saty)

Kue ape dijual sangat murah. Biasanya dijual beberapa biji untuk satu harga. Kalau kamu penyuka kuliner Betawi, kue tete yang enak ini wajib kamu coba. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Toge Goreng, Makanan Super Enak yang Diolah Tanpa Minyak Goreng

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH