Toge Goreng, Makanan Super Enak yang Diolah Tanpa Minyak Goreng Toge goreng yang dujamin bikin ketagihan. (Foto: merahputih.com)

MAKANAN tradisional khas Betawi cukup banyak untuk dicoba satu per satu. Betawi yang merupakan percampuran antaretnis dan bangsa ini mewarisi kuliner yang cukup beragam dan unik.

Salah satu yang cukup unik yaitu tauge goreng atau toge goreng. Selain di Jakarta, toge goreng juga menjadi makanan khas daerah lain yaitu Suku Sunda.

Toge goreng sangat unik. Karena meski namanya "goreng" pengolahannya tidak digoreng menggunakan minyak kelapa, tapi menggunakan air atau lebih tepatnya direbus.

Bahan utama toge goreng tentu tauge, ditambah lontong, dan mie kuning. Sementara kuahnya sangat enak dengan citarasa oncom dan tauco. Kuah ini sekilas mirip bumbu kacang.

Toge goreng khas Betawi. (Foto: instagram.com/nanafernando)
Toge goreng khas Betawi, tak ada minyaknya. (Foto: instagram@nanafernando)

Pembuatannya cukup sederhana. Pertama-tama mie dan toge direbus dalam air hingga empuk sambil diaduk-aduk. Di pedagang-pedangan keliling, perebusannya menggunakan wajan sederhana sambil diaduk-aduk dengan sendok kayu di kedua belah tangan.

Setelah toge empuk dicampurkan ke dalam wadah yang sudah diberi irisan lontong. Setelah itu baru disiram dengan saus oncom khas toge goreng. Sausnya sangat asin-gurih.

Tauge goreng terkenal sangat nikmat di lidah. Campuran tauge yang empuk, mie kuning, dan saus bercitarasa tauco dan potongan oncom sangat pas dinikmati. Ditambah dengan ketupat dijamin membuat makanan satu ini cepat habis dalam satu kali santap.

Toge goreng khas Betawi. (Foto: instagram.com/rinipanyatama)
Toge goreng khas Betawi, santapan lezat harga terjangkau. (Foto: instagram.com/rinipanyatama)

Toge goreng secara tradisional dijajakan secara keliling. Ada juga dijual dengan cara kaki lima. Meski sangat enak dengan bahan beragam, satu porsi toge goreng masih terjangkau seperti umumnya menu sarapan seperti bubur atau ketoprak.

Kalau kamu tengah berwisata kuliner di Ibu Kota Jakarta, toge goreng tak boleh terlewatkan. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Kue Cincin, Donat Tradisional Orang Betawi

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH