Game

Kreator Konsol Pertama Nintendo Tutup Usia

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 10 Desember 2021
Kreator Konsol Pertama Nintendo Tutup Usia
Lead architect di balik Nintendo dan Super Nintendo tutup usia. (Foto: Nintendo Life)

KABAR duka datang dari industri gaming. Masayuki Uemura, Lead Architect di balik suksesnya konsol pertama Nintendo, yakni NES (Nintendo Entertainment System) tutup usia pada 6 Desember 2021. Kabar duka tersebut diumumkan Ritsumekan University, tempat Uemura mengajar pada 9 Desember 2021. Ia meninggal di usia 78 tahun.

Seperti yang dikutip dari laman Polygon, Uemura adalah pria di balik penggarapan konsol pertama milik Nintendo yakni NES atau disebut sebagai Famicom (Family Computer) pada 1981 di Jepang. Memiliki pengalaman yang mantap sejak ia menjadi arsitek di Sharp pada 1972, membuat dirinya sangat kompeten dalam menciptakan konsol gim.

Baca Juga:

'Star Wars: Hunters' Hadirkan Trailer Gameplay Terbaru

Ide dalam penggarapan Uemura didorong oleh presiden Nintendo Hiroshi Yamauchi. Ia memiliki mimpi untuk membuat sebuah konsol dengan grafis maksimal berstandar kabin arcade agar dapat dimainkan di rumah sesuka hati. Tentu ide terbaiknya membuat Nintendo dan Famicom bila disatukan penjualannya dapat mencapai 61,91 juta unit. Tapi jumlah tersebut menjadi 20 juta bila hanya dihitung Famicom saja.

Memiliki impian untuk membuat konsol berstandar kabin arcade untuk di rumah. (Foto: Nintendo Life)

Uemura juga membuat konsol generasi selanjutnya yakni Super Nintendo (atau Super Famicom di Jepang). Selain itu, ia menggarap periferal dari Nintendo dan salah satunya adalah Zapper, senjata tembakan Nintendo yang dapat digunakan untuk memainkan game seperti Duck Hunt.

Uemura pun berkontribusi dalam mengembangkan beberapa game Nintendo. Beberapa di antaranya hadir sebagai launch title seperti Ice Climber, Clu Clu Land, serta tiga game olahraga yakni Soccer, Baseball, dan Golf.

Baca Juga:

Atlus Hadirkan Game Baru di The Game Awards 2021

Pensiun di Nintendo dan berkarier sebagai dosen di Universitas Kyoto. (Foto: Nintendo Life)

Kreator di balik konsol pertama Nintendo tersebut memutuskan untuk pensiun pada 2004, dan menjadi dosen di Ritsumekan University, Kyoto Jepang.

"Waktu terbaik yang pernah aku kenang adalah dimana kami selesai menggarap Famicom. Sebelumnya, kami tidak mengetahui konsol ini akan sukses atau tidak, meski selesai penggarapan saja bagi kami sudah cukup. Ini adalah misi pertama kami; untuk memastikan penggarapan selesai dan menyelesaikannya, jadi aku sudah senang," demikian salah satu perkataan Uemura yang selalu terkenang ketika berkarier di Nintendo. (dnz)

Baca Juga:

Game Terbaik PS5, Mainkan Sebelum 2021 Berakhir

#Game #Nintendo
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan