Kreatif dan Unik, Ini 5 Iklan di Super Bowl yang Paling Ikonik Sepanjang Masa

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 03 Februari 2020
Kreatif dan Unik, Ini 5 Iklan di Super Bowl yang Paling Ikonik Sepanjang Masa
Cindy Crawford dalam iklan Super Bowl 1992. (Foto: Crpnmb)

SUPER BOWL SUNDAY telah menjadi acara bergengsi yang paling dinanti-nantikan oleh para penggemar olahraga American football. Tidak hanya itu, acara besar NFL yang akan disaksikan oleh kurang lebih 100 juta orang ini juga menjadi kesempatan baik untuk brand melakukan promosi atau memasang iklan. Bahkan, sudah bukan hal yang aneh lagi jika merek-merek tertentu akan membuat iklan khusus untuk ditampilkan di acara sekelas Super Bowl.

Baca juga:

Shakira dan Jennifer Lopez Meriahkan 'Super Bowl Halftime Show 2020' dengan Penampilan Spektakuler

Menjelang Super Bowl LIV yang akan diselenggarakan pada 3 Februari 2020 di Hard Rock Stadium di Miami, telah ada beberapa iklan yang dikonfirmasi akan tayang di Super Bowl seperti iklan Olay yang bintangi Busy Philipps, Pop-Tarts yang dibintangi oleh Jonathan Van Ness, iklan Doritos yang dibintangi oleh Lil Nas X, serta beberapa slot iklan untuk kampanye President Donald Trump dan kandidat Michael Bloomberg.

Sebagaimana sebuah perusahaan harus membayar sangat mahal untuk slot iklan saat ajang Super Bowl, iklan atau campaign yang disajikan seketika menjadi kreatif dan unik. Mengikuti perjalanannya, berikut ini merupakan iklan Super Bowl yang paling ikonik sepanjang masa.

1. Joe Greene dalam iklan Coca-Cola (1979)

Memenangkan penghargaan Clio di tahun 1979, iklan dengan slogan "Hey Kid, Catch!" ini diperankan oleh 'Mean' Joe Greene, mantan pemain Pittsburgh Steelers. Iklan yang diproduksi oleh agensi McCann Erickson ini menceritakan tentang penggembar muda Joe yang memaksa memberikannya sebotol Coke.

Setelah habis ditenggaknya, Joe akhirnya berbaik hati untuk memberikan jersey miliknya dengan melemparkannya ke sang anak sambil berkata "Hey Kid, Catch!".

2. Cindy Crawford dalam iklan Pepsi (1992)

Menjadi salah satu iklan Pepsi yang paling ikonik sepanjang masa, iklan yang ditampilkan oleh Cindy Crawford pada tahun 1992 ini bertujuan untuk mempromosikan kaleng Pepsi dengan desain terbaru.

Karena kepopuleran iklan tersebut, akhirnya Pepsi membuat kembali iklan tahun 1992 yang dibintangi oleh Cindy Crawford dan anak laki-lakinya, Presley Gerber untuk iklan Pepsi di Super Bowl 2018.

Baca juga:

5 Penampilan Terbaik 'Super Bowl Halftime Show'

3. Michael Jordan dalam iklan Nike (1992)

Jika kamu anak generasi 90-an, tentunya kamu kenal dengan film animasi mengenai basket berjudul Space Jam yang dibintangi oleh Michael Jordan.

Film live-action bercampur kartun ini ternyata terinspirasi dari iklan Super Bowl 1992 yang dibintangi oleh Michael Jordan dan karakter kartun Bugs Bunny serta Lola Bunny untuk mengiklankan Air Jordan VII.

4. Britney Spears dalam iklan Pepsi (2002)

Awal tahun 2000-an menjadi masa-masa emas penyanyi pop Britney Spears. Iklan kedua Britney Spears dengan Pepsi ini menampilkan berbagai nuansa dari berbagai tahun mulai dari 1958, 1963, 1966,1970, sampai 1989.

Dengan slogan "Pepsi, for those who think young", iklan ini menjadi salah satu iklan yang paling digemari oleh remaja tahun 2000-an. Dalam wawancara dengan People di tahun 2018, Britney mengaku bahwa iklan ini merupakan salah satu iklan yang paling ia banggakan.

5. Volkswagen (2011)

Perusahaan otomotif asal German, Volkswagen berhasil meraih iklan dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang sejarah Super Bowl. Iklan berjudul The Force ini menampilkan seorang anak laki-laki yang menggunakan kostum dan topeng Darth Vader dari Star Wars, yang sedang berusaha untuk memindahkan barang dengan kekuatannya. Lalu secara tiba-tiba, sang ayah memencet remote mobil untuk membuat sang anak merasa senang. Membuat itu seakan-akan force dari dark side. (shn)

Baca juga:

7 Angka Menakjubkan dari Ajang Super Bowl

#Super Bowl #American Football #Iklan Kocak #Iklan Jadul
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan