KPK Awali Roadshow Bus 2023 di Car Free Day Jakarta

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 08 Mei 2023
KPK Awali Roadshow Bus 2023 di Car Free Day Jakarta
Roadshow Bus KPK: Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi. (Foto: MP/Ponco)

MerahPutih.com - Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memulai rangkaian ‘Roadshow Bus KPK: Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi’ Tahun 2023. Rangkaian pertama digelar pada kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (7/5).

Hadir dalam kegiatan ini Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana. Dalam sambutannya Wawan mengatakan Roadshow Bus KPK hadir sebagai bagian dari sosialisasi dan kampanye antikorupsi kepada masyarakat secara langsung.

Baca Juga:

KPK Bakal Panggil Bupati Pandeglang

“Hadirnya kembali Bus KPK di tengah masyarakat, menjadi simbolisasi dalam upaya dan semangat pemberantasan korupsi yang tak kunjung henti bersama masyarakat,” kata Wawan.

Peningkatan peran serta masyarakat, lanjut Wawan, dibutuhkan sebagai mata, telinga, dan kepanjangan tangan KPK di seluruh wilayah Indonesia. Untuk itu pada kegiatan CFD ini, KPK mengajak keterlibatan masyarakat dalam program pendidikan antikorupsi, serta kolaborasi dan sinergi dengan para pemangku kepentingan lain di setiap daerah.

Roadshow Bus KPK menjadi rangkaian kegiatan untuk mencegah dan memberantas terjadinya tindak pidana korupsi. Salah satunya melalui upaya koordinasi, supervisi, monitor, penyelidikan, penyidikan, penuntutan, pemeriksaan pada sidang pengadilan, dan peran serta masyarakat.

“KPK juga ingin menunjukan bahwa kerja KPK tidak hanya sebatas penindakan saja, ada upaya pencegahan dan pendidikan antikorupsi yang tidak pernah berhenti dilakukan. Hal ini sejalan dengan semangat Trisula Pemberantasan Korupsi KPK, dimana pendidikan menjadi salah satu poin utama untuk memberantas korupsi di Indonesia,” ujar Wawan.

Baca Juga:

Dirut PT CLM Masuk Daftar Offshore Leaks, MAKI Minta KPK Lakukan Pemeriksaan


Lebih lanjut Wawan menyampaikan, menjelang tahun politik 2024, KPK melihat fenomena yang masih sering terjadi dalam kontestasi politik yang membudaya, mengkonstruksi, dan mempengaruhi sistem politik demokrasi di Indonesia yaitu money politic atau politik uang.

“Dalam kontestasi politik sendiri, uang dapat menentukan seseorang terpilih atau tidak, pemberian uang, barang, jasa atau materi lainnya yang menyebabkan politik berbiaya tinggi. Untuk itu, melalui rangkaian Roadshow Bus ini, KPK mengatisipasi fenomena tersebut dengan memberikan dan menanamkan pendidikan antikorupsi yang inklusif kepada seluruh elemen masyarakat,” Jelasnya.

KPK terus melakukan pelbagai pendekatan untuk meningkatkan kesadaran publik dalam pencegahan korupsi, utamanya menjelang Pemilu 2024. Salah satunya yakni melalui Roashow Bus Antikorupsi ini, yang pekan depan, Minggu (14/5) akan menyambangi Kota Bogor. (Pon)

Baca Juga:

KPK Bakal Panggil Bupati Pandeglang

#KPK #Car Free Day #Kasus Korupsi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan