Kota-Kota Terhijau di Dunia, Layak Kamu Kunjungi Nih untuk Isi Liburan Centennial Park. (Foto: instagram.com/danielsteigleder)

FORUM Budaya Kota Dunia melakukan penelitian yang menghitung kota-kota terhijau di seluruh dunia, berdasarkan persentase pusat kota yang tercakup dalam taman. Kota ini tentu sangat cocok untuk mengisi liburan kamu yang tenang dan sehat.

Kota-kota berperingkat tertinggi dalam penelitian ini menawarkan ruang hijau bagi pengunjung yang berkisar dari taman botani hingga hutan bambu tempat kamu dapat melihat panda. Dikutip Booking.com. berikut kota-kota terhijau di dunia.


1. Oslo, Norwegia

Botanical Garden di Oslo. (Foto: instagram.com/tammy.lk)
Botanical Garden di Oslo. (Foto: instagram.com/tammy.lk)

Hampir dua pertiga dari ibu kota Norwegia terdiri dari taman dan kebun, menjadikannya surga baagi mereka yang mencari hutan kota. Bagi pengunjung, salah satu daya tarik utama adalah Botanical Garden. Tempat itu rumah bagi lebih dari 7.000 spesies tanaman unik, rumah kayu abad pertengahan, koleksi patung willow, dan banyak flora dan fitur bersejarah.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Cara Mudah Mengatasi Jet Lag


2. Singapora, Singapora

Garden by the Bay. (Foto: instagram.com/amilliontravels)
Garden by the Bay. (Foto: instagram.com/amilliontravels)

Dijuluki "Kota Taman", Singapura terkenal karena kebersihannya. Hampir setengah dari kota ini diperuntukkan untuk ruang hijau. Kerennya karena Singapura sebagai salah satu tempat paling padat penduduknya di dunia. Gardens by the Bay adalah salah satu contohnya, sebuah taman yang membentang seluas 250 hektar di tanah reklamasi.


3. Sydney, Australia

Centennial Parklands. (Foto: instagram.com/dyonisiusdq)
Centennial Parklands. (Foto: instagram.com/dyonisiusdq)

Sydney seperti ruangan hijau yang tak ada habisnya. Setengah dari wilayah kota dilapisi "karpet hijau". Wilayah terbesarnya yaitu Centennial Parklands, yang terdiri dari Centennial, Moore, dan Queens Park, yang bertetangga dengan Central Business District Sydney.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Perjalanan Low Budget Kini Lebih Mudah, Bisa ke Mana pun Kamu Mau


4. Vienna, Austria

Volkgarten Viena. (Foto: instagram.com/wienzufussphotoblog)
Volkgarten Viena. (Foto: instagram.com/wienzufussphotoblog)

Dengan Blue Danube Waltz-nya, komposer Austria Johann Strauss memastikan semua orang tahu betapa biru sungai yang melintasi melalui Wina. Tetapi, ada juga kawasan hijau di ibu kota Austria ini yang sa ma-sama layak mendapatkan pujian. Wina memiliki total 2.000 taman, termasuk Volksgarten, tempat 400 spesies mawar yang unik bermekaran di musim semi.


5. Chengdu, Tiongkok

Pusat Penelitian Panda Chengdu. (Foto: instagram.com/laurent_malet)
Pusat Penelitian Panda Chengdu. (Foto: instagram.com/laurent_malet)

Chendung ibu kota Provinsi Sichuan dan kota yang lama yang terkenal akan sajian kulinernya. Penghijauan Chengdu juga patut mendapat perhatian. Investasi untuk ruang terbuka hijau telah menyebabkan Chengdu menuju daftar teratas kota hijau. Antara 2010 dan 2015, kota ini menciptakan 31 taman lahan basah dan pada tahun 2020 kota ini bertujuan untuk mengubah sepertiga wilayah perkotaan menjadi ruang hijau. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Menikmati Little Edo di Prefektur Saitama Jepang

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH