Cara Mudah Mengatasi Jet Lag Kamu bisa saja menghindari jet lag dengan hal sederhana. (Foto: Pexels/ Josh Sorenson)

MUNGKIN beberapa orang jarang mengalami jet leg. Namun tahukah kamu, jet lag bisa menjadi pengancur liburan kamu yang sangat menyebalkan.

Kamu bisa saja menghindari jet lag dengan hal sederhana. Hal tersebut bisa kamu lakukan sebelum, selama, dan setelah terbang untuk meminimalisir efek jet lag di diri kamu.

Berikut beberapa cara sederhana untuk menghilangkan jet lag yang dilansir dari laman Business Insider.

1. Atur waktu tidur sebelum terbang

Trivia 1 Atur Jadwal Tidur Kamu Sebelum Hari Keberangkatan (Foto Pexels Pixabay)
Atur jadwal tidur kamu sebelum hari keberangkatan (Foto: Pexels/Pixabay)

Bukan tidur yang cukup, namun mengatur waktu tidur kamu dengan benar. Seorang ahli tidur sekaligius penulis Sleep Like a Boss Christine Hansen mengatakan, bahwa kebanyakan orang umumnya memerlukan satu hari untuk menyesuaikan diri dengan perbedaan waktu.

Jika kamu memiliki perbedaan waktu selama 10 jam, kamu dapat melakukannya lima hari sebelum keberangkatan untuk menyesuaikan dua jam setiap harinya. Kamu harus bangun ataupun tidur dua jam lebih awal ataupun lebih lama, semua tergantung kemana kamu pergi.


2. Kurangi kafein

Trivia 2 Jangan Meminum Kopi Sebelum Penerbangan (Foto Pexels Kaboompics)
Jangan meminum kopi sebelum penerbangan. (Foto: Pexels/Kaboompics)

Biasanya orang akan meminum kopi sebelum jadwal keberangkatan mereka. Seharusnya kamu harus berhenti meminum kopi satu sampai dua hari sebelum jadwal keberangkatan kamu.

Jika destinasi liburan kamu memiliki waktu tidur yang lebih cepat, jangan meminum kopi selama 24 jam sebelum perjalanan. Bahkan seorang dokter bernama Edward Alvarez mengatakan, jika kamu meminum kopi tubuh kamu akan terstimulasi dan kamu tidak dapat tidur pada waktu yang tepat di zona waktu baru kamu.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Jadi Makanan Terlezat ke-14, Inilah 5 Jenis Unik Sate di Indonesia


3. Hindari cahaya biru saat terbang

Trivia 3 Jangan Main Ponsel Saat Terbang (Foto Pexels Jason Toevs)
Jangan main ponsel saat terbang (Foto: Pexels/Jason Toevs)

Pendiri sekaligus CEO aplikasi VitaminIQ Sarah Morgan menyarankan untuk memakai kacamata yang dapat menghalau cahaya biru di bandara dan di pesawat. Morgan juga mengatakan gunakanlah kacamata dengan warna merah atau kuning, karena kacamata berwarna tersebut dapat meghalau cahaya biru untuk masuk ke otak.

Tujuan dari menghalau cahaya biru dapat membuat tubuh kamu lebih tenang dan nyaman untuk beristirahat sehingga bisa memulihkan jet lag lebih cepat. Efek lain dari cahaya biru yaitu menekan produksi melatonin dalam tubuh, hormon yang diproduksi agar kamu mengantuk. Jadi kamu selalu terbangun, jika kamu tidak mau mengenakan kacamata, kamu harus menghindari layar ponsel, komputer, dan TV selama penerbangan.

4. Atur waktu tidur di pesawat

Jangan tidur jika sampai pada malam hari. (Foto: TheCoffeeShopTrader)
Jangan tidur jika sampai pada malam hari. (Foto: TheCoffeeShopTrader)

Selain mengatur waktu tidur di tempat tinggalmu, kamu harus mengatur waktu tidurmu di pesawat. Jika kamu sampai ke tempat tujuanmu pada pagi hari kamu harus tidur sebentar di pesawat, sehingga saat kamu sampai kamu akan segar dan siap melakukan aktivitas. Jika kamu sampai di malam hari kamu dianjurkan untuk tidak tidur karena kamu akan merasa kelelahan di keesokan harinya.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Koper Ringan, Oleh-Oleh Terbawa

5. Berjemur di bawah matahari ketika sampai

Trivia 5 Matahari Membantu Menyinkronkan Tubuh Dengan Zona Baru (Foto Pexels Abhiram Prakash)
Matahari membantu menyinkronkan tubuh dengan zona baru. (Foto: Pexels/Abhiram Prakash)

Setelah mendarat cobalah untuk melihat matahari. Menurut pelatih kesehatan Robyn Youkilis, melihat matahari setelah mendarat dalam waktu yang dianjurkan dapat membantu kamu menyinkronkan kamu ke lokasi dan waktu baru kamu.

Paparan sinar matahari dapat membantu otak agar mengetahui jam berapa dan hormon apa yang harus dikeluarkan. Sehingga siklus tidur dan bangun kamu ke zona baru akan lebih cepat.

6. Olahraga secepatnya

Trivia 6 Olahraga Membantu Mengalirkan Darah Lebih Sempurna (Foto Runtastic)
Olahraga membantu mengalirkan darah lebih sempurna (Foto: Runtastic)

Olahraga dapat membuat darah dalam tubuh kamu mengalir lebih lancar, memompa endorfin dan membantu mengembalikan ritme sirkadian (variasi biologis dalam tubuh yang berulang selama 24 jam) kamu. Tidak harus olahraga yang berat cukup pergi ke tempat gym di penginapan mu dan gunakan treadmill, itu sudah cukup. (Ape)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Tips Pilih Parfum untuk Kamu yang Ingin Liburan



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH