Kopi dan Kemampuan Menginduksi BAB Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi lebih efektif daripada air hangat dalam mendorong pergerakan usus. (Freepik/wayhomestudio)

BAGI sebagian orang, kopi meningkatkan energi sekaligus pergerakan usus mereka. Terlepas dari popularitas minuman ini, tidak banyak penelitian tentang mengapa kopi membuat banyak orang berlari ke kamar mandi dalam beberapa menit setelah meminumnya.

"Dalam beberapa kasus, seperti halnya kopi dan buang air besar (BAB), mungkin tidak ada permintaan medis untuk mendapatkan penyelidikan serius," kata Dr Kyle Staller, Direktur Laboratorium Motilitas Gastrointestinal di Rumah Sakit Umum Massachusetts, AS, melalui e-mail ke CNN.

BACA JUGA:

Pilihan Minuman Pencegah Dehidrasi saat Berpuasa

"Ini mungkin juga kasus yang jelas, yang berarti tidak perlu banyak penelitian untuk mengetahui bahwa kopi menginduksi buang air besar ketika itu menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang," dia menambahkan.

Mungkin ada sesuatu yang istimewa tentang kopi, dan penelitian yang ada membuktikan bahwa kamu benar, kata Staller, juga asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School. Beberapa penelitian kecil telah menunjukkan bahwa minum kopi lebih efektif daripada air hangat dalam mendorong pergerakan usus. Hasil penelitian itu mengatakan sesuatu karena, menurutnya, air adalah bagian integral dari pencernaan normal dengan jumlah besar yang dilepaskan dan diserap kembali oleh saluran pencernaan setiap hari.

Ini tentu saja tidak berarti bahwa asupan air yang cukup tidak penting untuk kesehatan secara keseluruhan. "Sekitar 60 persen dari tubuh kamu terbuat dari air," Jerlyn Jones, ahli gizi terdaftar dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan.

Apakah kopi berkafein atau tanpa kafein tampaknya tidak menjadi masalah dalam semua penelitian. Menurut penelitian lain, kopi menunjukkan bahwa, dalam beberapa kasus, senyawa selain kafein mungkin bertanggung jawab atas gerakan usus yang tiba-tiba.

Identitas senyawa ini dan bagaimana mereka berinteraksi dengan saluran pencernaan sebagian besar masih belum diketahui, tetapi inilah yang telah ditemukan para peneliti sejauh ini.

Kontraksi usus besarUsus besar mengalami tiga jenis kontraksi yang bekerja sama untuk mencampur, meremas, dan akhirnya mengeluarkan kotoran. Terjadinya, waktu dan frekuensi kontraksi ini dipengaruhi oleh otot, saraf dan faktor kimia.

Kopi mungkin merangsang aktivitas motorik kolon ini dalam beberapa menit setelah dikonsumsi, berdasarkan penelitian terbatas yang tersedia, kata Staller. Dua belas orang sehat mengalami aktivitas ini selama penelitian tahun 1998 ketika mereka setuju untuk memasukkan probe sensor ke dalam usus mereka.

Selama periode 10 jam pada hari berikutnya, para peserta mengonsumsi kopi hangat, kopi tanpa kafein, air atau makanan dalam urutan acak. Kedua jenis kopi dan makanan menyebabkan lebih banyak kontraksi dan tekanan usus besar, dibandingkan dengan air. Kopi berkafein 60 persen lebih efektif daripada air dalam merangsang aktivitas motorik kolon dan 23 persen lebih berdampak daripada kopi tanpa kafein.

Beberapa peserta dari penelitian lain mengatakan minum kopi memberi mereka dorongan untuk BAB, kemudian menjalani tes serupa. Aktivitas usus mereka meningkat dalam waktu empat menit setelah minum kopi hitam tanpa pemanis, efek yang berlangsung setidaknya 30 menit.

Hasil tersebut kemungkinan berarti bahwa kopi tidak secara langsung menghubungi lapisan usus besar tetapi lebih mempengaruhinya melalui mekanisme gastrokolik, kata Staller. "Artinya, kopi yang menyentuh lapisan perut, memicu sistem saraf atau respons hormonal yang menyebabkan usus besar mulai bekerja,” ujarnya.

Hormon dan asam lambungKopi tampaknya juga merangsang pelepasan hormon gastrin, kata Staller, yang memungkinkan produksi asam lambung. Asam lambung membantu mencerna makanan dan mungkin mendorong aktivitas kolon. Para peneliti menemukan pada tahun 1986 bahwa minum kopi berkafein atau tanpa kafein memengaruhi kadar gastrin dengan cepat dan signifikan.

Setelah berpuasa semalaman, pria dalam sebuah penelitian kecil tahun 2009 menerima makanan dan kopi hitam, atau hanya makan. Minum kopi secara signifikan mempercepat waktu yang dibutuhkan makanan untuk meninggalkan lambung dan masuk ke usus kecil setelah waktu makan.

Selain, melihat pengaruh kopi, jangan melupakan bahan yang biasa ada di dalam hidangan kopimu. Jika kamu tidak toleran laktosa tapi masih menikmati krim susu sebagai tambahan di secangkir kopi, itu bisa menjadi penyebab di balik dorongan tiba-tiba untuk BAB.

"Salah satu cara untuk mengetahui apa yang membuat pergi ke kamar mandi adalah dengan minum kopi tanpa krim susu atau susu dan melacak gejala selama beberapa hari," kata Jones.

Sementara penelitian menunjukkan beberapa manfaat pencernaan dari minum kopi, haruskah kamu melakukan ritual kopi pagi untuk bisa tetap teratur ke belakang? Jika kamu mengalami konstipasi, minum kopi untuk membantu memudahkan BAB bukanlah hal tidak masuk akal. (aru)

Makanan Turut Pengaruhi Kesehatan Kulit
Fun
Indonesia Masih Kekurangan Dokter Jantung
Fun
Makanan Turut Pengaruhi Kesehatan Kulit
Fun
Indonesia Masih Kekurangan Dokter Jantung
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Langkah untuk Atasi Gangguan Skizofrenia
Fun
Langkah untuk Atasi Gangguan Skizofrenia

Skizofrenia merupakan gangguan jiwa yang membuat pengidapnya mengalami halusinasi.

Makanan Ikonik yang Hadir pada Film-film Animasi
ShowBiz
Makanan Ikonik yang Hadir pada Film-film Animasi

Makanan pada film animasi ada bentuk nyatanya loh!

3 Drakor Populer di Mei 2022
ShowBiz
3 Drakor Populer di Mei 2022

Tonton lagi drakor populer Mei di Juni ini.

Seniman Inggris Ubah Karavan Jadi Bioskop Kecil
Fun
Seniman Inggris Ubah Karavan Jadi Bioskop Kecil

Bioskop karavan Moving Images akan memulai debutnya di Festival Film Alkimia Hawick pada 28 April 2022.

Mencicipi Racikan Kopi Buatan 'Champ' di Booth SCAI
Kuliner
Mencicipi Racikan Kopi Buatan 'Champ' di Booth SCAI

Booth SCAI mulai dipadati para pengunjung karena penasaran ada apa saja yang disajikan.

Baru Tayang, Thor: Love and Thunder Raup Rp 4,5 Triliun
ShowBiz
Baru Tayang, Thor: Love and Thunder Raup Rp 4,5 Triliun

Thor: Love and Thunder sedang tayang di bioskop.

Segera Ada Iklan di Netflix
Fun
Segera Ada Iklan di Netflix

Nonton Netflix akan disertai dengan iklan.

Frankenstrat, Gitar Monster Hasil Ketidakpuasan
ShowBiz
Frankenstrat, Gitar Monster Hasil Ketidakpuasan

Frankesntrat salah satu gitar paling bising di dunia musik rock.

Apa Benar Pandemi Jadi Penghalang Jomlo +62 Menjalin Cinta?
Hiburan & Gaya Hidup
Apa Benar Pandemi Jadi Penghalang Jomlo +62 Menjalin Cinta?

Kondisi ingin merasa terhubung dengan orang dicinta memang jadi urusan serius di masa pandemi

Warganet Korsel Kritik Industri K-Pop yang Debutkan Idol dalam Usia Minor
ShowBiz
Warganet Korsel Kritik Industri K-Pop yang Debutkan Idol dalam Usia Minor

Jadi kontroversi karena membawakan lagu berkonotasi dewasa.