Kesehatan

Pilihan Minuman Pencegah Dehidrasi saat Berpuasa

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 11 April 2022
Pilihan Minuman Pencegah Dehidrasi saat Berpuasa
Minum delapan gelas air mineral per hari. (Foto: Unsplash/engin akyurt)

MENJALANKAN ibadah puasa rentan membuat dehidrasi. Oleh karena itu, mengonsumsi minuman sehat pencegah dehidrasi saat berbuka dan di waktu sahur amat disarankan.

Dehidrasi dapat dikenali dengan gejala berupa rasa haus yang hebat, kelelahan, mulut kering, hingga sakit kepala. Jika dibiarkan, kondisi itu akan mengganggu kelancaran puasa. Dalam level yang lebih parah, dehidrasi bisa menimbulkan gejala serius, seperti pingsan bahkan kejang.

Pilihan minuman yang pertama dan paling umum ialah air mineral. Air mineral menjadi kunci utama untuk mencegah dehidrasi, terlebih di bulan puasa. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum air mineral juga baik bagi kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan mencegah sembelit saat berpuasa.

Baca juga:

Dehidrasi Bisa Bikin Halusinasi

Pilihan Minuman untuk Mencegah Dehidrasi Saat Puasa
Tidak usah menambahkan gula. (Foto: Unsplash/Zlatko Duric)

Orang dewasa disarankan minum air sebanyak 2-3 liter atau setara dengan delapan gelas setiap hari. Untuk memudahkanmu mencukupi kebutuhan cairan saat puasa, kamu bisa gunakan rumus 2-4-2, yakni dua gelas air saat berbuka puasa, empat gelas di malam hari hingga menjelang tidur, dan dua gelas saat sahur.

Selain air mineral, kamu bisa memilih infused water yang dicampur berisi potongan buah-buahan segar dan rempah-rempah. Minuman ini dapat meningkatkan energi, mendukung penurunan berat badan, membantu pembuangan racun atau detoks, hingga memperbaiki suasana hati. Pilihan buah dan rempah yang bisa digunakan antara lain lemon, semangka, jeruk, stroberi, apel, jeruk nipis, daun basil, dan kayu manis.

Baca juga:

Atasi Dehidrasi dengan Asupan Cairan

Pilihan Minuman untuk Mencegah Dehidrasi Saat Puasa
Es kelapa yang mengandung kalium, natrium, dan magnesium. (Foto: Unsplash/Meimei Ismail)

Pilihan minuman lainnya yakni jus buah yang bisa kamu buat sendiri. Jus buah sebaiknya tidak perlu ditambahkan gula sebab buah sudah memiliki pemanis alami. Selain jus buah, kamu bisa juga memilih susu yang menjadi sumber kalsium, natrium, dan kalium. Susu mengandung karbohidrat yang diketahui mampu membuat tubuh tetap berenergi.

Meminum air kelapa juga disarankan. Air kelapa mengandung kalium, natrium, dan magnesium. Berkat nutrisi itu, air kelapa cocok dijadikan minuman untuk mencegah dehidrasi saat puasa. Air kelapa juga rendah kalori, sehingga dapat membantu melancarkan program diet yang kamu jalani di saat berpuasa.

Selain mengonsumsi pilihan minuman pencegah dehidrasi, pastikan kamu juga mengasup makanan bernutrisi seimbang, tidur yang cukup, dan rutin berolahraga agar puasa lancar. (and)

Baca juga:

Rutin Minum Tetap Bisa Membuat Dehidrasi

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan