Kisah Rahman Simuk, Tukang Cukur Panggilan yang Survive di Tengah Pandemi COVID-19 Rahman Simuk tetap bisa survive di tengah pandemi COVID-19 sebagai seorang tukang cukur panggilan (Foto: instagram @rahman_simuk)

SAAT pandemi virus corona baru atau COVID-19 melanda dunia termasuk Indonesia, dampaknya sangat mengkhawatirkan. Banyak sejumlah orang yang dirumahkan, kehilangan pekerjaan hingga usaha yang bangkrut.

Banyak restoran serta kafe yang tampak sepi lantaran mengikuti imbauan social distancing. Begitu juga dengan sektor bisnis lainnya, khususnya yang bersifat langsung bertatap muka dengan konsumen.

Karena itulah di saat masa-masa sulit ini, banyak orang yang memutar otak agar bisa tetap produktif atau mendapatkan penghasilan, guna memenuhi kebutuhan hidup. Salah satunya yang dilakukan Rahman Simuk yang membuat Haircut Delivery.

Baca Juga:

Kisah Adit Insomnia Siaran Radio dari Rumah saat Pandemi COVID-19

Rahman Simuk merupakan seorang barberman asal Jakarta yang sudah menekuni dunia barber sejak tahun 2014 lalu. Berawal dari ucapan seorang teman tentang kumis Rahman, rekannya menganggap penampilan Rahman cocok menjadi tukang cukur.

"Kumis Lau kenapa enggak jadi tukang cukur aja, pas tuh soalnya identik dengan gaya barber-barber?," ucap Rahman mengulang kata-kata temannya itu.

Dari situlah terbesit dalam benak Rahman untuk menjadi seorang barberman. Pada malam hari setelah perbincangan Rahman langsung melihat-lihat YouTube tentang gaya rambut dan style barber.

Lalu keesokan harinya, saat Rahman gajian dari pekerjaan sebelumnya, ia langsung membeli alat cukur di pasar baru. Saat itu Rahman membeli alat cukup merek Tiongkok, lantaran belum mengetahui alat-alat yang bagus dan branded.

Seiring berjalannya waktu, Rahman semakin mantap menekuni dunia barber. Sudah sekitar 6 tahun terjun di dunia barber, saat ini Rahman bekerja barber City boys club dan menerima jasa cukur delivery.

Seperti pantauan dari akun Instagramnya @rahman_simuk, rupanya sejumlah artis dan YouTuber ternama tanah air sempat dicukur oleh Rahman, seperti Uus, bimopd dan rezanangin.

Baca Juga:

Marcello Tahitoe Galang Donasi untuk Kru Terdampak COVID-19

Kembali pada topik pandemi virus corona, barbershop mungkin salah satu bisnis yang terdampak virus corona, karena mengharuskan sang barberman dan pelanggan dalam jarak yang sangat dekat.

Mengenai hal itu, fakta yang ada dilapangan justru berbeda. Rahman mengaku selama pandemi ini penghasilan justru kian bertambah. Bahkan dalam sehari satu orang barberman bisa mencukur rambut sekitar 13-16 orang.

"Alhamdulilah malah nambah penghasilan karena kan pada takut keluar rumah, menurut anjuran pemerintah juga kan ngga boleh berkumpul gitu nah mungkin pada takut juga ke barber," ucap Rahman.

Menjaga kebersihan dengan sarung tangan, masker, semprotan desinfektan dan membersihkan alat-alat dengan air panas, salah satu kunci Survival Mode (Foto: instagram @rahman_simuk)

"Mungkin karena saya sering share ke client bahwa CityBoysClub bersih aman. Contohnya sebelum masuk cuci tangan, terus alat-alat kursi barber pun kita semprot dan rendam di air panas biar tetap steril saat nyukur. Sebisa dan serajin mungkin update kalo kita sebagai tukang cukur yang bersih dan tetap di rumah aja biar saya yang ke rumah rapihin rambutnya," ucap Rahman Simuk pada merahputih.com.

Guna menjaga keamanan dan kesehatan para pelanggan, Rahman menyebutkan jika ada SOP khusus yang harus dijalankan. Yakni wajib menggunakan masker, sarung tangan, serta membawa cliper, gunting, perlengkapan cukur seperti biasa dan semprotan disinfektan.

Untuk orang-orang yang mau mencukur rambut, Rahman berpesan menjaga kesehatan di saat mau mencukur. Serta pastikan untuk barber-barber yang ingin mencukur pelanggannya menggunakan sarung tangan dan masker untuk kesehatan. (Ryn)

Baca Juga:

Robi 'Navicula' Ajak Masyarakat Cegah Penyebaran Virus Corona Lewat #20Detikcucicorona

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tanda Seseorang Menderita Anoreksia Nervosa
Fun
Tanda Seseorang Menderita Anoreksia Nervosa

Penderita merasa keinginan untuk menurunkan berat badan adalah hal penting daripada yang lainnya.

Maudy Ayunda Sosok Inspiratif Anak Muda Negeri Aing Meraih Impian Tertinggi
Hiburan & Gaya Hidup
Maudy Ayunda Sosok Inspiratif Anak Muda Negeri Aing Meraih Impian Tertinggi

Maudy sempat gamang menetukan kuliah pasca-sarjana antara di Harvard atau Stanford University.

Slimbeautycare, Kunci Alfy Saga untuk Menjaga Bentuk Tubuh Ideal
Hiburan & Gaya Hidup
Slimbeautycare, Kunci Alfy Saga untuk Menjaga Bentuk Tubuh Ideal

Tubuh proporsional memang menjadi impian banyak orang.

WhatsApp Buat Sistem Pemindahan Data dari iOS ke Android
Fun
WhatsApp Buat Sistem Pemindahan Data dari iOS ke Android

WhatsApp akan mempermudah migrasi data dari perangkat iOS ke Android.

Server SolarWinds Jebol Gegara Anak Magang
Fun
Server SolarWinds Jebol Gegara Anak Magang

Serangan siber terhadap SolarWinds menimbulkan masalah cukup serius.

William 'Captain Kirk' Shatner Dibuat versi AInya
Fun
William 'Captain Kirk' Shatner Dibuat versi AInya

William Shatner direkam menjadi AI.

‘House of Gucci’ Siap Tayang November
ShowBiz
‘House of Gucci’ Siap Tayang November

Lady Gaga memerankan pembunuh Maurizio Gucci.

Fresh Graduate 'Survive' Membangun Firm Arsitektur di Tengah Pandemi
Fun
Fresh Graduate 'Survive' Membangun Firm Arsitektur di Tengah Pandemi

Pandemi tidak menghalangi fresh graduate untuk berkarya.

Menurut Penelitian, Hubungan Paling Romantis Berawal dari Teman
Fun
Menurut Penelitian, Hubungan Paling Romantis Berawal dari Teman

Adanya perbedaan nyata romantisme berawal dari teman.