Teknologi

Kiriman Akun Threads Bisa Terlihat di Facebook, Pengguna Threads Protes

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 25 Oktober 2023
Kiriman Akun Threads Bisa Terlihat di Facebook, Pengguna Threads Protes
Upaya menarik pengguna dan untuk bersaing lebih padan dengan X. (Foto: Unsplash/Dima Solomin)

META meningkatkan taktik pertumbuhannya untuk Threads sebagai upaya menarik pengguna dan untuk bersaing lebih padan dengan X. Mereka mulai mempromosikan fitur terbaru berupa cross-posting Threads ke feed pengguna Facebook. Demikian konfirmasi perusahaan pada Senin, 23 Oktober 2023.

"Kami telah meluncurkan pembaruan untuk memudahkan orang melihat konten terbaru dari Threads langsung di Facebook dan Instagram," tulis meta dalam menanggapi seorang pengguna Threads.

Langkah ini sebenarnya sudah biasa dilakukan oleh Meta ketika mempromosikan fitur-fitur baru lainnya untuk aplikasi garapannya. Misalnya, perusahaan raksasa ini telah memasukkan Instagram Reels ke rekomendasi di feed Facebook selama bertahun-tahun.

Mereka juga memungkinkan bisnis di WhatsApp dan iklan di feed Facebook. Bedanya, promosi Threads di Facebook tidak bersifat opsional dan terkesan memaksa.

Baca juga:

Meta akan Blokir Topik yang Berpotensi Sensitif di Threads

meta
Cross-posting sudah biasa diambil meta. (Foto: Unsplash/Azamat)

Karena itulah, para pengguna tidak menyukai strategi ini. "Oh tidak. Saya tidak ingin Thread saya masuk ke semua kontak Facebook saya," tulis seorang pengguna dikutip dari dextro.com.

Melansir engadnet, Meta mulai menguji coba promosi kiriman Threads di Instagram sejak Agustus. Kemudian mereka mencobanya pada Facebook tanpa menyediakan fitur opt-out, hingga menimbulkan kontroversi.

Beberapa pengguna menunjukkan bahwa mereka menggunakan Threads dengan cara yang jauh berbeda dari Facebook dan tidak ingin kiriman Threads mereka ditampilkan di depan teman-teman Facebook mereka.

Perusahaan ini sebelumnya telah mengisyaratkan bahwa suatu hari nanti mereka akan menggunakan aplikasi-aplikasi mereka yang jauh lebih besar untuk mencoba meningkatkan Threads.

Baca juga:

Meta Luncurkan Threads Versi Web

threads
Balasan Thread pada komentar pengguna. (Foto: Threads)

Ketika Threads sudah mencapai 100 juta pengguna, Mark Zuckerberg, bos besar Meta, mengatakan bahwa pertumbuhan tersebut terjadi dengan sebagian besar permintaan organik dan bahwa perusahaan tersebut belum melakukan banyak promosi.

Dalam laporan terbaru Insider, pertumbuhan eksplosif awal Threads terbukti tidak berlangsung lama dengan penurunan drastis aktivitas pengguna pada minggu-minggu berikutnya.

Namun, layanan ini terasa jauh lebih hidup dalam beberapa minggu terakhir dan jumlah unduhan mulai meningkat lagi. (aqb)

Baca juga:

Threads Tak akan Beri Ruang untuk Konten Berita

#Social Media #Media Sosial #Meta #Threads #Teknologi
Bagikan
Bagikan