Otomotif

Ketahui Perbedaan Oli Sintetis dan Mineral untuk Mesin Kendaraan Lebih Awet

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 03 Juni 2022
Ketahui Perbedaan Oli Sintetis dan Mineral untuk Mesin Kendaraan Lebih Awet
Pemilihan oli mobil yang tepat akan membuat mesin lebih awet. (Foto: Pixabay/Tomasz_Mikolajczyk)

SEBAGIAN pengguna dan pemilik kendaraan bermotor sering dibuat bingung saat menentukan pelumas mana yang terbaik untuk mobil atau motornya. Mengingat kini semakin banyak jenis dan merk yang masing-masing menawarkan keunggulannya.

Oleh sebab itu, pengguna kendaraan disarankan untuk memahami perbedaan fungsi oli sintetis dan mineral untuk menjaga kondisi kendaraan tetap awet dan prima.

Pelumas memegang fungsi penting dalam kinerja mesin, yakni mengurangi gesekan komponen bagian dalam mesin sehingga kondisinya tetap awet. Oli mesin terdiri dari lapisan-lapisan tipis yang dapat mereduksi terjadinya gesekan antara logam dengan logam pada komponen mesin, sehingga mencegah goresan atau keausan di dalamnya.

Oli terbagi menjadi dua tipe berdasarkan kandungan, yaitu oli mineral dan sintetis. Pertamina Lubricants lewat siaran pers, Jumat (3/6), menjelaskan bahwa biasanya produsen oli akan mencantumkan kandungan yang ada di dalam kemasan. Beberapa tipe yang umum ditemui adalah tipe full sintetis, semi sintetis, dan oli mineral.

Baca juga:

Penyebab Utama yang Membuat Oli Mesin Cepat Berkurang

Perbedaan oli full sintetis, semi sintetis, dan mineral

Ketahui Fungsi Oli Sintetis dan Mineral untuk Mesin Kendaraan Lebih Awet
Pilih oli sesuai kebutuhan mesin kendaraan. (Foto: Pixabay/IamTimEre)

Oli mineral adalah oli yang berasal dari penyulingan ekstrak minyak mentah yang bersumber dari pengolahan minyak bumi. Selama proses pembuatan oli mineral, kotoran yang ada biasanya cukup tinggi dan kandungan impurities-nya dihilangkan.

Oli mineral banyak digunakan pada jenis atau model kendaraan lama yang masih dikembangkan dengan teknologi lawas.

“Struktur molekul oli mineral tidak sebaik oli sintetis, karena oli mineral memiliki struktur molekul yg lebih tidak seragam, sehingga lubricity-nya kurang jika dibandingkan dengan oli sintetis dan dapat mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar,” ungkap Brahma Putra Mahayana selaku Technical Specialist PT Pertamina Lubricants.

Sementara oli sintetis sudah mengalami proses pemurnian lebih lanjut atau diformulasikan khusus sesuai kebutuhan aplikasinya di mesin. Karena itulah oli sintetis ini banyak digunakan pada kendaraan bermotor saat ini, karena fungsinya yang dapat melindungi dari keausan, oksidasi, atau memberikan efek pendinginan mesin yang lebih baik daripada oli mineral.

Baca juga:

Penguapan Oli Mesin Mobil bisa Terjadi Saat Lalu Lintas Macet

Lalu, ada juga oli semi sintetis yang sebenarnya hanya istilah marketing yang merujuk kepada campuran dari oli sintetis dan mineral. Karena perpaduan antara keduanya dan tidak ada aturan resmi terkait rasio komposisi mineral-sintetisnya, kualitas oli semi sintetis ini tentu di bawah oli full sintetis.

Oli semi sintetis ini juga memiliki manfaat seperti oli sintetis seperti peningkatan kinerja mesin, melindungi komponen dan memberikan performa. Hanya saja kemampuannya tidak sebaik oli full sintetis.

Membedakan oli sintetis dan mineral

Ketahui Fungsi Oli Sintetis dan Mineral untuk Mesin Kendaraan Lebih Awet
Memeriksa oli kendaraan secara berkala juga penting untuk dilakukan. (Foto: Pixabay/Skica911)

Pertama bisa dilihat dari segi harga tentunya, untuk tipe oli sintetis akan memiliki harga lebih mahal dari tipe semi sintetis dan oli mineral. Bahkan harga oli sintetis bisa sampai empat kali lebih mahal dari oli mineral.

Cara lain untuk membedakan adalah dengan memperhatikan label yang ada di kemasan atau botol oli. Biasanya produsen oli akan mencantumkan keterangan terkait produknya, misalnya Full Syntethic, Syntethic Technology, Syntethic Force, Semi syntethic, dan Mineral.

Istilah-istilah itu bisa berbeda antarprodusen oli tetapi secara umum terbagi tiga kelompok besar, yakni Sintetis, Semi Sintetis, dan mineral.

Berikutnya, perhatikan keterangan data produk di botol kemasan. Biasanya tipe mineral akan tercantum informasi seperti Solvent Extraction, Hydro processed, dan lain-lain. Sementara untuk tipe sintetis akan tercantum informasi seperti PAO atau Ester, Diester, dan lain sebagainya.

“Bisa juga dengan mengecek typical data sheet dengan melihat indeks viskositas yang ditunjukkan dengan keterangan seperti angka > 120 untuk tipe sintetis, sementara kalau oli mineral antara 90-120. Index viskositas sendiri bukanlah angka SAE seperti 0W-20, 10W-40, dan lainnya. Biasanya hanya tertera pada data sheet apabila konsumen meminta kepada produsen, tidak dicantumkan dalam kemasan”, tutup Brahma.

Ia juga menambahkan sebelum memilih antara oli mineral, oli semi-sintetis, atau oli sintetis untuk kendaraan, tentunya pengguna kendaraan harus cek dulu rekomendasi oli yang digunakan dari pabrikan kendaraan. (*)

Baca juga:

Jangan Anggap Sepele, Pelumas Sangat Memengaruhi Performa Kendaraan

#Otomotif #Tips Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan