Ketahui Cara Merawat Burung Peliharaan dengan Benar

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 17 Desember 2021
Ketahui Cara Merawat Burung Peliharaan dengan Benar
Burung memerlukan perhatian khusus dalam pemeliharaannya. (Foto: Unsplash/Vincent Van Zalinge)

TIDAK banyak orang memilih burung sebagai hewan peliharaan. Bukan karena harga, karena banyak juga harga burung yang cukup murah. Perawatan yang lebih khusus dan kesabaran adalah alasannya. Tidak heran jika kebanyakan orang yang memelihara burung adalah yang memiliki banyak waktu luang.

Burung peliharaan harus memiliki kandang bagus dan bersih, gizi seimbang, air, dan banyak waktu bermain. Mereka juga memerlukan cinta dan perhatian yang banyak agar tidak stres.

Baca juga:

Penelitian: Hewan Peliharaan Bantu Terhindar dari Stres

Beberapa jenis burung cenderung merasa tidak nyaman saat berada di kandang bundar sehingga akan lebih baik untuk memelihara mereka pada kandang berbentuk persegi atau persegi panjang. Kamu juga harus memastikan bahwa kandang tersebut cukup besar agar mereka bisa dengan mudah bergerak dan memanjat.

Burung peliharaanmu membutuhkan ruang untuk terbang atau jika tidak, mereka akan merasa tercekik. Kandang burung juga harus cukup besar untuk menampung makanan, air, dan mainan apa pun yang dibutuhkan burung.

Perhatikan ukuran burung sebelum membeli kandang. (Foto: Unsplash/Zahid Lilani)
Perhatikan ukuran burung sebelum membeli kandang. (Foto: Unsplash/Zahid Lilani)

Penting untuk mempertimbangkan ukuran burung sebelum membeli kandang. Penting juga untuk menjaga suhu sedang di ruangan tempat kamu menyimpan burung. Burung tidak dapat menahan cuaca yang sangat dingin atau panas karena dapat membuat mereka stres dan membuat mereka sakit. Jika bisa, biarkan mereka terbang di dalam rumah lebih sering.

Pastikan bahwa burung kamu mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkannya. Dietnya tidak hanya harus terdiri dari pelet dan biji-bijian. Meskipun ini dapat membuat diet dasar yang cukup baik, burung peliharaan kamu juga membutuhkan berbagai makanan untuk memastikannya mendapatkan nilai gizi yang tepat. Pastikan untuk memberi makan burung peliharaan dengan berbagai buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Baca juga:

Bayi dan Hewan Peliharaan, Amankah?

Sama seperti manusia dan hewan lainnya, burung peliharaan memiliki kebutuhan untuk bersosialisasi. Jika burung adalah satu-satunya dari jenisnya di rumah kamu, ada baiknya untuk membuatkan tempat di mana mereka dapat berinteraksi dengan manusia lain. Burung kamu akan merasa lebih baik jika berada di antara manusia dan tidak akan merasa kesepian atau terisolasi. Ini akan membuat mereka menganggap dirinya sebagai bagian dari keluarga.

Kamu juga perlu merawat kandang burung secara khusus. Kandang kotor bisa mempengaruhi kesehatan burung peliharaanmu. Kamu dapat membersihkan dan mensterilkannya setiap minggu untuk mencegah burung kamu sakit. Kemudian, bawa mereka ke dokter hewan setiap satu atau dua bulan untuk memastikan kesehatan mereka.

Kandang kotor bisa mempengaruhi kesehatan burung. (Foto: Unsplash/Duy Hoang)
Kandang kotor bisa mempengaruhi kesehatan burung. (Foto: Unsplash/Duy Hoang)

Kamu juga harus mengganti air dan makanannya setiap hari untuk memastikannya mengonsumsi makanan yang sehat dan bebas dari bakteri. Jika burung kamu menjadi lesu atau jika kamu melihat perubahan nafsu makan atau tinja, segera bawa mereka ke dokter hewan untuk diperiksa.

Sama seperti orang-orang yang membawa anjing mereka untuk berjalan-jalan pada sore hari, burung juga membutuhkan waktu bermain dan berolahraga agar tetap sehat dan bahagia. Penting untuk mendapatkan mainan yang menyenangkan dan membuat mereka tetap terhibur. Kamu perlu memastikan bahwa mainan yang kamu dapatkan untuk burung kamu cukup ringan, berwarna-warni, dan kecil. Burung suka mengunyah mainan mereka sehingga kamu perlu untuk mendapatkan mainan yang tidak beracun dan cukup tahan lama. (Tel)

Baca juga:

Liburan Jalan, Peliharaan Aman

#Tips
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan