Kecantikan

Ketahui Cara Menata Rambut Sesuai Jenisnya

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Sabtu, 20 Agustus 2022
Ketahui Cara Menata Rambut Sesuai Jenisnya
Ketahui cara menata rambut yang cocok dan sesuai dengan jenis dan tekstur rambutmu. (Unsplash/Adam Winger)

RAMBUT kusut, bercabang, dan susah diatur adalah masalah banyak orang. Terutama bagi kamu yang memiliki rambut panjang. Kalau sudah bermasalah begitu, akan ada biaya tambahan untuk mengembalikan rambut seperti sediakala. Permasalahan itu umumnya muncul lantaran kesalahan menata rambut.

Sebenarnya masalah tersebut dapat dihindari bila kamu tahu cara menata rambut yang cocok dan sesuai dengan jenis dan tekstur rambutmu. "Memahami jenis rambut merupakan kunci untuk meningkatkan tekstur rambutmu dan menemukan rutinitas penataan rambut yang cocok dan tepat untukmu," tulis Instyle.

Perbedaan jenis dan tekstur rambut akan menghasilkan cara perawatan yang berbeda pula. Jadi kamu wajib mengetahui jenis rambutmu sendiri walaupun itu tidak mudah.

Jenis rambut lazimnya tergantung pada bentuk folikel rambut di kulit kepalamu. Folikel ini terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Mulai dari folikel rambut lurus hingga folikel oval yang menciptakan rambut bergelombang dan keriting.

Coba perhatikan seksama rambutmu dulu. Nah, setelah tahu apa jenis dan tekstur rambutmu, yuk simak cara menata rambut berdasarkan jenis rambut berikut ini.

Baca juga:

4 Updo untuk Pemilik Rambut Tipis Biar Tidak Mati Gaya

menata rambut sesuai jenisnya
Rambut lurus cenderung rentan berminyak. (Pexels/Pixabay)

1. Rambut Lurus


Tipe rambut ini cenderung lebih rentan berminyak. Jadi penting bagimu untuk menyeimbangkannya dengan melakukan perawatan rambut.

Rambut lurus alami seringkali memiliki tekstur halus tipis yang tidak bervolume. Jadi ada baiknya kamu mengusahakan memotong rambut dengan banyak lapisan. Lantaran jenis rambut ini cenderung berminyak, ada baiknya menghindari keramas berlebihan.


2. Rambut Bergelombang

menata rambut sesuai jenisnya
Rambut bergelombang memiliki tekstur yang ringan. (Pexels/Tim Mossholder)

Tipe rambut ini terbilang memiliki tekstur yang paling ringan. Dengan rambut yang tidak terlalu lurus dan tidak terlalu keriting, kamu lebih mudah bermain-main dengan banyak gaya rambut yang berbeda-beda. Namun, rambut bergelombang terbilang mudah untuk kusut.

Baca juga:

Pilihan Jenis Kain Sarung Bantal Pengaruhi Keindahan Rambut


3. Keriting

menata rambut sesuai jenis
Rambut keriting cenderung lebih kasar. (Pexels/Marcelo dias)


Cara terbaik untuk menjaga ikal tetap utuh adalah dengan membiarkannya tetap kering. Rambut keriting cenderung jauh lebih padat dan juga kasar.

Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan deep conditioning seminggu sekali untuk menjaga kelembapan dan elastisitas rambut. Menyisir rambut dari akar ke bawah akan merusak rambut dan membuat ujung rambut menjadi bercabang.


4. Keriting dan Bervolume

menata rambut sesuai jenis
Rambut keriting dan bervolume merupakan rambut yang paling serbaguna. (Pexels/Godisable Jacob)

Rambut keriting dan bervolume merupakan rambut yang paling serbaguna karena dapat diubah-ubah menjadi tampilan yang bervolume dan afro seiring berjalannya waktu. Setelah membersihkan rambut dan keramas, ikuti dengan mengatur rambut pada saat basah dengan menggunakan rol dan gunakan pengering rambut. Arkian kering, gunakan minyak rambut dan rol untuk mendapatkan ikal yang sempurna. (yos)

Baca juga:

Tren Butterfly Haircut Membuat Rambut Lebih Bervolume

#Perawatan Rambut
Bagikan
Bagikan