Pria, Please, Jangan Lakukan ini pada Rambutmu Pria tanpa sadar melakukan kebiasaan buruk pada rambut.(Foto: Unsplash/Adam Sherez)

TANPA disadari, banyak pria ternyata cukup kesulitan mengurus rambut mereka. Mulai dari memilih produk yang salah, menggunakan terlalu banyak produk yang sebenarnya tidak cocok, hingga menggunakan produk untuk menciptakan gaya yang tidak seharusnya. Hal itu membuktikan bahwa ada banyak ruang untuk melakukan kesalahan.

Laman Fashion Beans meminta sejumlah ahli rambut untuk membeberkan beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan pria dengan rambutnya.

Baca juga:

Pria, Pilihlah Potongan Rambut yang Sesuai Bentuk Wajah

1. Memilih Gaya Rambut yang tidak Cocok

1
Jujur dengan diri sendiri (Foto: Unsplash/mostafa meraji)

Kamu mungkin sering terinspirasi dan mengikuti beragam gaya rambut keren. Namun, model itu belum tentu cocok untuk kamu. "Sayangnya, tidak semua orang dianugrahi rambut bergelombang dan tebal yang mirip dengan model dan superstar," kata Direktur Kreatif Ruffians, Denis Robinson.

Untuk itu, Robinson menyarankan kamu untuk benar-benar jujur dengan diri sendiri dalam memilih model rambut yang cocok.

2. Terlalu Hemat untuk Perawatan Kulit Kepala

2
Penting merawat kesehatan rambut.(Foto: Unsplash/ANDI WHISKEY)

Tidak masalah jika kamu rajin mencuci rambut. Namun, semuanya akan sia-sia jika kamu tidak merawat kulit kepala dengan benar. "Sangat penting kulit kepala juga dirawat untuk memastikan kesehatan rambut yang optimal," kata penata rambut Aveda Master Barber, Stelios Nicolaou.

Bagi kamu yang acap mengoleskan wax atau gel untuk menata rambut, langkah itu membuat kotoran sehari-hari di rambut susah hilang. Hal itu dapat menyebabkan rambut kamu menjadi kering, iritasi, dan bahkan berketombe.

Baca juga:

5 Persiapan bagi Pria yang Ingin Rambut Panjang

3. Menggunakan Produk Terlalu Banyak

3
Hindari penggunaan banyak produk. (Foto: Unsplash/Jeroen der Otter)

"Terlalu banyak menggunakan produk rambut tidak akan pernah bikin rambut kamu terlihat bagus. Malah menjadi bukti kalau kamu tidak paham dengan apa yang kamu lakukan terhadap rambut kamu," kata Robinson.

Menurut Robinson, memakai terlalu banyak produk untuk rambut seperti memakai terlalu banyak cologne untuk menutupi sesuatu aroma yang tidak enak.


4. Mewarnai Sendiri Rambut Beruban

4
Hindari melakukan secara mandiri. (Foto: menshealth)

Bosan dengan efek penuaan dengan tumbuhnya banyak uban? Atau mungkin kamu hanya menyukai perubahan? Apa pun alasan kamu untuk mewarnai rambut, ada cara yang lebih tepat untuk melakukannya. Tidak dilakukan sendirian di dalam rumah dalam keadaan gelap.

Pakar perawatan rambut pria Sassoon, Joshua Gibson, mengatakan kesalahan klasik yang sering terjadi ialah pemutih membuat rambut kuning kenari, rambut yang diwarnai terlalu gelap atau rata untuk warna kulit apa pun, atau nada warna hangat yang terlihat abu-abu dan membuatnya tampak bercahaya. "Mewarnai rambut sendiri memang sesuatu pekerjaan yang sulit," katanya.

5. Berdamai dengan Kekurangan Kamu

5
Banyak yang ingin menyembunyikan kekurangan.(Foto: Unsplash/Sholto Ramsay)

Melambatnya pertumbuhan rambut merupakan fakta kehidupan yang tidak menguntungkan. Lebih disayangkan ialah kegagalan untuk meresponsnya dengan cara yang benar. "Banyak pria menumbuhkan rambut di bagian depan kepala mereka untuk menyembunyikan kebotakan mereka. Namun, solusi itu sebenarnya memiliki efek sebaliknya, membuat bagian kepala yang botak lebih jelas terlihat," kata penata rambut selebritas Jamie Stevens. (lgi)

Baca juga:

Pilih Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah

Kredit : leonard


Leonard G.I