5 Persiapan bagi Pria yang Ingin Rambut Panjang Memanjangkan rambut bagi pria bukan hal yang muda. (Foto: Unsplash/ihor)

MEMANJANGKAN rambut bagi pria bukan hal yang mudah dan bisa dilakukan begitu saja. Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, misalnya dari segi pendidikan kalau kamu masih sekolah, atau karena larangan keluarga.

Nah, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan atau dilakukan sebelum seorang pria mulai memanjangkan rambut.

Baca Juga:

Jadi Tren Fashion, ini Plus Minus Pakai Tas Transparan


1. Ketahui model rambut yang diinginkan

Trivia1_ketahui model seperti apa yang kamu inginkan _foto by unsplash (Hannes wolf)
Ketahui model seperti apa yang kamu inginkan. (Foto: Unsplash/Hannes wolf)

Perhatikan terlebih dahulu model rambut yang cocok dengan bentuk muka kamu. Model rambut bisa juga disesuaikan dengan memperhatikan tipe rambut yang kamu miliki terlebih dahulu, seperti rambut bergelombang, lurus, dan kriting.


2. Pertimbangkan bentuk wajah kamu

Trivia2--kenali-bentuk-wajah-anda-jangan-sampe-salah--foto-by-merahputih-(kiel)
Kenali bentuk wajah kamu, jangan sampe salah. (Foto: merahputih.com/kiel)

Potongan rambut akan memberi nilai lebih atau mengurangi fitur wajah kamu. Misalnya, model shags dapat menyamarkan telinga atau hidung besar. Sementara potongan panjang tanpa tekstur atau layer tidak mengubah apa-apa selain malah semakin menonjolkannya.


3. Hindari tekanan

Trivia3_ jangan stress saat menentukan hal ini. (Foto: Pixabay/Anestiev)
Hindari tekanan pada rambut panjang. (Foto: Pixabay/Anestiev)

Hindari tekanan pada rambut panjang kamu. Ini artinya, kamu tidak boleh mengeringkan rambut dengan cara digosok menggunakan handuk seperti yang selama ini dilakukan.

Kamu harus mulai mengeringkan dengan cara menyatukan rambut lalu memerasnya dengan lembut sampai kelembapan berlebih hilang dari rambut.

Hindari juga pengeringan menggunakan hairdryer terlalu sering. Jangan juga menyisir rambut dalam keadaan basah. Ini bisa menyebabkan rambut mudah rontok dan patah.

Baca Juga:

Persiapan yang Wajib Dilakukan Calon Pengantin Perempuan, Jangan Terlewat Ya


4. Gunakan kondisioner

Trivia4_ jangan terlalu sering kermas_ foto by pixabay (Jackmac34)
Jangan terlalu sering keramas. (Foto: Pixabay/Jackmac34)

Kalau kebiasaan kamu saat ini keramas setiap hari, hentikan. Terlalu sering keramas dapat membuat rambut kering, rambut kering menjadikannya lemah, dan rambut kamu membutuhkan kekuatan.

Jadi fokuslah pada penggunaan kondisioner untuk membangun kekuatan itu. Kamu bisa melakukannya setiap hari, namun jagalah agar keramas hanya 2 atau 3 kali seminggu.

Selain itu, bukan berarti kamu harus melewatkan jadwal memangkas rambut hanya karena menginginkan rambut panjang. Ketika sudah waktunya untuk dipangkas, lakukan setiap 2 hingga 3 bulan sekali. Bagian dipangkas adalah ujung rambut bercabang dan mempertahankan bentuk rambut lain.


5. Tinggalkan pomade

Hindari pomade dan wax ketika rambut kamu sudah panjang. (Foto: Pixabay/alehidalgo)
Hindari pomade dan wax ketika rambut kamu sudah panjang. (Foto: Pixabay/alehidalgo)

Pomade, wax, dan gel dirancang untuk mereka yang berambut pendek. Ketika sudah mendapatkan rambut yang lebih panjang, kamu perlu menggantinya dengan krim perawatan, serum, atau kondisioner tanpa bilas untuk mengatur rambut. Produk-produk tersebut memang dirancang untuk mereka yang memiliki rambut sedang hingga panjang sehingga tidak memberatkan rambut.

Kunci dari memanjangkan rambut bagi pria adalah kesabaran. Sabar dalam menjalani proses karena dalam proses tersebut rambut dalam fase tidak berbentuk atau beraturan jika ingin mendapatkan rambut yang tak sekadar panjang namun kuat dan sehat. Bersabarlah. Selamat mencoba! (Iel)

Baca Juga:

Beberapa Kesalahan 'Makeup' yang Bikin Kamu Lebih Tua



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH