Keriput Mulai Muncul? Atasi dengan Cara Ini Keriput akan datang kala bila waktu sudah menua. (Foto: Unsplash/Amir Hanna)

USIA boleh tambah tua, tapi penampilan tetap harus dijaga sist! Selain kondisi kesehatan, kondisi fisik juga lambat laun akan berubah. Kekencangan kulit pun berkurang. Keriput mulai bermunculan di mana-mana.

Melansir dari healthline.com, proses penuaan secara natural akan menimbulkan keriput di sepanjang permukaan kulit. Biasanya yang paling parah berkeriput adalah bagian yang sering terkena sinar matahari seperti wajah, leher, dan tangan. Keriput mulai muncul di usia 40-an karena di usia itu lah kulit kehilangan kelembaban dan ketebalan lapisannya. Tetapi jangan khawatir, kulit keriput tetap bisa ditangani dengan perawatan yang tepat.

Baca Juga:

Pertolongan Pertama Pada Iritasi Kulit

1. Pijat

wajah
Mulai rutin pijat wajah. (Foto: Pixabay/KaiMiano)


Memijat wajah yang sudah mulai keriput merupakan salah satu trik jitu memperlambat proses penuaan. Semakin bertambah usiamu, metabolisme di dalam tubuh semakin tidak optimal. Begitu pun dengan aliran darah. Kulit akan kekurangan nutrisi ketika tidak ada aliran darah dan oksigen. Kamu bisa melancarkan peredaran darah sekitar wajah dengan rutin pijat menggunakan face roller.


2. Vitamin C

wajah
Gunakan produk yang mengandung vitamin C tinggi. (Foto: Pixabay/pixel2013)

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan tinggi yang mampu menutrisi kulit. Masukan produk skin care yang mengandung vitamin C di dalam rangkaian rutinitas perawatanmu setiap hari. Tambahan suplemen vitamin C juga sangat dianjurkan. Kulit akan sehat dari luar dan dalam. Keriput pun enggan untuk datang.

Baca Juga:

Awas 4 Benda Ini Bikin Kulit Wajah Rusak, Salah Satunya Ponsel

3. Sunblock

wajah
Wajib menggunakan sunblock setiap hari. (Foto: Pixabay/chezbeate)


Paparan sinar UV dari matahari sangat berpotensi merusak kulit. Kamu wajib menggunakan sunblock agar kekenyalan kulit wajah tetap terjaga. Walaupun kamu sedang tidak berencana pergi ke luar rumah, sunblock tetap harus digunakan karena cahaya matahari bisa masuk melalui jendela rumah.

4. Pelembab

wajah
Gunakan pelembab secara berkala. (Foto: Pixabay/chezbeate)

Kulitmu akan kekurangan kelembapan ketika sudah memasuki usia lanjut. Untuk itu kamu wajib merawatnya dengan cara rutin menggunakan pelembap setelah mandi di pagi hari. Jika kulitmu mulai kering di siang hari, oles kembali pelembap ke permukaan kulit. Keriput akan berangsur-angsur menghilang. (mar)


Baca Juga:

Kulit Gelap Bikin Enggak Pede? Keren Kok!



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH