Kenapa K-pop Bisa Mendunia? Penataan konsep dan visual yang menarik kunci K-pop bisa Mendunia. (Foto: Pinterest/newslivedoor.com)

SEBAGIAN besar orang pasti pernah mendengar lagu-lagu Korean pop atau K-pop dalam hidupnya. Ternyata banyak juga yang menjadi penggemar dan biasa disebut sebagai K-Popers. Musik Korea yang cenderung energik memang cocok terutama bagi mereka yang masih muda.

Penataan konsep dan visual yang menarik juga menjadi salah satu kunci bagaimana musik Korea pada akhirnya bisa sangat mendunia.

Baca Juga:

Inilah 20 Girl Band Korea dengan Reputasi Terbaik di Juli

Melansir dari Vox.com, K-pop bisa menjadi sangat populer karena ciri khasnya dalam menata melodi yang ear-catching atau melodi adiktif. Sehingga, setiap orang yang mendengar menjadi terngiang-ngiang dan lama-lama menjadi penggemar.

Kira-kira apa ya yang menyebabkan K-pop bisa mendunia seperti saat ini? Yuk intip ulasan berikut.

1. Konsepnya beragam

Trivia 1 _ Konsepnya beragam (Foto_ Pinterest_ kstarlive.com)
Konsep musik K-pop sangat beragam. (Foto: Pinterest_/kstarlive.com)

Kalian yang menonton video klip dari para idol Korea pasti tidak akan pernah bosan. Mereka pintar dalam menata visualisasi beserta konsepnya. Selain karena kualitas musiknya yang memang top, mereka sangat memperhatikan produk visual. Video klip K-pop cenderung colorful sehingga matamu akan dimanjakan dengan ragam kreativitas.

2. Target pasar

Trivia 2 _ target pasar (Foto_ Pinterest_mtv.com)
Target pasar K-pop anak-anak muda. (Foto: Pinterest/mtv.com)

Salah satu hal yang bisa membuat musik menjadi populer adalah memperhatikan target pasar. K-pop tahu betul cara menargetkan pasar dengan membidik para anak muda yang masih berjiwa energik dan penuh semangat. Kebanyakan K-pop memang lagu yang nge-beat dan asyik untuk didengar sambil menari.

Baca Juga:

Hitung-Hitung, Begini Pembagian Penghasilan antara Selebritas Korea dan Agensi

3. Gabungan dari beberapa genre

Trivia 3 _ Terdiri dari beberapa genre (Foto_ Pinterest_theodysseyonline.com)
K-pop terdiri dari beberapa genre. (Foto: Pinterest/theodysseyonline.com)

Perlu kamu ketahui ternyata K-pop merupakan gabungan dari beberapa genre populer seperti R&B dan rap. Hal inilah yang kemudian memungkinkan K-pop mudah diterima di lapisan masyarakat negara mana pun. Sesuatu yang digabung memang dapat menghasilkan kreativitas baru dan tak kalah keren.


4. Melalui drama Korea

Trivia 4 _ Melalui drama korea (Foto_ Pinterest_thesavvyscreener.com)
K-pop dikenal melalui drama Korea. (Foto: Pinterest/thesavvyscreener.com)

Para perempuan pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya drama Korea. Bahkan, ada sebutan khusus bagi drama korea yaitu drakor. Film-film Korea memang kualitasnya patut diancungi jempol. Dunia pun sudah mengakui bagaimana mereka dengan sangat baik mengemas sebuah film. Salah satu cara untuk semakin meracuni dunia dengan K-pop adalah melalui drakor. Karena akan diputar terus menerus di beberapa scene yang kemudian membuat penontonnya earworm. (Mar)

Baca Juga:

Menegangkan! Deretan Film Thriller Asal Korea Ini Diadaptasi dari Kisah Nyata


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH