Relasi

Kenali Perilaku Toxic Pasanganmu

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 26 September 2021
Kenali Perilaku Toxic Pasanganmu
Perilaku toxic pasangan. (Foto: Unsplash/Afif Kusuma)

KETIKA berada dalam sebuah hubungan, kamu mungkin sulit untuk membedakan kebiasaan dan sikap buruk pasangan yang dapat tergolong sebagai perilaku toxic. Hal ini mungkin terjadi, terutama saat kamu telah terbiasa dengan sikap pasangan karena terlalu lama menjalin hubungan.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui beberapa hal yang menjadi indikasi bahwa hubunganmu tidak sehat, seperti dilansir dari laman The Indian Express.

Baca juga:

Hidup Tenang tanpa Orang Toxic


Terlalu mengontrol

Kenali Perilaku Toxic Pasanganmu
Pasanganmu terlalu mengontrol. (Foto: Pexels/Rodnae)

Jika pasangan mulai mengendalikan setiap gerakanmu, ini bisa menjadi salah satu indikasi bahwa kamu sedang berada dalam hubungan toxic. Dalam menjalin sebuah hubungan, pasangan seharusnya mendukung satu sama lain untuk dapat berkembang.

Shahzeen Shivdasani, seorang pakar hubungan dan penulis buku Love, Lust & Lemons menjelaskan bahwa memberikan ruang dalam sebuah hubungan menjadi sesuatu yang penting. Dengan memberikan ruang kepada pasangan, kesempatan untuk mengembangkan hubungan yang lebih berkualitas juga meningkat.

Kunci utama dalam terciptanya hubungan yang sehat adalah saling mendukung satu sama lain. Dengan memberikan sedikit waktu sendiri untuk pasangan, hal ini dapat membuatnya menjadi versi terbaik dari dirinya.

Tidak jujur

Kenali Perilaku Toxic Pasanganmu
Kejujuran selalu jadi kunci utama hubungan sehat. (Foto: Pexels/Vera Arsic)

Berbohong menjadi salah satu hal yang merusak kepercayaan. Tanpa kepercayaan, hubungan yang sehat sulit untuk diwujudkan. Jika pasangan kedapatan terus-menerus berbohong, maka dia bukan lah orang yang tepat.

Sebab kejujuran dan keterbukaan dinilai menjadi faktor pendukung utama dalam mendorong adanya rasa saling melindungi, sehingga mendorong adanya hubungan yang sehat.

Baca juga:

Punya Teman Toxic? Enyahkan dengan Cara Ini

Saling bersaing

Kenali Perilaku Toxic Pasanganmu
Bukan mendukung melainkan saling bersaing. (Foto: Unsplash/Eric Ward)

Dalam menjalin hubungan, yang diperlukan adalah rasa saling mengerti dan menghargai. Pasangan seharusnya saling mendukung satu sama lain, dan ikut bahagia jika pasangannya mencapai kesuksesan. Jika pasanganmu terlihat tidak mau terlihat kalah dan egois, mungkin hubunganmu berada dalam kategori toxic.

Jika kamu merasakan bahwa pasangan menerapkan beberapa aspek di atas, akan lebih baik untuk segera menghindarinya. Sebab hubungan toxic bukan hanya berdampak dengan permasalahan mental, namun juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Southern California, menjalin hubungan yang toxic dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami penyakit jantung.

Hal ini disebabkan karena, perasaan tertekan dan kurang bahagia dalam menjalani hubungan membuat seseorang mengalami tekanan darah tinggi, obesitas, hingga menurunnya kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka. (cit)

Baca juga:

Toxic Masculinity, ketika Laki-Laki Dituntut Selalu Gagah

#Toxic #Hubungan Asmara #Pacaran #Pasangan #Relasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan