Musik
Memilih Gitar yang Tepat Bagi Pemula, Pentingkan Kualitas Suara Kenali tips memilih gitar yang tepat (Foto: Pixabay/congerdesign)

GITAR merupakan salah satu alat musik yang banyak dipilih orang untuk bermain musik. Namun, kalau mau membeli gitar jangan asal-asalan. Pilihlah gitar yang tepat bagi kamu dan kamu sukai.

Sebelum memutuskan untuk membeli gitar, sebaiknya membaca referensi yang dikutip dari laman lifehacker.

Baca Juga:

Gitar Radix dari Tangerang ke Dunia

musik
Pilihlah gitar sesuai dengan kebutuhanmu. (Foto: Pixabay/coyot)

Pertama kamu harus memutuskan ingin membeli gitar listrik atau akustik. Bila kamu bukan seorang instrumentalis dan kamu baru mulai bermain musik dengan gitar, sebaiknya membeli gitar akustik.

Gitar akustik tidak membutuhkan banyak perangkat tambahan lainnya. Hanya gitar dan genjreng gonjreng, kamu langsung bisa memainkannya. Sementara gitar listrik, kamu memerlukan amplifire, kabel, pedal board dan beberapa aksesori lainnya. Tentunya biaya yang dibutuhkan pun lebih besar.

kalau toh kamu memilih memainkan gitar listrik maka kamau harus menentukan jenis dan aliran musik yang ingin kamu kuasai. Bagi kamu yang sudah mahir, tentunya gitar listrik akan sangat menarik, karena bisa melakukan banyak eksperimen suara dan bunyi.

Sementara untuk gitar akustik, kamu bisa memilih antara senar nilon dan string. Untuk senar string memiliki bahan yang lebih keras di tangan di banding nilon. Di sisi lain, senar string bisa memperkuat ujung jari kamu, dan membuat kapalan jemari. Gitar dengan tali nilon lebih mudah dipegang dan dimainkan.

Kemudian pilihlah ukuran gitar yang tepat. Yang paling baik adalah menyesuaikan dengan postur tubuhmu. Perusahaan pembuat gitar biasanya menyediakan berbagai gitar dengan beragam ukuran. Apabila kamu ragu-ragu atau bingung dalam memilih ukuran. Mintalah saran pada penjaga toko untuk merekomendasikan gitar yang sesuai dengan postur tubuh dan usiamu.

Ini yang paling penting, tentukan anggaran. Anggaran ini akan menentukan membeli gitar dengan spek terbaik sesuai dengan anggaranmu. anggaran yang ada di kocek kamu harus diakui menentukan kualitas gitar yang kamu beli. Namun kalau baru belajar bermain gitar sebaiknya ambil yang kualitas menengah.

Baca Juga:

Iwan Fals Duet dengan Nadin Amizah di Lagu 'Untukmu'

Jangan sekadar melihat model tapi juga perhatikan kualitas suara (Foto: Pixabay/michaelmep)

Kamu juga harus memilih gitar sesuai dengan genre musik yang kamu sukai atau ingin masuk di dalamnya. Suara memang subjektif, tetapi gaya dan genre musik tertentu bisa disesuaikan dengan gitar tertentu. Dalam hal ini kamu membutuhkan penelitian yang lebih mendalam. Lakukan riset atau bertanya pada teman-teman yang sudah lama bermain gitar.

Contohnya gitar Fender Jaguar yang sangat terkait dengan sub-genre rock indie. Kemudian Jackson flying V, yang cocok untuk genre cadas seperti hard rock atau heavy metal.

Bila ada gitar tertentu yang kamu incar, lakukan riset terlebih dahulu tentang merek dan model gitar yang kamu inginkan. Pastikan produk berkualitas bagus dan sesuai dengan keinginanmu. Kamu bisa membaca ulasan di internet atau pergi ke toko alat musik untuk bertanya-tanya.

Penting diketahui, kamu jangan membeli hanya karena estetika semata. Ini adalah penyakit gitaris pemula yang sangat antusias pada sisi estetikanya saja. Salah satu yang ahrus pahami adalah kualitas suara yang dihasilkan.

Perlu dicatat, bahwa kamu selalu bisa menempelkan stiker khusus pada gitar, atau di cat ulang. Namun bila kamu tidak puas dengan suaranya, cukup mahal untuk memperbaikinya. Karena itu, pastikan kamu puas dengan instrumen dan kemampuannya terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan semua elemen ekstramusikal.

Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan profesional. Apabila kamu tidak yakin melakukan beberapa tips diatas. Tanyakanlah pada temanmu yang sudah menjadi musisi profesional, khususnya gitaris. Karena, bersama ahlinya atau orang yang sudah berpengalaman, kamu akan mendapat saran yang baik untuk memilih gitar yang tepat. (Ryn)

Baca Juga:

Kolaborasi HIVI! dan Sejumlah Musisi Berbakat Hadirkan Single 'Memori'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
3 Tempat Wisata Terbaik dan Teraman di Filipina yang Wajib Dikunjungi
Fun
3 Tempat Wisata Terbaik dan Teraman di Filipina yang Wajib Dikunjungi

Filipina memiliki destinasi wisata yang sangat menarik.

Pengeran William Mengaku Suka Mendengarkan AC/DC
ShowBiz
Pengeran William Mengaku Suka Mendengarkan AC/DC

Pangeran William bahkan membeberkan cara menikmati lagu AC/DC.

John Cena Ikut dalam Film Coyote Vs Acme
ShowBiz
John Cena Ikut dalam Film Coyote Vs Acme

Film ini mengikuti kisah Coyote yang menggunakan produk ACME untuk menangkap Roadrunner.

Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Sepatu
Fun
Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Sepatu

Salah membeli sepatu, kaki yang menjadi korban.

Adidas Adistar, Sepatu Rancangan Pelari Profesional
Fashion
Adidas Adistar, Sepatu Rancangan Pelari Profesional

Bisa mendukung gerakan yang terus-menerus.

Bulu Samoyed yang Dijadikan Berbagai Produk Berguna
Fun
Bulu Samoyed yang Dijadikan Berbagai Produk Berguna

bulu Samoyed bisa dijadikan bahan benang untuk crochet, topi, syal, dan selimut.

Deretan Film Negeri Aing Paling Kontroversial
Hiburan & Gaya Hidup
Deretan Film Negeri Aing Paling Kontroversial

Dari sekian banyaknya film Indonesia yang diproduksi, ada sejumlah film kontroversial yang akhirnya ditarik dari peredaran setelah sempat tayang di bioskop.

Ali Sadikin, Dijuluki Gubernur Maksiat Karena Kramat Tunggak
Fun
Ali Sadikin, Dijuluki Gubernur Maksiat Karena Kramat Tunggak

Ali Sadikin membuat kebijakan yang sangat kontrovelsial melalui SK Gubernur DKI Jakarta No. Ca.7/I/13/1970 tanggal 27 April 1970.

Intel Resmi Meluncurkan Kartu Grafis Arc Series untuk Laptop
Fun
Intel Resmi Meluncurkan Kartu Grafis Arc Series untuk Laptop

Pengalaman bermain game akan terasa lebih maksimal.

4 Ras Anjing Paling Malas yang Cocok TInggal di Apartemen
Fun
4 Ras Anjing Paling Malas yang Cocok TInggal di Apartemen

Biasanya mereka lebih memilih untuk berpelukan denganmu di sofa