Kesehatan

Kenali Bahaya dan Cara Mencegah Penyakit Chikungunya Akibat Gigitan Nyamuk

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 10 Juli 2019
Kenali Bahaya dan Cara Mencegah Penyakit Chikungunya Akibat Gigitan Nyamuk
Waspadai penyebaran virus RNA yang mengakibatkan chikungunya (Foto: Pixabay/Fotoshop Tofs)

GIGITAN nyamuk Aedes Aegypti maupun Aedes Albopictus, menularkan virus yang dikenal dengan sebutan chikungunya atau flu tulang. Gejalanya diawali dengan nyeri otot, demam, mual, munculnya ruam dan nyeri tulang pada tubuh menandakan terjangkitnya virus RNA beruntai tunggal (parasit yang mengandung asam ribonukleat). Virus ini termasuk golongan genus alphavirus, di mana virus yang ditularkan melalui nyamuk. Virus ini menyebar di negara tropis dan pada usia tertentu.

Baca juga:

Waspada, Nyamuk di Sekitar Rumah Bisa Amat Berbahaya

Menurut World Health Organization (WHO), nyamuk jenis ini berkembang biak di daerah berair dan belum ada pengobatan antivirus secara khusus. Vaksin chikungunya belum tersedia secara komersial. Wabah ini dapat diminimalisir dengan cara-cara sederhana. Jangan khawatir, untuk menghindari wabah virus ini bisa kamu lakukan dengan cara berikut ini.

1. Lakukan 3M

Kenali Bahaya Chikungunya Akibat Gigitan Nyamuk di Sekitar Kita
Menerapkan 3M (Menutup, menguras dan mengubur) sebagai upaya pencegahan virus chikungunya (Foto: Pixabay/Walkersalmanac)

Langkah penting yang wajib kamu lakukan di rumah dengan menerapkan 3M, yakni menutup saluran-saluran yang berpotensi mencemari lingkungan, menguras penampungan air secara rutin untuk menjaga kebersihan lingkungan, dan mengubur benda-benda yang tidak terpakai dan berpeluang menampung genangan air.

2. Manfaatkan essential oil beserta diffusernya

Kenali Bahaya Chikungunya Akibat Gigitan Nyamuk di Sekitar Kita
Memanfaatkan alat uap essential oil guna mencegah terjangkit penyakit chikungunya (Foto: Pixabay/Asundermeirer)

Mengaplikasikan essential oil bisa mencegah permasalahan akibat gigitan nyamuk. Alternatif pengaplikasiannya bisa melalui udara dengan menggunakan alat uap bernama diffuser. Mencampurkan varian essential oil purification, peppermint, valor, dan thieves ke dalam uap air bisa mencegah gigitan nyamuk.

Baca juga:

5 Tanaman Ampuh untuk Mengusir Nyamuk, Kamu Sudah Coba?

3. Gunakan cairan anti-nyamuk

Kenali Bahaya Chikungunya Akibat Gigitan Nyamuk di Sekitar Kita
Gunakan losion anti-nyamuk sebagai pencegahan (Foto: Pixabay/Chezbeate)

Pencegahan sederhana yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan obat ataupun losion anti-nyamuk. Pastikan produk yang kamu oleskan tidak menimbulkan iritasi pada kulit tubuh. Umumnya, cairan anti-nyamuk mengandung DEET (N,N-diethylmetatolumide) yang efektif untuk mengusir serangga.

Baca juga:

Gara-Gara Hal ini, Kamu Jadi Sasaran Empuk Nyamuk

4. Kenakan pakai berwarna cerah

Kenali Bahaya Chikungunya Akibat Gigitan Nyamuk di Sekitar Kita
Gunakan pakaian cerah dan longgar untuk mencegah gigitan nyamuk (Foto: Pixabay/Mikes Photo)

Umumnya, nyamuk menyukai lingkungan yang gelap. Hindari penggunaan pakaian yang gelap dengan berbusana warna cerah. Nyamuk juga bisa menggigit yang menembus pakaian tebal.

Baca juga:

11 Rahasia yang Nyamuk Tidak Ingin Manusia Ketahui

Kenakan pakaian longgar untuk menghindarinya. Lakukan pencegahan sedini mungkin. Lebih baik mencegah munculnya masalah daripada mengobati. (dys)

#Chikungunya #Nyamuk #Penyakit
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan