Waspada, Nyamuk di Sekitar Rumah Bisa Amat Berbahaya Ada ratusan nyamuk yang berkeliaran di lingkungan manusia. (foto: Pixabay/41330)

BUKAN cuma nyamuk penyebab DBD yang mesti kamu waspadai. Ternayata banyak jenis nyamuk di sekitar kamu juga membawa penyakit berbahaya.


1. Jumlahnya ratusan

mosquito
Indonesia punya 457 jenis nyamuk. (foto: pixabay/ZoranD)


Seperti dilansir Antara, Indonesia punya 457 jenis nyamuk. Sebagian kecil dari jumlah itu ternyata bisa mengganggu kehidupan kamu. Dari yang paling ringan menimbulkan rasa sakit, sampai kematian.

2. Nyamuk muncul karena ulah manusia

bucket
Air bersih dalam penampungan bisa jadi tempat berkembang biak nyamuk. (foto: pixabay/jacksellair)

Penyebaran nyamuk ternyata amat terkait dengan aktivitas manusia. Kepala Unit Kajian Pengendalian Hama Permukiman (UKPHP) IPB, Prof drh Upik Kesumawati Hadi, MS, di Jakarta, mengatakan nyamuk yang menganggu hidup di permukiman manusia. Hal itu disebabkan manusia menyediakan tempat hidup untuk nyamuk.

"Sebagian kecil hidup di permukiman manusia, karena manusia menyediakan tempat hidup untuk nyamuk. Seperti tampungan air dan ventilasi buruk. Itu menjadi daya tarik nyamuk datang dan berkembang biak," jelasnya.

3. Beberapa jenis yang berbahaya

culex
Nyamuk culex jadi vektor penyebab kaki gajah. (foto: the scientist magazine)

Ada beberapa jenis nyamuk yang bisa berbahay bagi manusia. Bahkan hingga mengancam nyawa.

- Aedes aegypti

Nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD) ini kembali populer belakangan. Ciri nyamuk ini belang putih di bagian tubuh atas. Nyamuk ini aktif di permukiman manusia pada pagi hingga sore hari.


- Aedes albopictus

Nyamuk berciri khas garis putih di bagian tubuhnya ini banyak berkeliaran di luar rumah.


-Culex

Nyamuk culex yang biasanya aktif waktu sore hingga pukul 24.00. Upik mengatakan ciri khas nyamuk ini ialah warna tubuh cokelat kemerahan. Culex merupakan vektor filariasis, penyabab kaki gajah.

"Jakarta dan Bogor itu endemis filariasis. Berbeda dengan Aedes yang bertelur di wadah jernih, culex banyak bertelur di selokan dan air menggenang," tutur dia.


-Anopheles

Jenis nyamuk ini merupakan vektor penyakit malaria. Nyamuk ini cenderung akan menungging saat menghisap darah. Anopheles banyak ditemukan di perdesaan.

- Mansonia uniformes

Nyamuk ini punya ciri belang-belang cokelat dan putih, serta sayap bersisik seperti daun asimetris. "Ini vektor filariasis di perdesaan. Habitatnya di kolam yang ada tanaman airnya, misalnya eceng gondok. Larva mengambil oksigen dari genangan air," jelas Upik.


- Armigeres subalbatus

Berbeda dari jenis nyamuk lainnya, nyamuk ini bukan vektor penyakit. Namun, bagian mulutnya yang melengkung ke bawah dan ukurannya besar membuat korban gigitannya merasakan sakit luar biasa. Itulah yang bikin nyamuk ini merupakan jenis pengganggu.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH