Kenali 7 Arti Logo Daur Ulang Plastik Simbol daur ulang pada kemasan sangat penting untuk diketahu yang aman dan yang tidak bisa digunakan kembali. (Foto: Pexels/Artem Podrez)

SETIAP wadah plastik atau botol yang kita gunakan pasti memiliki simbol daur ulang. Lambang daur ulang ini adalah angka, dari 1 sampai 7, dalam segitiga panah. Simbol ini memberikan banyak informasi mengenai bahan kimia beracun yang digunakan dalam plastik, seberapa besar kemungkinan plastik mencemari lingkungan, bagaimana bio-degradable (penguraian) plastik, dan bagaimana keamanan plastik.

Dilansir dari laman Doktersehat, lambang daur ulang plastik yang wajib kita tahu, gunakan panduan ini untuk mencari tahu lambang yang berbeda pada setiap kemasan plastik. Sekaligus untuk melihat apakah plastik yang kamu pakai dapat didaur ulang atau tidak. Berikut adalah beberapa informasi tentang berbagai logo daur ulang dan nomor daur ulang pada plastik.

Baca Juga:

Komitmen AMDK Terbesar Indonesia dalam Mengurangi Sampah Plastik

Plastik No.1 – PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)

plastik
Botol air biasanya digunakan kembali setelah dicuci. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Sebagian besar diambil oleh pemulung, dibersih dan digunakan untuk membuat botol soda dan air. Beberapa orang menganggapnya aman, tetapi jika dipergunakan terus, dikawatirkan menyebabkan penumpukan bakteri.

Kode pada botol ini biasanya banyak ditemukan pada botol soda, botol air, botol bir, wadah saus, botol obat kumur, dan selai kacang. Plastik no. 1 didaur ulang menjadi tas jinjing, furnitur, karpet, panel, serat, dan bulu polar.

Plastik No. 2 – HDPE (High Density Polyethylene)

plastik
Bahan plastiknya dapat didaurulang. (Foto: Pexels/Anete Lusina)

Plastik ini biasanya banyak diambil oleh pemulung untuk didaurulang. Kode botol plastik ini banyak ditemukan di dalam botol susu, wadah pembersih rumah tangga, botol jus, botol sampo, kotak sereal, botol deterjen, botol oli motor, kemasan yogurt, kemasan mentega, botol deterjen, botol jus, dan botol sabun mandi. Plastik ini dianggap aman dan memiliki risiko rendah dan dicuci kembali. Plastik dengan logo no. 2 biasanya didaur ulang menjadi pulpen, wadah daur ulang, meja piknik, bangku kayu, pagar, dan botol deterjen.

Plastik No. 3 – V atau PVC (Vinyl)

plastik
Bahan plastik ini dapat mengganggu kesehatan. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Plastik dengan logo ini biasanya jarang dikumpulkan oleh pemulung. Plastik ini dulu masih mengandung phthalate, yang terkenal dengan gangguan kesehatan, seperti keguguran kandungan. Lambang daur ulang plastik ini juga mengandung Diethylhydroxylamine (DEHA), yang bisa bersifat karsinogenik dengan paparan jangka panjang.

Kandungan DEHA juga dipercaya bisa mengurangi massa tulang dan menimbulkan masalah pada hati. Disarankan Jangan memasak atau membakar plastik ini. Plastik dengan lambang no. 3 biasanya terdapat pada botol sampo, kemasan makanan bening, botol minyak goreng, peralatan medis, berbagai macam jenis pipa, dan jendela. Dan biasanya didaur ulang menjadi panel, lantai, polisi tidur yang terbuat karet, geladak, dan selokan jalan.

Plastik No. 4 – LDPE (Polietilena dengan Densitas Rendah)

plastik
Tempat sampah yang terbuat dari daur ulang plastik. (Foto: Pexels/Matthis Volquardsen)

Biasanya paling banyak ditemukan pada botol, tas belanja, pakaian, karpet, makanan beku, tas roti, dan beberapa makanan yang mudah dibungkus. Pengepul sampah jalanan dulu belum banyak yang tahu apakah sampah ini bernilai atau tidak. Namun sekarang banyak yang mulai menerimanya. Plastik dengan logo ini biasanya didaurulang menjadi tempat sampah kompos, panel, tempat atau keranjang sampah, ubin lantai, dan amplop untuk pegiriman.

Baca Juga:

Ilmuwan Ciptakan Enzim Super yang Memecah Plastik Enam Kali Lebih Cepat

Plastik No. 5 – PP (Polipropilena)

plastik
Botol obat yang dapat didaurulang. (Foto: Unsplash/Christina Victoria Craft)

Banyak diterima oleh pengepul daur ulang pinggir jalan, lambang daur ulang plastik ini merupakan salah satu plastik yang lebih aman yang harus dicari. Biasanya logo plastik no. 5 ditemukan di wadah yoghurt, botol kecap, botol sirup, dan botol obat-obatan. banyak didaur ulang menjadi sapu, baterai otomatis, tempat sampah, palet, lampu sinyal, dan rak lipat.

Plastik No. 6 – PS (Polistirena)

plastik
Styrofoam adalah jenis plastik yang berbahaya. (Foto: Pixabay/arnolduspt)

PS adalah kode botol plastik yang berbahaya. Kandungan Polystyrene adalah styrofoam yang terkenal sulit didaur ulang, dan otomatis buruk bagi lingkungan. Plastik jenis ini juga dapat menimbulkan risiko kesehatan, paparan bahan kimia beracun, terutama saat dipanaskan. Sebagian besar pengepul sampah pinggir jalan tidak mau menerima sampah plastik jenis ini. Plastik dengan logo ini biasa ditemukan dalam compact disc (CD), karton telur, nampan daging, piring dan cangkir sekali pakai. biasanya didaur ulang menjadi karton telur, ventilasi, pengepakan busa, dan isolasi bangunan.

Plastik No. 7 – Lainnya

plastik
Kacamata hitam yang mengandung plastik beracun. (Foto: Pixabay/Nietjuh)

Semua resin plastik yang tidak sesuai dengan kategori lainnya ada pada kategori nomor #7. Ini adalah kantong campuran plastik yang termasuk polikarbonat, yang mengandung bisphenol-A beracun (BPA). Plastik ini harus dihindari karena mungkin mengandung zat yang dapat mengganggu hormon. Plastik jenis ini kerap dihubungkan dengan infertilitas, hiperaktif, masalah reproduksi, dan masalah kesehatan lainnya. Kode plastik yang berbahaya ini, biasa ditemukan dalam kacamata hitam, iPod, komputer, nilon, galon, dan bahan peluru. Plastik jenis ini didaurulang menjadi kayu plastik dan produk khusus lainnya.

Untuk mempermudah, Sebaiknya hindari menggunakan semua plastik jika bisa. Menggunakan tas belanja sendiri atau tote bag ketika belanja. Tapi paling tidak kita memerhatikan lambang daur ulang pada plastik: Hindari daur ulang simbol plastik 3, 6, dan 7. Sedangkan nomor 1 dianggap aman, namun sebaiknya hindari plastik ini.

Carilah plastik yang memiliki simbol 2, 4, dan 5, karena ini kode botol plastik ini lebih aman dari pada simbol yang lain. Kebanyakan plastik dengan simbol ini yang harus digunakan dalam hal konsumsi manusia dan hewan. (rzk)

Baca Juga:

Koleksi Pakaian Terbaru Ini Terbuat dari Sampah Botol Plastik

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Zodiak yang Santai dan Bisa Bersahabat dengan Mantan
Fun
Zodiak yang Santai dan Bisa Bersahabat dengan Mantan

Inilah tiga zodiak yang baik-baik saja berteman dengan mantan mereka.

Mengapa Nama Kedai Kopi Made In Negeri Aing Puitis?
Hiburan & Gaya Hidup
Mengapa Nama Kedai Kopi Made In Negeri Aing Puitis?

Kenali beberapa hal penting sebelum kamu membuat nama brand, dan sebelu memulai sebuah bisnis

iPhone 13 Hadirkan Fitur Baru, Termasuk Perekaman Video Sinematik
Fun
iPhone 13 Hadirkan Fitur Baru, Termasuk Perekaman Video Sinematik

Kamera iPhone 13 akan hadir dengan fitur baru yang canggih.

5 Alasan Kenapa ‘The Uncanny Counter’ Wajib Ditonton
ShowBiz
5 Alasan Kenapa ‘The Uncanny Counter’ Wajib Ditonton

Serial ini menceritakan mengenai sekelompok pemburu roh jahat dengan kekuatan super yang berbeda-beda.

Survive Menghadapi Teman Fanatik K-Pop
Fun
Survive Menghadapi Teman Fanatik K-Pop

Setiap kali bertemu, yang diobrolkan selalu saja mengenai sang idola K-Pop.

Lorde Umumkan Jadwal Rilis Album Baru dan Tur Dunia 2022
ShowBiz
Lorde Umumkan Jadwal Rilis Album Baru dan Tur Dunia 2022

Album ini akan mengisahkan tentang alam semesta dan juga bumi

Lucky Pit Hadirkan Single Berbahasa Inggris
ShowBiz
Lucky Pit Hadirkan Single Berbahasa Inggris

single Fly Trapped, bercerita tentang konflik batin yang terjadi pada setiap manusia.

Lagi, 'The Simpsons' sudah Prediksi Perjalanan Richard Branson ke Luar Angkasa
ShowBiz
Lagi, 'The Simpsons' sudah Prediksi Perjalanan Richard Branson ke Luar Angkasa

peristiwa ini sudah pernah disaksikan penonton The Simpsons tujuh tahun sebelumnya.

Samsung Galaxy Buds Pro Dibanderol Rp2 Jutaan
Fun
Samsung Galaxy Buds Pro Dibanderol Rp2 Jutaan

Hadir dengan penambahan fitur yang lebih menarik dan premium.

'Blackpink The Movie' Rilis Agustus 2021 di CGV
ShowBiz
'Blackpink The Movie' Rilis Agustus 2021 di CGV

Blackpink The Movie merupakan bagian dari 4+1 PROJECT untuk menyambut hari jadi ke-5.