Kenali 5 Maksud Kebiasaan dari Kucingmu Tingkahnya sering membuat kita bingung (Foto: thewirecutter)

KUCING kadang-kadang bisa menjadi satwa yang paling membuat manusia bingung. Sulit untuk menebak suasana hati mereka atau mencari tahu apa yang mereka inginkan.

Nah, di masa seperti sekarang, yang mengharuskan berdiam diri di rumah, kamu bisa menghabiskan banyak waktu dengan kucingmu. Dengan begitu kamu berkesempatan lebih jauh mengenal kebiasaan mereka.

Menurut Daniel Cummings, manajer perilaku di Cats Protection, apa pun yang mereka inginkan mungkin tidak ada hubungannya sama sekali dengan diri kita.

Baca juga:

Mau Coba Sensasi Tidur di Alam Liar Sambil Menikmati Taburan Bintang di Langit?

"Seperti halnya kita akan berpikir yang terbaik untuk kehidupan kucing kita, ini bukan masalahnya," katanya kepada Insider. "Perilaku yang diperlihatkan kucing lebih sering tidak ada hubungannya dengan manusia. Justru banyak berhubungan dengan pola perilaku dan etologi bawaan kucing."

Namun, menurut pakar perilaku kucing, ada beberapa hal yang dilakukan kucing yang menunjukkan mereka merasa nyaman dan bahagia di sekitar pemiliknya. Apa saja itu?

1. Kucingmu membawakan sebuah hadiah

1
Belum tentu memiliki naluri memakan mangsanya (Foto: smithsonianmagazine)

Ketika kucing membawa hadiah kepada pemiliknya, seperti mangsa, itu pertanda mereka berpikir rumah kamu adalah tempat yang aman untuk menyimpannya nanti. Hal itu merupakan naluri kucing yang sudah ada sejak nenek moyang mereka.

"Beberapa kucing juga memperlihatkan perilaku berburu tetapi tidak memiliki naluri untuk memakan mangsa. Mereka hanya menangkap apa yang bergerak dan membawanya berkeliling, lalu di beberapa titik (biasanya di rumah), mereka menaruhnya," kata Cummings.

2. Mereka membangunkan kamu dengan mencakar

2
Terbiasa dengan waktu makan mereka (Foto: techacademy)

Clare Hamilton, dokter hewan di rumah sakit hewan, Pakar Spesialis Hamilton, mengatakan kepada Insider bahwa kucing biasa menabrak dan mencakar wajah pemiliknya untuk membangunkan mereka di pagi hari.

"Sebagian besar pemilik kucing mencatat bahwa ini terjadi pada waktu yang sama di pagi hari, jadi alih-alih menjadi tanda kasih sayang, itu adalah naluri alami kucing untuk diberi makan," katanya. "Kucing memiliki jam internal yang sangat akurat dan mengambil indikator waktu hari itu."

Jadi mereka akan terbiasa dengan waktu mereka biasanya diberi makan dan mengingatkan pemiliknya jika mereka melewatkannya.

Baca juga:

Jadwal Photoshoot Tetap Lancar Selama #DiRumahAja, Begini Caranya

3. Mereka pergi ke toilet, tetapi tidak ke nampan kotoran milik mereka

3
Merupakan satwa teritorial (Foto: nzherald)

Pemilik kucing biasanya berpikir jika kucingnya buang kotoran di luar nampan kotoran, itu merupanan bentuk hukuman darinya. Sayangnya hal tersebut salah.

"Entah ada masalah dengan area nampan kotoran, atau kucingmu sedang merasa stres, atau malah keduanya," kata Cummings. "Dan ini bisa menjadi masalah yang lebih besar bagi mereka, terlepas hal ini mungkin menyebalkan bagi kita."

Misalnya, kucing bisa memiliki masalah medis seperti infeksi saluran kemih, jadi pastikan kamu membawanya ke dokter hewan untuk memastikannya. Jika itu pertanda stres, maka menghukum kucing hanya akan memperburuknya. Setelah masalah teratasi, mereka biasanya akan mulai buang kotoran ke tempat yang disediakan lagi.

Selain itu, kucing suka menandai wilayah mereka dengan menyemprotkan air seni ke sekitar rumah mereka, kata Hamilton.

"Mereka menggunakan teknik ini untuk mengirim pesan kepada hewan lain bahwa mereka memiliki properti dan agar tidak mengganggu," katanya. "Ini bisa dilihat juga sebagai cara menunjukkan kasih sayang karena kucing merasa aman di berada di rumah dengan pemiliknya."

4. Mereka mengikuti kamu ke kamar mandi

4
Mereka pada dasarnya memiliki sifat penasaran (Foto: thepawzlab)

Menurut laman Meowingtons, kucing dapat mengikuti pemiliknya ke kamar mandi karena beberapa alasan. Mereka mungkin merasa rentan tanpa kamu, dan karena mereka melihat kamu sebagai 'sumber keselamatan dan kenyamanan mereka (serta makanan)'.

"Jadi, ketika kamu menghilang di balik pintu tertutup, mereka mungkin merasa kurang aman daripada biasanya dan karenanya mereka berusaha mencari kamu untuk terus memanfaatkan kenyamanan dan keamanan yang kamu berikan kepada mereka," tambah Meowingtons.

Kucing pada dasarnya juga penasaran, sehingga mereka mungkin hanya ingin mengikuti kamu berkeliling untuk melihat apa yang kamu lakukan. Mereka menganggap rumah sebagai wilayah mereka, jadi jika sebuah ruangan tertutup bagi mereka, mereka mungkin merasa ada sesuatu di sana yang mereka lewatkan.

5. Kucing kamu minum dari gelas milikmu

5
Penting untuk mengganti air minum setiap hari (Foto: drmartybecker)

Kucing menyukai air segar. Jadi, ketika kamu menuangkan air ke dalam wadah, itulah yang diinginkan kucing kamu. "Air segar penting untuk kucing, jadi penting untuk mengganti air dalam mangkuk setiap hari," katanya.

Jika mereka minum dari gelas kamu, itu mungkin karena mereka telah melihat kamu minum dengan itu sehingga mereka merasa aman untuk melakukannya.

Cummings menyarankan untuk meletakkan mangkuk air mereka kira-kira tidak lebih dari 1 meter di depan dinding daripada persis ditempelkan pada dinding.

"Menempatkan mangkuk sedikit di depan dinding berarti kucing dapat memposisikan diri mereka di antara dinding dan mangkuk dengan punggung menghadap ke dinding dan mereka masih bisa melihat ke bentangan ruangan sambil minum," katanya. (lgi)

Baca juga:

Jadi Chef Dadakan Karena #DiRumahAja? Yuk Ikuti Akun Medsos Ini

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH