Kesehatan

Kenali 5 Ciri-Ciri Anjing Sakit, Segera Bawa ke Dokter

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 04 Desember 2021
Kenali 5 Ciri-Ciri Anjing Sakit, Segera Bawa ke Dokter
Banyak pemilik yang tidak mengetahui hewannya sakit. (Foto: Unsplash/JC Gellidon)

SEDIH rasanya ketika kita melihat hewan peliharaan sedang sakit. Meski anjing tidak bisa menunjukkannya dengan keluhan atau kata-kata, kamu bisa mengenali ciri-ciri anjing sakit melalui berbagai gejala fisik serta perilaku dan penampilannya.

Banyak pemilik anjing yang mungkin tidak mengetahui tanda-tanda bahwa anjing kesayangannya sedang sakit. Mengutip laman Alodokter, Senin (29/11), berikut lima ciri-ciri anjing sakit.

Baca juga:

Apakah Normal Jika Anjing Mengorok Saat Tidur?


1. Kebiasaan makan yang aneh

Kenali 5 Ciri-Ciri Anjing Sakit
Tidak mau makan. (Foto: Unsplash/Ayla Verschueren)


Anjing yang sedang sakit biasanya nafsu makannya kurang, tidak seperti biasanya. Asalkan ia masih tampak aktif dan mau bermain, hal ini mungkin menandakan bahwa kondisinya masih baik-baik saja. Namun, jika anjingmu tidak makan selama dua hari atau lebih hingga tampak sangat lemas dan kelelahan, ini merupakan salah satu tanda yang jelas bahwa ia perlu diperiksa.

2. Perubahan perilaku

Kenali 5 Ciri-Ciri Anjing Sakit
Perilaku yang tidak seperti biasanya. (Foto: Unsplash/Erda Estremera)

Ciri-ciri anjing sakit bisa kamu kenali melalui perubahan perilaku. Sebagai pemilik atau pengasuh anjing, kamu tentu harus tahu rutinitas anjingmu dengan jeli. Dengan begitu, ketika ada perubahan perilaku yang tidak biasa atua menyimpang, kamu bisa langsung menyadarinya.

Misalnya jika anjing yang biasanya cerdas dan aktif saat digendong kemudian tiba-tiba lemas dan pendiam, kemungkinan besar ia mencoba memberi tahu kamu bahwa ia sedang sakit atau merasa tidak enak badan.

3. Rasa haus yang berlebihan

Kenali 5 Ciri-Ciri Anjing Sakit
Perhatikan berapa banyak anjingmu minum air. (Foto: Unsplash/Ryan Christodoulou)

Kamu harus bisa memperhatikan berapa banyak air yang biasa anjingmu minum setiap hari. Pasalnya, seekor anjing yang haus berlebihan dan minum lebih banyak air dari biasanya bisa menandakan bahwa ia sedang mengalami kondisi tertentu. Seperti kepanasan, dehidrasi, hingga diabetes.

Untuk mengecek apakah anjingmu minum terlalu banyak air. Kamu bisa melihat dari seberapa banyak air seni yang dikeluarkan anjing kesayanganmu atau seberapa sering kamu harus mengisi ulang mangkuk airnya.

Baca juga:

Mengulas Salah Satu Anjing Termahal di Von Haus JHL, Harganya Miliaran Rupiah!

4. Kotoran yang tidak biasa

Kenali 5 Ciri-Ciri Anjing Sakit
Kotoran anjing adalah indikator yang baik untuk melihat kondisi kesehatannya secara keseluruhan. (Foto: Unsplash/Nick Mundackal)


Kotoran anjing adalah indikator yang baik untuk melihat kondisi kesehatannya secara keseluruhan. Anjing yang sehat akan memiliki kotoran yang kecil, padat, dan lembab. Sebaliknya, kotoran anjing yang kering, keras, berdarah, atau berlendir bisa menjadi tanda penyakit tertentu.

Selain itu, jika anjingmu menyeret bokongnya ke lantai, ia mungkin menderita cacingan, penyumbatan atau infeksi kelenjar dubur, infeksi saluran kemih, atau diare.

5. Muntah

Kenali 5 Ciri-Ciri Anjing Sakit
Bisa muntah secara tiba-tiba. (Foto: Unsplash/Charles Deluvio)

Berbagai jenis hewan, termasuk anjing, biasanya akan muntah untuk menyingkirkan sesuatu yang tidak normal dari dalam sistem pencernaannya. Kamu harus waspada ketika anjingmu sering muntah, apalagi disertai muntah darah dan demam. Sama halnya seperti manusia, muntah yang parah bisa menyebabkan anjing mengalami dehidrasi. (and)

Baca juga:

Fakta yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui Tentang Anjing

#Hewan #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan