Kemendagri Pastikan Berita Tolak Perpanjangan Izin FPI Hoaks Massa Front Pembela Islam (FPI). Foto: net

MerahPutih.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan bahwa isu penolakan perpanjangan izin Front Pembela Islam (FPI) adalah hoaks. Saat ini, proses tersebut masih dievaluasi.

Sebelumnya beredar di media sosial yang mengabarkan bahwa Kemendagri menolak perpanjang izin organisasi besutan Habib Rizieq Shihab. Pernyataan itu viral di Youtube.

BACA JUGA: FPI Terancam Tak Diperpanjang, Rizieq Shihab Serahkan Kepada Tim Hukum

"Soal berita yang tengah viral di Instagram, YouTube maupun media sosial yang menyebutkan Kemendagri tolak perpanjangan izin FPI itu tidak benar alias hoax, karena hingga saat ini Kemendagri masih melakukan evaluasi," ujar Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar dalam keterangan tertulis, Rabu (10/7).

Massa Front Pembela Islam
Massa Front Pembela Islam (FPI). Foto: ANTARA/ Rahmad

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa saat ini FPI baru melengkapi 10 syarat dari 20 persyaratan yang harus dipenuhi.

"Laporan Dirjen kami dari 20 persyaratan baru diserahkan 10 persyaratan. Kan kami harus menunggu dulu dong, menunggu dulu persyaratan lengkap," tutup politikus PDIP itu.

BACA JUGA: FPI Belum Ajukan Perpanjangan Izin, Begini Sanksi dari Kemendagri

Izin FPI terdaftar dengan Nomor SKT 01-00-00/010/D.III.4/VI/2014. Masa berlaku surat keterangan terdaftar (SKT) FPI terhitung sejak 20 Juni 2014 hingga 20 Juni 2019. Kemudian FPI mengajukan perpanjangan SKT dan hingga saat ini masih dalam evaluasi Kemendagri. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH