Kelaq Sebie Sayur Cabai Rawit Khas Lombok Kuliner asal Lombok yang bercitarasa pedas. (Foto: Pixabay/sharonang)

LOMBOK memiliki kekayaan kuliner yang bisa memanjakan para food traveller. Selain tempat wisata baharinya yang sudah terkenal ke mancanegara, kuliner Lombok memang tak boleh terlewatkan ketika melancong ke sana.

Salah satu yang wajib kamu coba yaitu kelaq sabie. Kelaq sabie merupakan jenis sayur yang berbahan utama cabai. Cabai dijadikan sayuran ini yang membuat kelaq sabie masuk daftar kuliner terpedas dari Lombok.

Kuliner Lombok memang terkenal dengan citarasa pedasnya. Kelaq sabie diolah dari bahan cabai rawit yang dipotong-potong kecil.

Nama "sabie" dalam bahasa Sasak yaitu cabai. Kelaq sabie berarti sayur cabai. Sementara bumbu-bumbu lain cukup sederhana, seperti bawang merah dan putih, terasi, dan santan.

Cabai rawit. (Foto: Pixabay/StockSnap)
Cabai rawit. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Selain dijadikan sebagai sayuran, kelaq sabie juga ditambah dengan bahan lain seperti ikan atau sayuran lain. Misalnya kelaq sabi ditambah tongkol atau sayuran terung.

Meski ditambah dengan bahan lain, cabai tetap jadi bahan utama dengan porsi lebih banyak.

Pengolahan kelaq sabie tergolong mudah yaitu dengan cara memasak semua bumbu dan kemudian memasukkan bahan utama cabai rawit. Setelah itu kemudian ditambahkan santan. Kelaq sabi dimasak hingga santan mengental.

Nah, itu dia kelaq sabie yang legendaris sebagai kuliner pedas dari Lombok. Jangan sampai melewatkan kelaq sabie ketika berkunjung ke pulau wisata di timur Bali tersebut. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Kelaq Batih, Olahan Biji Buncis dan Daun Singkong Paling Maknyus

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH