Kelaq Batih, Olahan Biji Buncis dan Daun Singkong Paling Maknyus Kelaq batih khas Lombok. (Foto: facebook.com/travelwritergathering)

LOMBOK tak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang memesona. Pulau di timur Bali ini juga memiliki beragam kuliner tradisional yang bisa memanjakan para food traveller.

Salah satu yang jangan sampai kamu lewatkan yaitu kelaq batih. Kelak batih merupakan jenis sayur berbahan dasar biji buncis dan daun singkong yang bakal menggugah selera makan kamu.

Bahan biji buncis dipilih yang sudah tua, sedangkan daun singkong atau upi kayu yang masih muda. Perpaduan singkong, bungcis, dicampur dengan bumbu rempah yang kaya membuat sajian sayur istimewa.

Bumbu-bumbu masak. (Foto: Pixabay/Taken)
Bumbu-bumbu masak khas nusantara. (Foto: Pixabay/Taken)

Campuran bumbu rempah kelaq batih dalam bahasa Sasak disebut ragi beleq. Ragi belek terdiri beragam bumbu seperti cengkih, lengkuas, jahe, ketumbar, cabai, bawang merah, bawang putih, dan terasi. Semua bumbu dicampur dan dihaluskan.

Pembuatan kelaq batih tergolong sederhana. Biji buncis pertama-tama direbus hingga empuk. Setelah itu bumbu-bumbu halus ditumis hingga harum dan baru dicampurkan ke dalam rebusan biji buncis. Daun singkong dimasukkan terakhir atau bisa berbarengan dengan bumbu tumis.

Kelaq batih cocok disajikan dengan nasi putih. Makan menu sayuran saat berwisata ke Lombok tentu akan menjaga kesegaran dan kesehatan kamu.

Kelaq batih. (Foto: facebook.com/cunks.engs)
Kelaq batih yang wajib disantap. (Foto: facebook.com/cunks.engs)

Sayur kelaq batih layak masuk dalam daftar perjalanan kuliner kamu di Pulau Lombok. Selain jadi menu rumahan, kelaq batih juga dijual di rumah-rumah makan, meksi disebut kini sudah sulit ditemukan. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Manjareal Oleh-Oleh Wajib dari Sumbawa untuk Orang tercinta

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH