Manjareal Oleh-Oleh Wajib dari Sumbawa untuk Orang tercinta Manjareal oleh-oleh khas Sumbawa. (Foto: Instagram@singgasini)

JALAN-jalan ke suatu daerah jangan lupa membawa oleh-oleh untuk orang-orang tercinta di rumah. Buah tangan dari tempat melancong sebagai tanda bahwa kita masih mengingat keluarga saat berada di negeri orang atau saat tengah bersenang-senang.

Nah, kalau kamu ke Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), ada satu penganan khas bernama manjareal yang biasa dijadikan oleh-oleh. Manjareal tak boleh terlewatkan bagi kamu yang mencari oleh-oleh makanan dari Pulau Sumbawa.

Manjareal sangat unik dan cantik secara tampilan. Memiliki warna putih yang dibungkus secara apik dengan daun lontar. Manjareal dibungkus atau dicetak membentuk bunga dan masih memperlihatkan si kue.

Manjareal. (Foto: instagram.com/wi2488)
Manjareal terbuat dari kacang tanah. (Foto: instagram@wi2488)

Kue manjareal dibuat dari bahan utama kacang tanah yang dihaluskan. Kacang tanah ini kemudian dimakan dengan gula dan tepung beras atau sagu. Campuran bahan ini diaduk-aduk seperti dalam pembuatan dodol.

Rasa manjareal sangat unik dengan tekstur keras dan renyah di mulut. Rasanya manis dengan rasa kacang yang kuat.

Adonan telah matang tersebut baru dicetak dengan daun lontar. Daun lontar terlebih dahulu dibuat melengkung tiga bulatan, lalu adonan dicetak. Lengkungan daun lontar ini disebut-sebut sangat mirip dengan bentuk keriting tiga pada kartu remi.

Manjareal. (Foto: instagram.com/mariskachandra)

Manjareal rasanya manis. (Foto: instagram@mariskachandra)

Kalau melancong ke Sumbawa, jangan pernah melewatkan oleh-oleh manjareal. Kue manjareal sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh bukan hanya rasanya yang enak, tapi juga tampilannya yang enak dilihat. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Tiga Macam Sate Khas Lombok, Jangan Sampai enggak Coba

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH