Kehangatan Khas Ala Warung Madura Warung Madura dengan berbagai ciri khasnya. (Foto: Merahputih.com/Andreas Pranatalta)

KALAU kata netizen TikTok warung Madura adalah warung seumur hidup, hanya tutup pas hari kiamat saja. Hampir semua kebutuhan sehari-hari bisa kita beli di warung Madura, mulai dari beras, aneka jajanan, telur, minyak, rokok, bahkan bensin eceran pun ada di sana.

Toko kelontong Madura jamak kita temui di kota-kota besar. Saking banyaknya, bahkan di dekat rumahmu minimal ada satu warung tersebut. Sebagaimana namanya, bisnis ini dimiliki dan dijalankan oleh para perantau dari Madura.

Kehadiran warung Madura pun mampu membantu banyak kalangan dalam memenuhi kebutuhannya. Mulai dari emak-emak yang kehabisan gas ketika masak, bapak-bapak yang butuh rokok pas lagi ronda, dan bocah-bocah yang beli ciki. Apa lu mau, gue ada atau palugada.

Orang Madura memang terkenal unik dan kerap menjadi buah bibir publik. Sebut saja Sarino, konten kreator TikTok yang belakangan viral berkat parodi lagu Dir Dur Daeng. Seiring berjalannya waktu, kini tidak hanya dialek te-sate ala Kadir yang menjadi guyonan mereka.

Cara mengelola warung, berbisnis, melayani pembeli, sampah gerak-gerik dan gaya berpakaian perantau dari Pulau Garam ini, juga menjadi perbincangan dan menarik perhatian.

Jajan di warung Madura berbeda rasanya jika dibandingkan jajan di warung lain atau minimarket. Mereka memanfaatkan kedekatan kedaerahan sebagai jiwa jejaring warung mereka saat pembeli datang.

Baca juga:

Perencanaan Bisnis Matang Kunci UMKM Punya Umur Panjang

warung madura
Meletakkan rokok menghadap ke atas. (Foto: Merahputih.com/Andreas Pranatalta)

"Biasanya kalo ada pembeli datang, orang dewasa gitu, saya coba ngajak ngobrol tentang hal-hal random dan terkadang pakai logat Madura. Misalnya dia datang bawa motor yang belum pernah saya lihat sebelumnya, ya saya tanya-tanya aja dan bilang 'Wih, ini warnanya keren juga bang. Harganya berapa?'. Terus kalau bocah-bocah, saya tanya aja 'Et, jam segini emang udah balik sekolah, tong?'," kata Muldafa yang sedang menjaga warungnya.

"Intinya saya pengen coba buat ngobrol aja sih. Ini kan juga penting, jadi mereka merasa lebih dekat dan kalau ada apa-apa ingetnya ke warung saya aja gitu karena orangnya asyik dan pernah ngobrol," lanjutnya.

Bukan rahasia umum lagi kalau orang Madura kerap menggunakan sarung sebagai bawahan andalan. Orang-orang pun gampang menebak, jika seseorang yang dilihatnya memakai sarung pasti itu orang Madura.

"Saya pakai sarung biar ibaratnya merakyat aja lah gitu, orang melihatnya juga lebih santai dan kayanya orangnya asyik. Dan pakai sarung lebih adem aja sih, mau ngapa-ngapain jadi lebih gampang," lanjut Muldafa.

Baca juga:

Yogyakarta dalam Segenggam Perhiasan

warundg madura
Menyediakan kebutuhan sehari-hari. (Foto: Merahputih.com/Andreas Pranatalta)

Salah satu nilai jual utama dari warung Madura adalah buka 24 jam. Jadi ketika orang-orang ingin membeli sesuatu tengah malam, sudah tahu harus ke mana. Penjaga warung biasanya cuma dua orang, satu lagi anaknya. Mereka pun menerapkan sistem shift untuk bergantian berjaga.

"Ya gantian. Biasanya istri saya jaga pagi sampai sore, nah nanti giliran saya dari malam sampai pagi lagi gitu. Capek juga kalau cuma satu orang yang jaga 24 jam," tuturnya.

Yang tidak kalah menarik adalah penjaga warung Madura kerap teleponan, durasinya pun cukup lama. Saat ingin membeli, terkadang merasa tidak enak ingin memanggil namanya karena sedang asyik teleponan.

"Kita ini punya rasa persaudaraan yang kuat. Ya, namanya juga perantau pasti ada lah kangen sama keluarga, teman, kerabat, tetangga, dan cara untuk tetap menjalni relasi yang teleponan. Belum tentu juga sebulan sekali bertemu mereka," kata Muldafa.

Maka wajar saja mereka suka menjaga warung sambil tiduran dan teleponan setiap hari. Obrolannya pun random sambil ponselnya dicas.

Salah satu ciri khas warung Madura lainnya adalah penempatan setiap barang yang tertata rapi, misalnya saja beras. Umumnya, penjual akan menggunakan bak atau wadah kayu yang berbentuk persegi. Namun, di warung Madura biasanya menggunakan etalase sebagai wadah berasnya.

Peletakan rokok pun berbeda, ini sih bapak-bapak jagonya. Kalau kamu perhatikan, bungkus rokok yang dipajang di warung Madura disusun tidur dengan bagian bawah yang ditampilkan ke depan atas. Sedangkan di minimarket atau warung pada umumnya, dipajang dengan posisi berdiri.

Barulah di depan warung Madura biasanya dilengkapi dengan galon, gas yang diikat rantai, kulkas minuman, bensin eceran, kardus air minum, hingga kulkas es krim. (and)

Baca juga:

Pokdarwis Sulap Limbah Plastik Jadi Solar dan Bensin

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
3 Kunci Masak Sehat dan Mudah
Fun
3 Kunci Masak Sehat dan Mudah

Hasil olahan makanan akan sangat menyehatkan.

Sutradara: 'All of Us Are Dead' adalah Cerminan Masyarakat
Fun
Sutradara: 'All of Us Are Dead' adalah Cerminan Masyarakat

All of Us Are Dead menjadi salah satu serial populer di Netflix.

Mengingat Panic Buying Awal Pandemi Agar Tak Terulang Selama Bulan Ramadan
Hiburan & Gaya Hidup
Mengingat Panic Buying Awal Pandemi Agar Tak Terulang Selama Bulan Ramadan

Jangan kalap belanja, barang pasti akan selalu ada.

Bahasa Cinta Penting dalam Hubungan Asmara
Hiburan & Gaya Hidup
Bahasa Cinta Penting dalam Hubungan Asmara

Agar lebih mencintai pasangan.

Tesla Tebang 70 Hektare Hutan Pinus untuk Ekspansi Pabrik
Fun
Tesla Tebang 70 Hektare Hutan Pinus untuk Ekspansi Pabrik

Sudah berkonsultasi dengan otoritas dan komunitas lingkungan.

Atasi Kecanduan dengan Dopamine Detox
Fun
Atasi Kecanduan dengan Dopamine Detox

Dopamine detox tidak bertujuan untuk merenggut segala kesenangan dari aktivitas tertentu.

Come to Kill Raih Juara Pertama Asia Creator Games 2022
Fun
Come to Kill Raih Juara Pertama Asia Creator Games 2022

Come To Kill berhasil membuktikan kemampuannya setelah melewati pertempuran sengit.

'WWE 2K23' Segera Rilis, Catat Tanggalnya
Fun
'WWE 2K23' Segera Rilis, Catat Tanggalnya

WWE 2K23 dikabarkan akan rilis pada 17 Maret 2023.

Mobil Diesel Toyota Kini Sudah Terapkan Standar Euro 4
Fun
Mobil Diesel Toyota Kini Sudah Terapkan Standar Euro 4

Seluruh mobil diesel Toyota sudah memenuhi standar emisi Euro 4 mulai April 2022 ini. Salah satunya adalah Kijang Innova EV Concept.

Akademi Esports Garudaku Siap Dukung Atlet Esports Tanah Air
Fun
Akademi Esports Garudaku Siap Dukung Atlet Esports Tanah Air

Akademi Esports Garudaku akan membekali banyak materi mulai dari game hingga pembentukan karakter.