Kesehatan
Ajaib! Ternyata Deretan Makanan Ini Bisa Tingkatan Kesehatan dan Kekuatan Otak Deretan makanan ini punya khasiat ajaib yang bermanfaat bagi otak (Foto: pixabay/free-photos)

OTAK merupakan organ yang paling rumit dan kuat di tubuh kamu. Pada dasarnya otak, layaknya komputer super dengan kekuatan otak seperti Ferrari.

Lantas apakah jika kamu memiliki Ferrari kamu akan memasukan bensin murah kedalamnya? Tentu saja tidak. Pastinya kamu ingin menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, guna mendapatkan hasil maksimal.

Begitu juga dengan otak, dimana banyak orang mencari makanan terbaik untuk menambah daya otak agar lebih fokus, berpikir lebih jernih dan memiliki kondisi yang sehat.

Seperti yang dilansir dari laman lifehack.org, berikut ini deretan makanan yang bisa membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan otak kamu.

1. Ikan Salmon

Ikan Salmon kaya akan DHA dan Omega-3 yang berguna bagi otak (Foto: pixabay/robert-own-wahl)

Ikan Salmon memang sudah dikenal sebagai makanan yang bermanfaat bagi kesehatan otak, karena mengandung DHA dan Omega-3.

Perlu dipahami jika otak kamu terdiri dari lemak, sekitar 60% otak adalah lemak. Nah, salah satu lemak paling penting yang digunakan otak sebagai penyusun sel-sel otak yang sehat ialah omega-3.

Omega-3 sangat Penting untuk membangun otak yang sehat, Di mana salah satu omega-3 yang paling penting untuk otak kamu ialah DHA (Asam docoshexaenoic), yang membentuk hampir dua pertiga omega-3 pada otak kamu.

Omega-3 dan DHA sangat membantu lapisan pelindung disekitar neuron kamu. Semakin baik kualitas lapisan tersebut, maka semakin efisien dan efektif sel-sel otak kamu bekerja. Di mana memungkinan kekuatan otak kamu bekerja dengan maksimal.

Penelitian menunjukan jika kekurangan DHA bisa mempengaruhi perkembangan otak normal pada anak-anak. Itulah sebabnya mengapa banyak susu formula bayi dan suplemen anak-anak mulai memasukan DHA.

Kekuarangan DHA untuk orang dewasa, bisa menyebabkan masalah fokus, perhatian, perubahan suasana hati, mudah marah, kelelahan serta kurang tidur.

2. Cokelat Hitam

Cokelat bisa membantu tingkatkan daya ingat (Foto: pixabay/alexanderstein)

Cokelat merupakan salah satu makanan yang disukai banyak orang. Karena cokelat dikenal dengan rasanya yang lezat. Tak terkecuali dengan cokelat hitam atau Dark chocolate, yang baik untuk otak kamu.

Mengapa demikian? Karena cokelat bisa meningkatkan kadar endorfin, yang merupakan bahan kimia yang membuat otak kamu terasa nyaman. Itulah sebabnya mengapa kamu merasa sangat bahagia ketika makan cokelat.

Cokelat juga bisa meningkatkan aliran darah ke otak, yang bisa membantu meningkatkan daya ingat, perhatia, fokus dan waktu reaksi.

Selain itu cokelat hitam juga mengandung kadar magnesium yang tinggi atau 'natures valium', yang bisa menenanngkan serta merilekskan otak. Adapun manfaat lain dari cokelat hitam yaitu memiliki salah satu profil antioksidan tertinggi dari makanan lainnya.

3. Brokoli

Brokoli miliki manfaat luar biasa untuk otak (Foto: pixabay/explorebob)

Sewaktu kecil, biasanya orang-orang tak menyukai beberapa jenis sayuran, mungkin termasuk brokoli.Tapi nyatanya brokoli sangat bermanfaat untuk kesehatan serta kekuatan otak kamu loh guys.

Brokoli mengandung senyawa yang disebut sulforaphane. Di mana sulforaphane telah terbukti bisa meningkatkan proliferasi dan kelangsungan hidup sel-sel otak, dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi BDNF. Selain itu, brokoli juga sudah terbukti dapat meningkatkan neurogenesis, atau produksi sel-sel otak baru loh.

Baca juga:

Jangan Asal Makan dan Minum, Ketahui Dulu Pola Buka Puasa yang Sehat Ini

Lalu, sayuran berwarna hijau yang satu ini pun sarat akat nutrisi penting yakni vitamin K dan Folat. Vitamin K sendiri berperan penting dalam melindungi sel-sel otak. Sementara folat berfungsi sebagai detoksifikasi dan mengurangi peradangan di otak. (Ryn)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Survive di Tanggal Tua untuk Generasi Millennial
Fun
Survive di Tanggal Tua untuk Generasi Millennial

Ngeri-ngeri sedap kalau sudah tanggal tua.

5 Film Action Terbaik Sepanjang Masa
Fun
5 Film Action Terbaik Sepanjang Masa

Film action tidak pernah ada matinya.

3 Resep Puding Kekinian yang Segar untuk Berbuka
Kuliner
3 Resep Puding Kekinian yang Segar untuk Berbuka

Pas banget kamu coba saat #DiRumahAja.

Artis Hollywood Ini Mengalami Kecelakaan Saat Syuting, Nomor 3 Paling Ngeri
ShowBiz
Berkreasi Sambil Donasi Bareng Seniman Mural Darbotz
Fun
Berkreasi Sambil Donasi Bareng Seniman Mural Darbotz

#DiRumahAja tetap bisa bisa berkreasi seni.

Dua Bocah Ini Hiatus dari The Return of Superman. Kenapa?
ShowBiz
Dua Bocah Ini Hiatus dari The Return of Superman. Kenapa?

Penonton terkesima dengan kemampuan bahasa asing Naeun yang begitu memukau.

Menambah Wawasan, Aktivitas di Selandia Baru Ini Harus Kamu Coba!
Fun
Menambah Wawasan, Aktivitas di Selandia Baru Ini Harus Kamu Coba!

Selandia Baru memiliki segudang tempat wisata yang mengandung unsur edukasi.

6 Aktor Pernah Jadi James Bond, Siapa Agen 007 Terbaik?
Fun
6 Aktor Pernah Jadi James Bond, Siapa Agen 007 Terbaik?

Tiap aktor memiliki karakternya masing-masing

Merayakan Valentine ala Pasangan LDR
Fun
Merayakan Valentine ala Pasangan LDR

Meski terpisahkan jarak, kamu tetap masih bisa rayakan valentine kok.

Enggak Cuma Menara Eiffel, Nih Alasan Lain Mengapa Kamu Harus Traveling ke Prancis
Fun
Enggak Cuma Menara Eiffel, Nih Alasan Lain Mengapa Kamu Harus Traveling ke Prancis

Banyak daya tarik wisata Prancis selain Menara Eiffel.