Kecanduan Gawai? Begini Cara Habiskan Waktu Lebih Baik Bersama Pasangan Kecanduan gawai menyebabkan menurunnya keharmonisan dalam hubungan (Foto: Pixabay/Rawpixel)

KECANGGIHAN teknologi dapat memberikan dampak baik dan buruk bagi penggunanya. Pemakaian gawai yang berlebihan bisa mengganggu keharmonisan hubunganmu dalam berkomunikasi. Kini, banyak orang yang kecanduan bermain game online di gawainya daripada berbincang bersama pasangan. Menurut data WHO, permainan digital berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan yang memengaruhi pola perilaku seseorang. Akibatnya, terjadi penurunan yang signifikan terhadap perilaku.

Menghabiskan waktu luang bersama pasangan menjadi hal yang membahagiakan. Namun, bagaimana jika pasanganmu lebih sibuk bersama gawainya daripada denganmu? Untuk menjaga dan meningkatkan keharmonisan dengan pasangan, lakukan hal berikut ini.

1. Memainkan papan permainan bersama

Kecanduan Gawai? Begini Cara Habiskan Waktu Lebih Baik Bersama Pasangan
Habiskan waktu luang dengan bermain bersama pasangan dengan memanfaatkan papan permainan (Foto: Unsplash/Bao Truong)

Ajaklah pasanganmu untuk menghabiskan waktu bersama tanpa gawai, seperti bermain kartu uno, monopoli atau papan permainan lainnya saat di rumah.

Permainan yang menggunakan strategi mampu menstimulus cara kerja otak dan memperat hubungan saat bekerja sama.

Baca juga:

Lakukan Liburan Detoks Digital untuk Menghilangkan Kecanduan Gawai

Memikirkan strategi bersama bisa meningkatkan kualitas berkomunikasi sehingga perhatian pasanganmu teralihkan. Manfaatkan waktu bermainmu sebaik-baiknya.

2. Beraktivitas di luar ruangan

Kecanduan Gawai? Begini Cara Habiskan Waktu Lebih Baik Bersama Pasangan
Menghabiskan waktu luang bersama dengan melakukan aktivitas di luar ruangan (Foto: Unsplash/Everton Vila)

Menghabiskan waktu bersama di luar ruangan bisa membantumu agar lebih dekat dengan pasangan. Kunjungi tempat-tempat yang mengajakmu untuk lebih produktif, seperti berolahraga pagi bersama, bersepeda, berwisata ke kebun binatang, berenang, mengunjungi mall atau lainnya. Beraktivitas di luar ruangan bisa mengalihkan perhatian pasanganmu dari gawai.

3. Batasi waktu penggunaan gawai

Kecanduan Gawai? Begini Cara Habiskan Waktu Lebih Baik Bersama Pasangan
Memberi batasan waktu dalam menggunakan gawai (Foto: Pixabay/The Pixelman)

Berikan jadwal untuk pasanganmu dalam menggunakan gawai. Membatasi penggunaan gawai saat berpergian bersama bisa meningkatkan keakrabanmu dengan pasangan.

Baca juga:

6 Tips Sederhana Agar Kamu Terlepas dari Ketergantungan 'Gadget'

Carilah aktivitas yang bisa dilakukan bersama-sama. Buatlah komitmen dengan pasanganmu untuk menggunakan gawai disaat-saat penting atau genting saja.

4. Konsultasi ke psikiater

Kecanduan Gawai? Begini Cara Habiskan Waktu Lebih Baik Bersama Pasangan
Mencari bantuan profesional bisa mengatasi kecanduan gawai (Foto: Unsplash/Nik MacMilan)

Kecanduan gawai bisa menyebabkan gangguan mental. Kecanggihan teknologi memberikan dampak baik dan buruk, tergantung pemakaian.

Apabila pasanganmu sangat sulit terpisahkan dari gawainya, segeralah konsultasikan ke psikiater agar mendapatkan penanganan yang lebih intensif menghindari permasalahan mental lebih lanjut. (dys)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH