'Kasta' pada Youtube yang Perlu Kamu Tahu! Plakat yang diperoleh Youtuber merupakan jumlah subcribernya. (Foto: Pexels/freestocks.org)

MENJADI Youtuber agaknya merupakan pilihan berkarier generasi milenials. Ada semacam kebanggaan bila kanalnya kemudian memiliki banyak pengikut. Tak hanya jumlah itu yang menyenangkan tapi uang akan ikut di belakangnya.

Nah, jumlah subcriber yang berlimpah ruah itu kemudian dikategorikan oleh Youtube dan dihargai dengan plakat yang biasanya disebut dengan istilah Youtube Play Button. Kemudian inilah yang memunculkan ‘kasta’ pada Youtuber yang sering dipamerkan di kanalnya.


Baca Juga:

Mau Tahu Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode di YouTube? Ikuti Langkah-langkah ini

Silver Play Button

youtube
Silver Play Button diberikan kepada pemilik channel yang memiliki seratus ribu subscribers. (Foto: somm alliance)


ini merupakan kasta terendah dari 4 kasta Youtube Play Button. Plakat ini diberikan kepada Youtuber yang sudah mencapai 100.000 subscribers. Di Indonesia sudah banyak subscribers yang memiliki Silver play button ini. Seiring jalannya waktu semakin banyak juga anak muda kreatif yang masuk ke dunia Youtube dan bisa sampai ke dunia perfilman Indonesia.


Gold Play Button

youtube
Gold Play Button pemilik akun Youtube dengan sejuta subcribers. (Foto: Youtube/adam saleh)

Plakat ini diberikan pada Youtuber yang sudah memiliki 1 juta subscribers. Di Indonesia kasta ini cukup banyak.Contohnya adalah komedian Raditya Dika, Youtuber Arief Muhammad, sampai beberapa artis tanah air lainnya.


Diamond Play Button

youtube
Plakat 10 juta 'rakyat'. (Foto: YouTube)

Biasanya diberikan pada Youtuber yang sudah mencapai 10 juta subscribers. Plakat ini memiliki warna perak dengan kristal di tengah seperti logo Youtube. Plakat ini hadir di Asia pertama kali diberikan kepada Youtuber Indonesia Atta Halilintar dengan subscribers 11 juta. Sampai artikel ini ditulis Atta sudah berada di angka 21 juta subscribers dan masih bergerak terus.


Baca Juga:

Wow! 4 Musisi Indonesia Ini Berpenghasilan Fantastis dari YouTube, Via Vallen?

Custom Play Button

youtube
Pemilik plakat ini bebas mengkostum tampilan kanalnya. (Foto: Amino Apps)


Kasta ini untuk Youtuber dengan subscribers 50 juta. Plakat ini diberikan dengan bebas meng-custom bentuk serta warna dari plakat tersebut. Youtuber asal Swedia yaitu PewDiePie sudah mendapat plakat ini dengan jumlah subscribers sekarang mencapai 92 juta orang dari seluruh dunia. Konsistensinya dalam Youtube lah yang membuat ia bisa mendapatkan penghargaan tertinggi itu.

Red Diamond Play Button

youtube
Memiliki 100 juta subcribers diganjar plakat ini. (Foto: YouTube)

Terakhir, penghargaan yang disediakan Youtube adalah Red Diamond Play Button. Pencapaian tertinggi yang diberikan pada pemilik channel Youtube dengan seratus juta subscribers. Terbuat dari inset logam berlapis perak, penghargaan ini berbentuk seperti Diamond Play Button sebelumnya. Bedanya, terdapat aksen merah tua di tengah Play Button. Red Diamond Play Button juga dimiliki PewDiePie dan T-Series.

Itulah kasta-kasta Youtube Play Button yang bisa diberikan Youtube kepada Youtuber yang berhasil dan tentunya tidak mudah untuk bisa mencapai sekian banyak subscribers. Perlu kesabaran dan konsistensi yang tinggi untuk mendapatkan plakat-plakat itu. Semangat ya! (lio)

Baca Juga:

Mau Jadi YouTuber Eksis? Begini Caranya!



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH