Mau Jadi YouTuber Eksis? Begini Caranya! Mau jadi YouTuber? Gampang kok! (Foto: Pexels/Pixabay)

MESKIPUN beberapa YouTuber besar internasional mengeluhkan kebijakan monetisasi dari YouTube. Namun media sosial berplatform video ini masih seksi untuk mendapatkan uang.

Di Indonesia YouTubers besar seperti MiawAug, Ria Ricis, atau Atta Halilintar sudah menikmati manisnya menjadi selebriti dan pemasukan dari media sosial ini. Sebenarnya tidak sulit menjadi YouTuber, hanya butuh kreativitas mengolah video dan konsep yang menarik. Dirangkum dari berbagai sumber ini cara yang dapat membuat kamu menjadi YouTuber.


1. Buat konsep yang menarik

youtube
Buatlah konsep yang menarik tidak usah yang rumit, sederhana saja. (Foto: Pixabay/lukasbieri)


Segala sesuatu sebelum dikerjakan harus memiliki konsep yang jelas. Kalau tidak, kamu hanya sekedar membuat video, mungkin saja menarik tapi akun kamu tidak akan bertahan lama. Yang paling mudah membuat konsep adalah mencari referensi YouTuber terkenal dan mulailah berkarya dengan hal itu menggunakan style kamu sendiri!


2. Mulailah dari hal kecil

youtube
Jangan langsung membuat yang besar, mulailah dengan hal yang ringan dan kecil terlebih dahulu. (Foto: Pexels/Pixabay)

Kalau kamu tahu Tara Arts Game dan Gema Show Indo yang populer di YouTube, mereka awalnya melakukan dari hal-hal kecil. Seperti bermain sulap, jenaka, hingga bermain game-game sederhana yang tidak membutuhkan biaya yang besar. Walau dengan modal sederhana, mereka bisa mendapatkan viewers dan fans yang banyak. Cobalah mulai dari hal kecil seperti review makanan, bermain game di ponsel, atau membuat stand up comedy dengan kamera sendiri.

3. Siapkan alat yang ideal bukan yang mahal

youtube
Peralatan bukan yang mahal tapi yang ideal. (Foto: Youtube)


Jika kalian tidak mempunyai modal untuk menjadi YouTuber, bisa menggunakan peralatan yang kamu miliki. Seperti handycam, laptop, dan earphone itu sudah cukup. Atau jika kalian mempunyai modal? Kalian bisa mencoba untuk membeli beberapa peralatan untuk menjadi YouTuber di toko sekitar kamu atau di online shop ternama.

4. Jangan lupa branding itu penting

youtube
Self branding itu sangat penting. (Foto: Craft of Marketing)

Kamu harus menjadi berbeda daripada orang lain. Buat tagline anda sendiri dalam video kamu yang membuat orang langsung mengingat aku YouTube kamu. Seperti Atta Halilintar yang memberikan julukan kepada fansnya sebagai "A-Team". Sebaiknya kalian mencoba untuk memulai hal itu dari melihat banyaknya YouTuber ternama. Lihat bagaimana karismatiknya mereka memberikan sapaan awal. Lalu kalian buat hal itu menggunakan style kalian.

5. Upload dan sabar

youtube
Jika sudah diuolaod bersabar dan bagikamlah video kamu melalui akun media sosial lainnya. (Foto: Pixabay/IO-Images)

Jika kamu sudah mengupload video pertama kalian. Selamat! Berarti kamu sudah menjadi YouTuber. Sebarkan video yang kamu buat ke akun media sosial lain milik kamu. (dnz)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo