Fashion

'Kartini Berkebaya' untuk Mengingat Warisan Budaya Indonesia

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Minggu, 16 April 2023
'Kartini Berkebaya' untuk Mengingat Warisan Budaya Indonesia
Kartini Berkebaya memperkenalkan padupadan kebaya dan perhiasan. (Foto: KPPB)

PERANCANG busana Didiet Maulana menampilkan kebaya hasil karyanya di Alun-Alun Grand Indonesia, Jakarta, beberapa waktu lalu. Bukan para model di runway yang memperagakan penampilan kebaya rancangan Didiet, melainkan perempuan-perempuan Indonesia yang mencintai kebaya dan wastra Indonesia.

Sejumlah koleksi kebaya tersebut hadir dalam varian warna, seperti biru powder, putih chiffon, hingga kuning butter. Desain kebaya yang diaplikasikan pada kebaya tersebut juga sederhana, namun tidak meninggalkan kesan mewah berkat adanya aksesori nan mencolok di bagian dada. Kebaya tersebut merupakan jenama milik Didiet bernama Svarna by Ikat Indonesia.

Baca Juga:

Mengenal Beragam Kebaya dan Keindahan Koleksi Produk Lokal

Tak hanya mengenakan kebaya, para perempuan pencinta kebaya dari Komunitas Perempuan Peduli Berbagi (KPPB) itu juga menggunakan perhiasan dari Menjusha Nusantara. Perhiasan-perhiasan mulai dari gelang, cincin, hingga anting memadupadankan balutan kebaya, sehingga membuat busana warisan budaya Indonesia tersebut terlihat begitu elegan.

Didiet menunjukkan karya kebaya terbarunya dalam Kartini Berkebaya. (Foto: KPPB)

Dalam acara bertajuk 'Kartini Berkebaya' tersebut, Didiet memang terlibat untuk memperkenalkan kebaya dan padupadannya dengan perhiasan. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April.

Kebaya rancangan didiet dalam kesempatan tersebut memang terlihat berkelas dan kental dengan budaya Indonesia pada desainnya.

"Kebaya merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang luar biasa, yang wajib kita lestarikan hingga nanti. Kebaya memiliki sejarah yang panjang dan menunjukkan bahwa bangsa Indonesia telah lama sangat terbuka terhadap proses akulturasi budaya," ujar Didiet.

Baca Juga:

5 Negara Usulkan Kebaya Masuk dalam Warisan Budaya Takbenda UNESCO

KPPB percaya Ibu Kartini adalah pejuang emansipasi yang sangat peduli dengan pendidikan. (Foto: KPPB)

Selain itu, dalam acara ini KPPB memberikan donasi berupa dana pendidikan kepada anak-anak pra sejahtera yang berada di bawah naungan Yayasan Maria Lukito.

Peringatan bulan Kartini ini merupakan momen tepat untuk menunjukan kepedulian dan kecintaan terhadap budaya Indonesia dengan mengangkat tema Kartini Berkebaya. KPPB percaya Ibu Kartini adalah pejuang emansipasi yang sangat peduli dengan pendidikan.

"Untuk itulah kami juga terinspirasi untuk melakukan hal yang sama kepada anak-anak dari keluarga pra sejahtera tersebut," demikian menurut Ketua KPPB Meiline Tenardi yang hadir dalam kesempatan tersebut. (ikh)

Baca Juga:

Lekat dengan Hari Kartini, ini Makna Mendalam pada Kebaya

#Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan