Karcis Bioskop, Benda Bersejarah Pemicu Nostalgia Karcis bioskop untuk sebagian orang disimpan untuk jejak kenangan. (Foto MP/Shenna)

TULISANNYA telah pudar karena termakan waktu, tetapi samar-samar masih bisa terbaca. High School Musical 3, Studio 6, XXI Artha Gading tertulis pada karton kuning berbentuk persegi yang sudah lusuh. Terdapat logo XXI yang masih terlihat jelas, serta garis berwarna hitam pada bagian atas karcis.

Dirilis pada 2008, drama musikal Disney tersebut menjadi film pertama yang aku saksikan bersama teman-teman ketika masih duduk di kelas enam SD.

Baca Juga:

Nonton Film Horor di Bioskop Buat Modus ke Gebetan? Valid No Debat

karcis bioskop 'Us'. (Foto MP/Shenna)
Karcis bioskop 'Us'. (Foto MP/Shenna)

Aku ingat betul ketika menunggu filmnya tayang pukul 13.30. Aku dan teman-teman mengerubungi mesin permainan Love and Berry yang sangat hits pada zamannya. Masing-masing dari kami membawa buku koleksi kartu permainan berwarna merah muda, dan saling mengintip koleksi masing-masing agar bisa barter.

Masih berada di treasure box yang sama, kutemukan juga karcis bioskop renteng lima yang tulisannya terlihat sedikit lebih nyata jika diterawang dibandingkan karcis sebelumnya.

Dari segi layout, bentuk, dan ukuran, karcis bioskop ini belum berganti model walau jarak waktunya terpaut 11 tahun. Waktu itu aku dan kakak-kakak editor merahputih.com merayakan selesainya masa magang dan menonton film Us (2019) bersama di XXI Summarecon Mall Serpong pukul 19:20. Saat artikel ini ditulis, aku sudah menjalani tahun kedua sebagai reporter di MerahPutih.com.

Di tahun yang sama, aku juga masih menyimpan karcis bioskop saat pertama kali kencan dengan pacarku saat ini. Kami menyaksikan film Replicas yang diperankan oleh Keanu Reeves di XXI Senayan pukul 21:20. Ini menjadi kali pertama kami berpegangan tangan.

Tidak hanya aku, kebiasaan mengumpulkan karcis bioskop merupakan hal yang biasa bagi generasi kelahiran 90-an, atau mungkin sampai sekarang. Sejak sekolah, aku dan teman-teman juga gemar menyimpan karcis bioskop ini di dalam dompet.

Pada masa itu, dompet yang keren bukanlah yang penuh uang, tetapi yang penuh karcis-karcis bioskop dari film-film yang tidak boleh dilewatkan pada zamannya.

Ada juga yang menempel tiket ini dengan rapi dan merangkainya dengan indah pada scrapbook atau berbentuk kliping. Bahkan, aku pernah mencoba untuk laminating karcis bioskop XXI walau hasilnya gagal. Tintanya malah beleber kemana-mana dan tulisannya hilang semua.

Baca Juga:

Nostalgia Nonton Bioskop Sebelum Pandemi, Sampai Rela Bolos!

Karcis bioskop mengandung sejuta kenangan. (Foto MP/Shenna)
Karcis bioskop mengandung sejuta kenangan. (Foto MP/Shenna)

Uniknya, dibalik secarik karcis bioskop yang tintanya sudah memudar, aku langsung bisa mengingat kembali kejadian-kejadian yang selama ini tertata rapi dalam skema otakku.

Bukti-bukti quality time ini niscaya mampu menjadi pemicu hati, membuat kita mengenang orang yang silih berganti pernah berada di samping kita. Mengingat kembali rasa yang pernah ada, dan tertawa membayangkan seberapa dulu kita pernah menjadi putus asa ketika mereka tidak lagi ada.

Karcis demi karcis membuatku mengingat rangkaian perasaan dan situasiku dari waktu ke waktu, serta dengan siapa-siapa saja aku pernah berbagi momen emosional. Kutemukan beberapa karcis bioskop Bohemian Rhapsody (2018) yang kusaksikan dengan beberapa teman kencan yang berbeda saat sedang dalam fase pelampiasan sehabis putus.

Film A Star is Born (2018) yang kusaksikan bersama mantan pacar pertamaku saat SMP. Kemudian beberapa film komedi yang kutonton sendirian ketika sedang ingin me time. Tidak lupa, aku juga menyimpan empat karcis bioskop Joker (2019) di Kuningan City yang menjadi film terakhir yang kusaksikan bersama mendiang ayahku.

'Some forever not for better, some have gone and some remain'. Orang-orang bisa datang dan pergi dengan silih berganti, tetapi memori akan selalu berarti dan terkenang di hati. Tidak hanya aku, mungkin karcis bioskop yang ada di gudang rumahmu juga bisa membuatmu bersyukur dengan keadaan, bangga terhadap diri sendiri, dan menghargai perjalananmu sampai hari ini.

Dari koleksi karcis bioskop yang kamu miliki, film apa yang paling membuatmu ingin mengulang waktu kembali? (SHN)

Baca Juga:

Mulai Popcorn Butter Banjir Sampai Cola Jelly, Berikut Jajanan Khas Bioskop di Negeri Aing

Penulis : annehs annehs
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Terlalu Lama Menatap Layar bisa Sebabkan Gangguan Sindrom Mata
Fun
Terlalu Lama Menatap Layar bisa Sebabkan Gangguan Sindrom Mata

Salah satu gangguan sindrom mata adalah mata tegang.

Ingin Berkunjung ke IIMS 2022? Simak Dulu Aturan Ini
Fun
Ingin Berkunjung ke IIMS 2022? Simak Dulu Aturan Ini

Bagi pengunjung yang ingin menyambangi IIMS Hybrid 2022, maka ada beberapa aturan yang harus diketahui terlebih dahulu.

Sepeda Paling Mahal di Game Pokemon Hadir ke Dunia Nyata
Fun
Sepeda Paling Mahal di Game Pokemon Hadir ke Dunia Nyata

Mirip dengan sepeda yang ada di seri game Pokemon Red dan Blue.

Alasan Bayi Perlu Produk Perawatan Kulit Alami
Fun
Alasan Bayi Perlu Produk Perawatan Kulit Alami

Bayi harus pakai produk ramah lingkungan.

Produser Bloodborne Gabung ke Team Ninja, demi Final Fantasy?
Fun
Produser Bloodborne Gabung ke Team Ninja, demi Final Fantasy?

Sudah pasti akan membuat Final Fantasy terbaru ini menjadi lebih apik untuk dimainkan.

'Moon Knight' Tayang Februari di Disney Plus?
ShowBiz
'Moon Knight' Tayang Februari di Disney Plus?

'Moon Knight' kabarnya tayang lebih cepat tahun ini.

Gaya Hidup Bermasalah bikin Lelah
Hiburan & Gaya Hidup
Gaya Hidup Bermasalah bikin Lelah

Mulai ubah pola hidup dari sekarang.

Sukhoi Superjet 100 Menghantam Gunung Salak
Fun
Sukhoi Superjet 100 Menghantam Gunung Salak

Pesawat SSJ 100 dengan nomor penerbangan RA 36801 dioperasikan Sukhoi Civil Aircraft Company

Pakai Akal Biar Beli Makanan Secara Daring Harganya Kompetitif
Fun
Tak Ada Pernikahan Virtual Lagi di New York
Fun
Tak Ada Pernikahan Virtual Lagi di New York

Banyak pesanan yang dibatalkan.