Mulai Popcorn Butter Banjir Sampai Cola Jelly, Berikut Jajanan Khas Bioskop di Negeri Aing

annehsannehs - Jumat, 05 November 2021
Mulai Popcorn Butter Banjir Sampai Cola Jelly, Berikut Jajanan Khas Bioskop di Negeri Aing
.Popcorn identik dengan bioskop. (Unsplash-Corina Rainer)

ENTAH ingin jalan dengan gebetan, teman-teman, maupun lagi quality time bersama keluarga dan sanak saudara, nonton bioskop merupakan salah satu kegiatan andalan disukai hampir semua orang.

Baca juga:

Legenda Hantu Indonesia Muncul di Film Horor Negeri Aing

Menonton film pun enggak aci tanpa ditemani camilan. Tidak heran, beberapa orang ada khusus datang lebih awal sebelum pemutaran film dimulai demi antre jajanan di counter makanan dan minuman di area bioskop. Bahkan, ada pula rela telat masuk studio agar makanan dan minuman sudah ready di tangan.

Di Indonesia, salah satu bioskop andalannya, XXI. Bioskop identik dengan karpet hijau dan karcis kuning ini membawa sejuta kenangan dan menjadi saksi bisu mengenai siapa-siapa saja gebetan pernah kamu diajak nonton bersama.

jajanan bioskop
Popcorn butter banjir jadi andalan pengunjung menemani menonton. (Unsplash-GR Stocks)

Sama sengitnya dengan kubu bubur diaduk versus bubur tidak diaduk, ada pula perdebatan panjang antara popcorn mana lebih enak, apakah rasa manis, asin, atau caramel. Saat ini, mungkin popcorn manis sudah tidak tersedia di XXI, sehingga hanya ada popcorn asin atau caramel dengan harga berbeda.

Para pencinta popcorn asin pun biasanya akan meminta tambahan butter, cairan mentega panas membuat popcorn menjadi lebih gurih dan maknyus. "Kak, minta butter-nya banyakan ya!" sering menjadi kalimat paling sering keluar ketika hendak memesan popcorn asin. Kemudian, sang pegawai akan menginformasikan rekan kerjanya menyiapkan popcorn dengan kata "butter banjir satu!".

Baca juga:

Aghniny Haque, Taekwondoin Negeri Aing Eksis Main Film Indonesia

Popcorn tidak lengkap tanpa soft drink. Biasanya, minuman soda perisa cola menjadi andalan. Coca hadir pada gelas hijau besar tersebut biasanya memiliki soda benar-benar pedes di mulut sehingga banyak orang rela melipir ke bioskop hanya untuk membeli cola saja di XXI. Bak template, pegawai kasir pasti akan bertanya "mau pake jelly-nya sekalian enggak kak?"

Walaupun agak janggal mendengar Coca-cola jelly, tetapi rasanya cukup enak untuk mengunyah jelly karena bisa menjadi distraksi ketika menonton film horor. Biasanya, pengunjung juga akan merasa kembung saat berusaha mencari-cari jelly di dasar gelas plastik sambil terus-terusan menyedot cola. Kebanyakan minum air untuk cari jelly, alhasil jadi harus ke toilet di tengah-tengah menonton film.

jajanan bioskop
Bioskop di masa pandemi sempat mengalami penurunan jumlah penonton. (Unsplash-Karen Zhao)

Soft drink besar dari XXI pun tidak jarang menjadi bahan modus untuk para lelaki 'buaya; ketika ngajak gebetannya jalan. "Eh, minumnya banyak nih. segelas berdua aja ya?" Kalimat tersebut sering menjadi jalan ninja agar bisa lebih intim bersama gebetan di dalam bioskop.

Jika tidak menyukai soft drink, XXI Java Tea juga menjadi minuman andalan. Sesungguhnya rasanya mirip dengan es teh manis biasa, tetapi entah mengapa segala makanan dan minuman dijual di counter bioskop akan terasa lebih enak, meskipun harganya jauh lebih mahal. Bisa jadi karena suasana, film, atau orang di samping, sehingga membuat perisa kudapan menjadi lebih enak ketika sedang menonton bioskop.

Jika belum sempat makan besar sebelum nonton, ada juga pengunjung suka memesan sistagor alias sosis kentang goreng diletakkan di kotak makan sekat bento berwarna hitam.

Saat film-film animasi atau superhero dirilis, orang-orang juga banyak membeli merchandise berupa tempat popcorn atau gelas edisi spesial mulai dari gelas bergambar Batman, tempat popcorn Iron Man, dan sebagainya.

jajanan bioskop
Kini, bioskop telah buka dan banyak orang mengobati rindu dengan membeli jajanan khas bioskop. (Unsplash-Felipe Bustillo)

Bagi anak sekolahan, nonton bioskop juga memiliki memori unik sekaligus nakal. Harga makanan dan minuman bioskop biasanya tidak pas di kantong pelajar, maka banyak dari mereka secara sembunyi-sembunyi membawa makanan dari luar bioskop untuk dikonsumsi di dalam studio.

Biasanya, makanan dan minuman ini merupakan jajanan dibeli di supermarket ataupun di foodcourt. Makanan ini diselundupkan di dalam tas sekolah, kantong celana, atau kantong jaket. Biasanya teman bertubuh besar akan menjadi sasaran empuk dijadikan tumbal untuk membawa semua jajanan selundupan ini agar tidak dicurigai satpam bioskop.

Di tengah pandemi, bioskop-bioskop terpaksa harus ditutup sementara. Meski begitu, segelintir bioskop masih tetap menjual counter makanan dan minuman. Bahkan, beberapa bioskop seperti FLIX sampai membuka stand di luar tempat bioskop untuk menjual kudapan-kudapan andalan biasanya dijual untuk menemani nonton.

Menurut Sobat MerahPutih, apa jajanan bioskop paling enak dan ngangenin versi kamu? (SHN)

Baca juga:

'Siti', Film Feminisme Negeri Aing

#November Jagoan Film Negeri Aing #Film #Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan