Game

Kapasitas Penyimpanan Game di PS5 Hanya Segini

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 07 Oktober 2020
Kapasitas Penyimpanan Game di PS5 Hanya Segini
SSD PlayStation 5 hanya bisa muat enam game launch title saja (Foto: Sony)

KAMU tidak bisa terlalu ngotot mengoleksi game di PS5. Sesuai dengan ekspektasi, dari lincahnya solid state drive (SSD) yang dikembangkan oleh Sony untuk PlayStation 5 dalam read and write data pada game.

Sepertinya mereka harus mengorbankan setengah dari kapasitas penyimpanannya sebagai reservasi performa. PlayStation 5 hanya bisa menyimpan koleksi game kesayangan kamu sebanyak 664 Gigabyte saja, dari total kapasitas 1 Terabyte.

Baca juga:

CEO Epic Games: Media Penyimpaanan Data PS5 Lebih Efisien Dibanding PC

Dilansir dari laman VG247, sekiranya kapasitas penyimpanan PlayStation 5 akan menjadi kontra bagi para gamer yang ingin memasukkan game AAA berkapasitas besar. Misalnya seperti Grand Theft Auto V, Call of Duty, atau Destiny.

Harus bisa milih versi Standard Edition atau Digital Edition (Foto: Sony)

Bukan suatu kekesalan bagi kawula gamer konsol, yang mungkin mengeluh akan potongan kapasitas tersebut. Dari zaman PlayStation 4, dan Xbox One juga mengalami kasus ini. Kala itu para pemainnya terpaksa membeli game fisik, atau ekspansi kapasitas konsolnya dengan hard disk external resmi, atau aftermarket.

Pasalnya, VG247 memang benar mengklaim PlayStation 5 memiliki kapasitas penuh hingga 825 Gigabyte dari total 1 Terabyte pada konsol tersebut. Hanya saja kapasitas total tersebut belum dipotong dengan reservasi memori sebagai penambah performa, sehingga total penyimpanan yang bisa kamu pakai untuk koleksi game kamu hanya sebesar 664 Gigabyte saja.

Baca juga:

Game yang Akan Rilis untuk PlayStation 5, Dijamin Ketagihan!

Jadi kamu bisa bayangkan, game Ultimate Edition dari Spider-Man: Miles Morales saja membutuhkan 105 Gigabyte kapasitas PlayStation 5 kamu jika kamu mengunduhnya menjadi game digital.

Untuk memasukkan enam game saja sudah tersisa beberapa gigabyte, sehingga kamu harus hapus install kembali yang mungkin akan memakan kuota hingga waktu kamu. Bisa juga dengan backup file game kamu ke hard disk external untuk dapat bermain kembali tanpa mengunduhnya lagi.

Belum lagi Call of Duty: Modern Warfare yang berkapasitas 200 Gigabyte lebih, dan game yang rilis selanjutnya yang bakal gila-gilaan dalam memakan seluruh SSD PlayStation 5 kamu.

Kasus tersebut tidak terjadi pada konsol sebelah, yakni Xbox Series X yang ternyata menawarkan kapasitas yang dipakai untuk koleksi game kamu sebesar 850 Gigabyte. Jadi pemain Xbox Series X tak perlu takut untuk mengunduh belasan hingga puluhan game kece di konsol tersebut.

Besar kemungkinan, permasalahan yang terjadi di PlayStation 5 ini mungkin akan diperbaiki pada batch berikutnya, atau pada unit selanjutnya seperti PlayStation 5 Slim, Pro, atau semacamnya.

Tapi jika kamu membeli versi non Digital Edition, sepertinya kapasitas bukan menjadi masalah karena kamu akan mengoleksi puluhan game PlayStation 5 versi fisik. (dnz)

Baca juga:

Simak 18 Menit Gameplay dari Ghost of Tsushima

#Playstation 5 #Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan